Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10+ Rekomendasi Film yang Dibintangi Idol K-Pop

Ada D.O. EXO, IU, hingga Irene Red Velvet

Aisyah Banowati

Pandai menari, menyanyi, dan rap tampaknya adalah paket lengkap yang harus dimiliki oleh seorang idol—setidaknya mereka harus menguasai dasarnya. Bahkan, beberapa di antaranya juga cukup berbakat dalam berakting, menunjukkan bahwa mereka multitalenta.

Berkat kemampuannya dalam bermain peran, bukan hal baru melihat aktor dari kalangan idol ini mendapatkan peran yang cukup penting dalam sebuah film, serta tidak jarang mereka sendiri yang berperan sebagai pemain utama. Berikut jajaran film yang dibintangi oleh idol K-pop. Wajib masuk list tontonan kamu, ya!

1. Dream (2023)

Film yang rilis di bulan April 2023 ini mempertemukan K-Pop Idol, IU dengan aktor Park Seo Joon. Dream terbilang cukup sukses dengan mengantongi keuntungan sebesar US$8,3 juta selama masa penayangannya.

Dream berkisah tentang pemain sepak bola bernama Hong Dae (Park Seo Joon). Setelah pemain Hong Dae terlibat dalam insiden tak terduga dan menerima hukuman percobaan disipliner, ia ditunjuk sebagai pelatih tim sepak bola nasional khusus. Tim tersebut terdiri dari para tunawisma yang bahkan belum pernah memegang bola sebelumnya, dan akan berkompetisi di Piala Dunia Tunawisma.

Akankan mereka bisa mewujudkan mimpi menjadi pemain bola profesional?

2. Shades of the Heart (2021)

Memiliki genre melodrama, Shades of the Heart dibintangi oleh sederet aktor dan aktris berbakat, salah satunya Lee Ji Eun atau IU. Film ini mengisahkan Chang Seok (Yeon Woo Jin), seorang novelis yang kembali ke Seoul setelah 7 tahun lamanya. Saat kembali, ia berencana menerbitkan novel yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri. 

Namun, ia bertemu dengan beberapa orang—di tempat yang berbeda—dengan kisah kelamnya masing-masing, di antaranya Mi Yeong (IU) seorang gadis yang ditemuinya di kafe, Yoo Jin (Yoon Hye Ri) sang editor, Sung Ha (Kim Sang Ho) seorang fotografer, dan bartender bernama Joo Eun (Lee Joo Young). Lantas, kisah seperti apa yang akhirnya akan ia tulis?

3. Double Patty (2021)

Leader dari grup asuhan SM Entertainment, Irene Red Velvet resmi memulai kariernya di dunia entertainment dengan debut bersama kawan grupnya di tahun 2014. Kemudian, perempuan kelahiran Maret ini melebarkan sayapnya dengan terjun ke dunia akting lewat web drama berjudul Woman at a Game Company (2016).

Berkat kemampuannya, ia digandeng menjadi pemeran utama untuk film garapan sutradara Baek Seung Hwan, Double Patty. Perannya adalah menjadi Lee Hyun Ji  seorang calon pembawa berita yang bekerja keras untuk menggapai mimpinya. Film ini mempertemukannya dengan aktor Shin Seung Ho yang berperan sebagai Kang Woo Ram, mantan atlet gulat yang kini disibukkan dengan pekerjaan paruh waktunya.

4. A Way Station (2021)

Bermain sebagai pemeran utama, Kim Dong Jun ZE:A akan beradu akting dengan Kim Jae Kyung lewat film A Way Station. Mengusung genre melodrama, film berdurasi hampir 2 jam ini merupakan karya sutradara Kim Jung Min yang sebelumnya sukses menggarap drama Queen: Love and War (2019).

Siap menguras air mata, A Way Station mengisahkan kisah cinta dari seorang alzheimer dan penderita kanker perut. Film ini bukan hanya menyorot perjuangan keduanya, namun juga bagaimana orang-orang di sekitar mereka berusaha untuk tegar berada di sisi keduanya sampai akhir.

5. Replay: The Moment (2021)

Bukan cuma satu, tapi dua idol, Replay  menampilkan Hwiyoung SF9 dan aktris pendatang baru, Miyeon (G)I-DLE. Replay sendiri merupakan drama pertama Miyeon setelah debutnya menjadi idol. Bergenre romansa, Replay menceritakan sekelompok remaja yang sedang mengejar cinta dan impian mereka. Ketika cinta hadir, apa yang akan mereka lakukan?

6. The Dude in Me (2019)

Mengusung tema bertukar tubuh, film berdurasi lebih dari dua jam ini dibintangi oleh Park Sun Woong sebagai Jang Pan Soo dan Jun Jin Young 'B1A4' sebagai Kim Dong Hyun. Cerita berawal saat Dong Hyun tiba-tiba jatuh dari gedung dan menimpa tubuh Pan Soo. 

Keduanya dilarikan ke rumah sakit, namun saat terbangun Pan Soo terkejut menyadari tubuhnya telah tertukar dengan Dong Hyun. Ia, yang awalnya adalah seorang ketua gangster harus rela hidup di tubuh anak sekolah menengah yang ternyata adalah seorang korban bully

Masalah mulai muncul saat Pan Soo mengetahui fakta bahwa ia memiliki anak dari mantan kekasihnya yang ternyata adalah sahabat Dong Hyun, Oh Hyun Jung (Lee Soo Min). Lewat tubuh Dong Hyun, ia mulai menebus kesalahannya satu per satu.

7. Juror 8 (2019)

Mengawali kariernya sebagai seorang anggota idol grup ZE:A, Park Hyung Sik menunjukkan kemampuan beraktingnya kali pertama untuk drama musikal Temptation of Wolves (2011). Ia berhasil mendapatkan peran utamanya untuk drama Strong Woman Do Bong Soon (2016), berkat keberhasilannya memerankan Ahn Min Hyuk, ia semakin kebanjiran tawaran drama. 

Di tahun 2019, ia mendapat tawaran untuk mengambil peran dalam film Juror 8 yang digarap oleh sutradara Hong Seung Wan. Film ini terinspirasi dari kisah nyata hukum di Korea Selatan yang memiliki juri dari kalangan publik di tahun 2008. Park Hyung Sik berperan sebagai Kwon Nam Woo, salah satu juri publik yang tidak memiliki latar pengetahuan hukum sama sekali.

8. Moonlit Winter (2019)

Lewat Moonlit Winter, mantan personil I.O.I, Kim So Hye akan beradu akting dengan aktris senior, Kim Hee Ae. Keduanya berperan menjadi ibu dan anak yang akan berlibur ke Otaru, Jepang, kota yang terkenal karena keindahan saljunya. Namun ternyata, liburan yang disusun sang anak bukanlah sekadar berlibur. 

Di balik liburan mereka berdua, Sae Bom (Kim So Hye) berusaha mempertemukan sang ibu dengan cinta pertamanya. Semua dilakukan Sae Bom setelah membaca surat yang ditujukkan untuk ibunya, ia baru mengetahui bahwa ibunya memiliki cinta pertama yang belum pernah diceritakannya. Tak mau ibunya terus sendirian hingga tua, ia pun menyusun rencana.

9. Goodbye Summer (2019)

Bukan kali pertama berakting, One sebelumnya telah menunjukkan kemampuannya lewat Drama Stage-Anthologi (2018) serta Hwayugi (2018). Akhirnya, ia pun didapuk menjadi pemeran utama untuk Goodbye Summer bernama Hyeon Jae. 

Cerita berawal saat Hyeon Jae pindah sekolah, di sinilah ia bertemu dengan Soo Min (Kim Bora). Pertemuan Hyeon Jae dan Soo Min membuat dirinya yang tak lagi memiliki harapan untuk memperjuangkan mimpinya kembali bangkit.

10. Swing Kids (2018)

Di bawah arahan sutradara Kang Hyung Chul, Swing Kids dibintangi oleh idol sekaligus aktor Do Kyung Soo atau yang akrab dipanggil D.O. Swing Kids sendiri merupakan film adaptasi musikal Korea berjudul Rhoo Ki Soo yang ditulis oleh Jang Woo Sung.   

Mengambil latar saat Perang Korea di tahun 1950-an, dikisahkan jika seorang tentara Korea bernama Roh Ki Soo (D.O. EXO) memiliki mimpi menjadi seorang penari.

Dalam perjalanan kisahnya, ia bertemu dengan pria Tiongkok (Kim Min Ho), seorang anti komunis (Oh Jung Se),  Yan Park Rae, serta Park Hyo Soo yang merupakan penerjemah. Berasal dari latar belakang yang berbeda, kehadiran keempatnya ternyata mempengaruhi hidupnya.

11. Trumpet on the Cliff (2016)

Trumpet on the Cliff merupakan film melodrama produksi Korea-Jepang yang disutradarai oleh Han Sang Hee. Berlatar di Okinawa, film ini mengangkat tema cinta dan keluarga. Sepanjang film, penonton akan dimanjakan dengan potret indah Pulau Ishigaki, Prefektur Okinawa, yang membuat siapa saja merasa ingin berkunjung.

Dikisahkan jika Aoi (Nanami Sakuraba) menjalani transplantasi Jantung dan pergi ke Pulau Okinawa untuk memulihkan diri. Di sana, ia bertemu dengan Ji Oh (L.Joe Teen Top) dan menjadi dekat dengannya.

Di sisi lain, sang ibu sedang mencari pendonor jantung anaknya, sebab ia membutuhkan riwayat kesehatan si pendonor karena kondisi Aoi yang belum stabil. Lantas, apakah pertemuan Aoi dan Ji Oh merupakan takdir atau ada benang merah yang menyatukan keduanya?

Melansir dari Soompi, itulah deretan film dan web drama yang dibintangi oleh idol K-pop. Ada bias kamu nggak, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration