Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kehadiran THE BOYZ di NBA, Tuai Komentar Rasis dari Warganet

THE BOYZ kena rasisme, penggemar beri pembelaan!

Nindi Widya Wati

THE BOYZ berhasil menyita perhatian publik, usai menghadiri pertandingan NBA (National Basketball Association), pada Selasa (13/02/2024). Meski tidak lengkap 10 anggota, Jacob, Juyeon, Kevin, dan Eric tetap menyaksikan pertandingan Los Angeles Lakers melawan Detroit Pistons dengan sangat seru.  

THE BOYZ hadir di pertandingan LA Lakers

Instagram.com / lakers

Terlebih, ketika THE BOYZ melihat LA Lakers unggul 2-0 dari Detroit Pistons. Undangan yang didapat THE BOYZ terasa makin istimewa, saat akun Instagram @lakers membagikan foto dan video Jacob, Juyeon, Kevin, dan Eric dengan mengenakan jersey khusus. 

Dok. koreaboo

Kevin bahkan sempat mengomentari unggahan Instagram Lakers, yang menampilkan foto mereka berempat, melansir dari koreaboo. Ia berterima kasih kepada Lakers, mengatakan bahwa undangan kali ini sebagai suatu kehormatan. Hingga akhirnya, membuat banyak penggemar THE BOYZ turut bersorak dan berterima kasih pada Lakers.

Warganet tanyakan kepopuleran grup THE BOYZ

Dok. Koreaboo

Namun, alih-alih banyak komentar dukungan, unggahan foto dan video Lakers tentang THE BOYZ justru dipenuhi komentar negatif. Ada penggemar NBA yang bertanya-tanya, siapa grup yang ditampilkan di Instagram @lakers meski akun THE BOYZ dengan jelas ditandai di caption.

Berangkat dari komentar negatif itu, warganet memenuhi kolom komentar @lakers menjadi sangat rasis. Banyak komentar yang menyebut, bahwa THE BOYZ adalah BTS. Padahal, semua anggota BTS kini diketahui sedang menjalankan wajib militer.

THE BOYZ tuai komentar rasisme warganet

Dok. Koreaboo

Komentar semakin memanas, ketika beberapa orang dengan konyolnya bertanya, apakah THE BOYZ adalah anggota keluarga Shohei Ohtani. Perlu diketahui, kalau Ohtani bukan orang Korea atau pemain NBA. Ia dikenal sebagai pemukul dan pelempar bisbol Jepang yang terkenal di Los Angeles Dodgers dari Major League Baseball. 

Dok. Koreaboo

Selain banyak komentar rasis, beberapa warganet juga melontarkan komentar bersifat homofobia dan transfobia. Meskipun, tidak ada yang terlalu feminin pada penampilan anggota THE BOYZ. 

Cukup mengejutkan ada banyak spam GIF, termasuk kata “gay” yang membanjiri bagian komentar. Netizen juga menyebut THE BOYZ sebagai “ladyboy”, sebuah identitas gender yang unik di negara-negara Asia seperti Kamboja, Laos, dan Thailand.

Idol K-pop di unggahan Lakers sering dapat komentar negatif

Instagram.com / lakers

Meski mendapat banyak komentar miring, penggemar THE BOYZ dan beberapa penggemar Lakers ikut membela grup di bawah naungan IST Universal ini. Mereka kecewa dengan warganet, yang memberi komentar rasisme dan homofobia kepada THE BOYZ. 

Sebenarnya, THE BOYZ bukan satu-satunya grup K-pop yang mendapat komentar negatif setelah muncul di Instagram Lakers. Lantaran, jauh sebelumnya Lakers pernah mengundang Yuqi (G)I-DLE, LE SSERAFIM, hingga SUGA BTS yang bahkan didapuk menjadi Brand Ambassador NBA. Dari unggahan Lakers itu, memang selalu ada saja komentar negatif yang dituliskan warganet.

IDN Media Channels

Latest from Working Life