Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Public Speaking Bagi Introvert agar Percaya Diri

Bisa dilatih!

Nafi' Khoiriyah

Berbicara di depan umum bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan untuk beberapa orang. Apalagi bagi mereka yang introvert, hal ini menjadi tantangan tersendiri. 

Sebab saat berbicara di hadapan umum, mereka akan berhadapan dengan banyak orang. Selain itu, mereka juga perlu menyampaikan inti pembicaraan agar dapat diterima oleh audiensnya. 

Oleh karena itu, kali ini Popbela akan merangkum 7 tips public speaking bagi introvert yang bisa kamu terapkan. Simak ulasannya, ya!

1. Buat perencanaan yang matang

Freepik.com/prostooleh

Para introvert umumnya bisa melakukan public speaking dengan maksimal saat mereka siap. Mulailah dengan memperjelas apa yang ingin kamu sampaikan pada audiens. 

Pikirkan topik dari sudut pandang audiens agar mereka mengingat dan terkesan dengan apa yang kamu bicarakan. Selain itu, temukan strategi yang bisa membantumu untuk menjadi siap saat akan berbicara.

2. Petakan poin pembicaraan

Freepik.com/freepik

Tips public speaking bagi introvert selanjutnya adalah dengan memetakan poin pembicaraan. Sebelum berbicara di depan umum, kamu perlu meluangkan waktu untuk mencatat beberapa poin penting, namun jangan terlalu banyak. 

Fokuslah pada dua atau tiga poin saja agar audiens juga tidak kewalahan saat menerima informasi. Dengan memetakan poin pembicaraan, maka itu akan membantumu untuk tetap pada alur yang sudah tersusun sebelumnya. 

3. Ketahui target audiensnya

Freepik.com/DC Studio

Mengetahui target audiens tanpa sadar juga akan membantumu menentukan apakah komunikasi yang akan kamu gunakan formal atau informal. Dengan memilih gaya bicara yang sesuai, maka kamu pun bisa membangun interaksi yang lebih banyak dengan audiens. 

Misalnya, jika target audiensmu adalah para pelajar, maka gunakan bahasa yang santai dan ringan supaya mereka lebih mudah menangkap. Lain halnya jika kamu berbicara dengan para klien, maka gunakan bahasa yang lebih formal dan persuasif. 

4. Jadilah diri sendiri

freepik.com/our-team

Alh-alih meniru gaya orang lain saat berbicara di depan umum, lebih baik jadilah dirimu sendiri. Kamu mungkin membandingkan diri dengan sosok yang sangat bagus dalam public speaking. 

Namun, menjadi seorang public speaker bukan berarti harus lucu atau fasih. Sadarilah kalau perspektif dan suara unikmu bisa memberikan nilai tersendiri pada audiens.

5. Perbanyak latihan

Freepik.com/drobotdean

Latihan menjadi tips public speaking bagi introvert yang wajib dilakukan. Kamu tidak harus latihan di depan umum, tetapi bisa merekam dengan audio atau video dan latihlah di depan teman atau keluarga. 

Hal ini akan memungkinkanmu menerima masukan dan mengurangi rasa gugup di kemudian hari. Kamu juga bisa berlatih di depan cermin sehingga bisa membantu melihat ekspresi dan bahasa tubuhmu. 

6. Buat tubuh rileks dan nyaman

Freepik.com/pressfoto

Dengan menenangkan tubuh sebelum berbicara di depan umum, maka bagian tubuh lainnya pun akan mengikuti. Kenyamanan bagi introvert juga menjadi kunci dalam menyampaikan public speaking secara efektif. 

Buatlah dirimu nyaman di atas panggung supaya penyampaian informasi bisa lebih terstruktur. Saat kamu santai dalam berbicara, maka rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya. 

7. Tersenyum dan bicara perlahan

Freepik.com/benzoix

Setelah persiapan, merilekskan tubuh, dan memberikan afirmasi kepada diri sendiri, ada satu hal sederhana yang penting untuk dilakukan yakni tersenyum. 

Tersenyumlah kepada audiens saat kamu memasuki ruangan dan saat kamu mulai berbicara. Hal itu akan membuatmu menjadi lebih rileks, percaya diri, dan terhubung dengan audiens. 

Kemudian jika ingin lebih percaya diri, lakukan kontak mata kepada audiens yang bersedia mendengarkan pembicaraanmu. Penggunaan gestur saat berbicara juga akan mengurangi rasa gugup.

Cobalah terapkan 7 tips public speaking bagi introvert di atas jika kamu merasa kesulitan saat akan berbicara. Meski introvert, bukan berarti kamu tidak memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Jadi, tetaplah percaya diri ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration