Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Kriteria dan Fungsinya

Sebagai imbauan dan saran

Nafi' Khoiriyah

Kamu mungkin sering menjumpai pesan sosial yang ditujukan kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian tertentu. Alat penyampaian pesan tersebut biasanya dalam bentuk iklan layanan masyarakat. 

Iklan merupakan media promosi yang digunakan oleh perusahaan atau pihak tertentu untuk menampilkan pesan yang bisa memengaruhi masyarakat. Salah satu jenis iklan adalah iklan layanan masyarakat.

Berbeda dengan iklan biasanya yang umumnya bersifat komersial, jenis iklan ini bersifat nonkomersial. Supaya kamu lebih memahaminya, berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat beserta penjelasannya. 

1. Pengertian iklan layanan masyarakat

unsplash.com/Kate Trysh

Sebelum masuk pada contoh-contoh iklan layanan masyarakat, terlebih dahulu perlu kamu ketahui pengertiannya terlebih dahulu. Iklan merupakan media promosi yang digunakan untuk menyampaikan informasi langsung kepada masyarakat. 

Iklan ada yang bersifat komersial dan nonkomersial. Para pengiklan yang ingin memasang iklan komersial biasanya akan dikenai biaya tertentu. Namun sebaliknya, iklan layanan masyarakat bersifat nonkomersial. Bahkan, pemerintah pun mendukung penuh adanya iklan layanan masyarakat. 

Menurut Kasali, iklan layanan masyarakat atau public service announcement merupakan suatu permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah langsung sebagai wujud solidaritas terhadap masyarakat. 

Sementara itu, Susamto mendefinisikan iklan layanan masyarakat sebagai suatu media informasi terkait setiap layanan masyarakat, disiarkan mengenai pelayanan masyarakat, dan dilaksanakan berdasarkan kegiatan nonprofit atau tidak mengejar keuntungan. 

2. Kriteria dan fungsi iklan layanan masyarakat

unsplash.com/Dennis Maliepaard

Menurut Dewan Periklanan Amerika, iklan yang termasuk dalam iklan layanan masyarakat ialah yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

  1. Iklan tidak bersifat keagamaan
  2. Iklan bersifat nonpolitis
  3. Iklan berwawasan nasional
  4. Iklan diajukan oleh sebuah organisasi yang diakui dan diterima pemerintah
  5. Iklan mempunyai dampak besar dan kepentingan sehingga perlu menerima dukungan dari media. 

Kemudian, ada beberapa fungsi dari iklan layanan masyarakat. Berikut adalah 4 fungsinya. 

  1. Informing
    Artinya, iklan tersebut memberikan informasi kepada masyarakat mengenai layanan, aktivitas, maupun program yang terkait kepentingan sosial. 
  2. Persuading 
    Artinya, membuat ajakan atau bujukan kepada masyarakat untuk mengikuti program tertentu, misalnya program KB, pembuatan BPJS, pembuatan e-KTP, dan semacamnya. 
  3. Reminding 
    Artinya, iklan tersebut bisa membuat masyarakat mengingat dan menjalani program yang disarankan. 
  4. Adding Value
    Artinya, memberi nilai manfaat kepada masyarakat, melalui program atau kegiatan tertentu. 

3. Manfaat iklan layanan masyarakat

freepik.com

Selain melihat contoh iklan layanan masyarakat, penting untuk mengetahui manfaat dari iklan layanan masyarakat. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut. 

  1. Mengajak masyarakat peduli terhadap isu sosial
    Iklan layanan masyarakat bisa membuat masyarakat semakin melek terhadap isu sosial yang sedang terjadi. Biasanya, iklan tersebut akan mengajak masyarakat untuk mengambil sikap dan juga menjelaskan dampak positif dan negatifnya. 
  2. Sebagai bentuk penyuluhan kepada masyarakat
    Masyarakat terdiri dari berbagai lapisan yang terkadang tak tersentuh. Oleh karena itu, iklan layanan masyarakat berperan untuk memberikan akses informasi secara merata. 
  3. Membangun rasa solidaritas antar sesama
    Rasa solidaritas bisa muncul dari iklan layanan masyarakat yang berisi tentang ajakan untuk peduli terhadap kasus tertentu. 
  4. Membantu memperbaiki permasalahan masyarakat
    Terakhir, iklan sebagai power untuk mengingatkan masyarakat mengenai perilaku yang harus diperbaiki. Dengan begitu, kehidupan akan menjadi lebih tenteram dan damai. 

4. Contoh iklan layanan masyarakat tentang hemat air

publikasimedia.com

Contoh iklan layanan masyarakat yang pertama adalah tentang hemat air. Iklan ini berguna untuk mengingatkan masyarakat tentang kepedulian terhadap lingkungan. Dengan begitu, mereka akan memahami  bahwa air juga perlu dipakai dengan bijak. 

5. Contoh iklan layanan masyarakat tentang pungli

bappeda.cilacapkab.go.id

Selanjutnya, iklan layanan masyarakat ini berguna untuk mencegah pungutan liar (pungli), baik di jalan maupun pemungutan liar lainnya. Dengan iklan tersebut, masyarakat akan memahami bahwa pungli adalah tindakan pelanggaran hukum.

6. Contoh iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkoba

komnaspt.or.id

Narkoba kini menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi masyarakat. Oleh karena itu, penting memberikan iklan layanan masyarakat tentang bahaya narkoba guna memberitahu bahwa ancaman tersebut dekat dengan kehidupan kita. 

7. Contoh iklan layanan masyarakat tentang keluarga berencana

imaji.co

Contoh iklan layanan masyarakat selanjutnya adalah tentang keluarga berencana. Iklan ini diperlukan untuk mendukung program pemerintah yang menekan angka kelahiran. Selain itu, program KB juga akan membuat masyarakat bisa merasakan banyak manfaatnya. 

8. Contoh iklan layanan masyarakat tentang cara cuci tangan pakai sabun

telkomuniversity.ac.id

Mencuci tangan pakai sabun menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk mencegah virus seperti Covid-19. Oleh karena itu, iklan berupa tata cara mencuci tangan ini sangat diperlukan untuk mengedukasi masyarakat. 

9. Contoh iklan layanan masyarakat tentang tertib lalu lintas

dishub.kukarkab.go.id

Kecelakaan lalu lintas cukup sering terjadi. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut, pemerintah mengimbau untuk selalu tertib berlalu-lintas, termasuk bagi para pelajar. 

10. Contoh iklan layanan masyarakat tentang Covid-19

kemenkopmk.go.id

Contoh iklan layanan masyarakat yang terakhir ialah tentang gerakan masyarakat sehat menghadapi Covid-19. Sebab, hal ini sangat perlu diketahui oleh masyarakat supaya virus tersebut tidak mudah berkembang. 

Itulah 7 contoh iklan layanan masyarakat beserta penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration