Menjadi seorang introvert di tempat kerja bukan berarti tanpa tantangan lho Bela. Tetapi berbahagialah karena kini semakin banyak yang merasakan pengaruh positif yang dibawa oleh seseorang introvert dalam lingkungan kerja. Mau tahu kenapa? Ini Bela 8 Alasannya. 

1. Dapat Bekerja Secara Mandiri

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Anthony Tran

Kamu bisa bekerja secara tim tetapi  lebih berbahagia ketika harus bekerja sendiri. Makanya atasanmu bisa mempercayakan sepenuhnya pekerjaan padamu karena yakin kamu bisa melakukannya secara mandiri tanpa perlu diatur atau dituntun.

2. Kalau Diam Adalah Emas, Maka Berbicara Adalah Perak

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerja

Sebagai pendengar yang baik kamu dapat memilah topik-topik yang bermanfaat untukmu, mana yang penting seputar pekerjaan seperti meeting, jumpa dengan klien atau yang kurang penting seperti gosip kantor. Kamu dapat memfilter informasi yang kamu butuhkan dan tidak.

3. Kamu Berbicara Seperlunya Ketika Mengatakan Sesuatu

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Molly Belle

Mereka yang introvert sering dianggap sebagai pemalu, padahal sebenarnya tidak selalu begitu lho, ia merupakan sosok pengamat dan pemikir yang baik. Karakter yang satu ini membuat kamu senantiasa memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin dibicarakan sebelum mengutarakannya alias nggak ceplas-ceplos. 

4. Rahasiamu Adalah Intuisimu

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Nik MacMillan

Kamu bisa menempatkan diri untuk memulai percakapan yang menarik dan membuat orang lain merasa nyaman ketika berbincang. Selain itu kamu juga bisa mengelola emosi dan merupakan problem solver yang baik kalau ada permasalahan yang terjadi.

5. Memiliki Kemampuan yang Menenangkan

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Aziz Acharki

Sifatmu yang tenang dan senantiasa memberikan energi yang baik menjadi sangat penting untuk menyeimbangkan kekuatan yang diberikan rekan kerjamu yang berkarakter ekstrover di kantor. Ibarat Ying dan Yang saling melengkapi satu sama lain membuat suasana kantor lebih berwarna. 

6. Berpikir Out of The Box

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Josh Adamski

Buatmu yang terpenting adalah performa kerja. Ide-ide terbaikmu biasanya muncul disaat yang tenang dan tidak terburu-buru karena kamu selalu memiliki cara pandang dan style yang berbeda dibandingkan yang lain. 

7. Meskipun Tidak Piawai Presentasi Tetapi Pandai Menulis

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Kristopher Roller

Memiliki sifat introvert bukan berarti kamu nggak bisa menangani presentasi  karena harus berhadapan dengan khalayak ramai, hanya saja kamu membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mempersiapkannya karena tidak terbiasa spontan. Situasi tersebut juga membuatmu lebih fokus dalam menyampaikan isi presentasi. Sosok introvert lebih unggul untuk mengutarakan ide, gagasan dan perasaannya melalui media tulisan. 

8. Seorang Pemimpin yang Kuat

Jangan Risau, Ini Keuntungan Seorang Introvert di Dunia Kerjaunsplash.com/Milan Popovic

Kamu yang introvert dapat mencapai hasil yang lebih baik ketika memimpin, karakternya tenang, cenderung bersikap adil, mampu memproses ide-ide serta gagasan secara cerman dan ia merupakan pemerhati orang-orang di sekitarnya. Ia bisa membaca situasi karakter orang yang benar-benar baik ataupun hanya berpura-pura karena bisa menilai dengan bijaksana, karena itulah sangat ideal menjadi seorang pemimpin.

See, nggak perlu minder kalau kamu introvert, tetap jadi diri sendiri saja ya, Bela.

Baca Juga: 10 Referensi Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvert