Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Desain Dapur Terbuka Tipe 36, Cocok untuk Rumah Minimalis 

Tetap nyaman di lahan yang terbatas

Nafi' Khoiriyah

Sebelum membangun rumah, kamu pasti akan memilih berbagai tipe rumah. Salah satu tipe rumah yang kini banyak diminati adalah tipe 36. Sebab, ukuran rumah ini sangat cocok untuk menampung keluarga kecilmu. 

Rumah tipe 36 merupakan rumah yang mempunyai luas 36 meter persegi. Biasanya, rumah ini terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan dapur. 

Dengan tipe tersebut, desain dapur yang cocok kamu terapkan adalah desain dapur terbuka. Desain ini sering diterapkan untuk hunian modern dengan ruangan dapur yang tanpa sekat. Biasanya, dapur akan digabungkan dengan ruang makan sehingga tidak memakan tempat. 

Nah, berikut ini adalah referensi desain dapur terbuka tipe 36 yang bisa kamu sontek. Lihat desainnya di bawah ini ya, Bela!

1. Desain dapur terbuka meja marmer

architecturaldigest.in

Desain dapur terbuka tipe 36 pertama ini menggunakan material marmer yang mewah. Material ini dipilih untuk memudahkan kamu membersihkan kotoran di meja makan.

Dengan dapur dan ruang makan yang menyatu, kamu bisa meletakkan perabotan berupa kompor, oven, wastafel, serta kursi di sini. Lalu, jangan lupa tambahkan aksesori tambahkan seperti lampu gantung supaya keluarga lebih nyaman saat makan di ruangan ini. 

2. Desain dapur terbuka nuansa monokrom

homelane.com

Rumah minimalis bertipe 36 banyak yang memakai warna-warna netral untuk desain interiornya. Seperti dapur di atas, kamu bisa memilih warna-warna monokrom, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Warna hitam bisa kamu terapkan untuk meja makan supaya tidak mudah kotor.

Kemudian, warna putih kamu terapkan untuk kabinet dapur guna tempat penyimpanan barang. Sementara itu, warna abu-abu dipakai untuk dinding sebagai latarnya.

Di dalam dapur bertema terbuka ini, kamu bisa meletakkan berbagai perabotan dapur dan ruang makan, seperti kompor, wastafel, kursi, dan rak penyimpanan sekaligus. 

3. Desain dapur terbuka di samping pintu

designcafe.com

Desain dapur terbuka tipe 36 akan semakin terlihat luas dan cerah apabila kamu letakkan di samping pintu belakang rumah. Dapur ini bisa kamu buat dengan I-shape saja, kemudian kamu tambahkan meja makan di seberangnya.

Di dalam dapur, kamu bisa meletakkan berbagai perabotan, seperti kompor, wastafel, dan peralatan makan yang disimpan di dalam kabinet. Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan kursi di meja makan yang ada di seberang tempat memasak. Dengan konsep ini, dapur bisa menjadi ruangan favorit untuk keluarga. 

4. Desain dapur terbuka nuansa biru

livspace-cdn.com

Kalau sebelumnya kamu meletakkan dapur di samping pintu, kali ini kamu bisa meletakkannya di dalam rumah berwarna biru yang cerah. Warna ini akan membuat siapapun tertarik untuk melihatnya. Dengan konsep dapur yang terbuka, kamu bisa membuat meja berbentuk L-shape.

Kemudian, letakkan kulkas dan kabinet di sampingnya. Setelah itu, barulah kamu tambahkan meja makan minimalis dengan kursi kayu.

Untuk perabotan yang bisa kamu masukkan di dalam dapur ini bisa bermacam-macam, mulai dari kompor, wastafel, dan berbagai peralatan makan di dalam kabinet. 

5. Desain dapur terbuka nuansa cokelat

stylesatlife.com

Kalau kamu ingin desain dapur terbuka tipe 36 yang memiliki sentuhan tradisional, maka warna cokelat bisa kamu pilih. Warna ini akan membuat dapur terasa seperti dapur nenek yang sangat homey.

Dengan konsep dapur terbuka, kamu bukan hanya bisa menggabungkan dapur dengan meja makan, tetapi juga dengan lemari penyimpanan di sampingnya. Jangan lupa tambahkan aksesori bunga, pigura foto, dan lampu gantung supaya semakin estetik.

6. Desain dapur terbuka nuansa klasik

ytimg.com

Hampir sama dengan sebelumnya, kali ini kamu bisa membuat desain dapur yang klasik bernuansa putih. Dapur ini akan mengingatkanmu dengan rumah-rumah peninggalan Belanda yang sangat keren. Untuk furnitur di dalamnya, kamu bisa memasukkan kompor, oven, dan juga wastafel.

Sementara itu, meja makan bisa kamu letakkan di seberangnya dengan alas kaca yang mudah dibersihkan. Terakhir, jangan lupa manfaatkan dinding dapur dan meja makan menjadi kabinet yang bisa digunakan untuk menyimpan barang. 

7. Desain dapur terbuka nuansa modern

homelane.com

Desain dapur terbuka tipe 36 juga bisa kamu buat menjadi modern dengan menggabungkan antara funitur kayu dan kabinet bernuansa abu-abu.

Kesan modern itu bisa kamu dapatkan dengan tambahan aksesori lampu gantung, kursi bar, dan juga kulkas yang berwarna silver. Terakhir, jangan lupa tambahkan pencahayaan dari jendela supaya dapur tampak cerah dan tidak pengap.

8. Desain dapur terbuka furnitur kayu

pinterest.com

Konsep dapur terbuka bisa kamu wujudkan dengan furnitur kayu. Furnitur kayu tersebut bisa kamu pakai untuk kitchen set dan meja makan di dapur. Supaya memiliki sentuhan modern, pilih alas meja keramik dan perabotan yang berwarna silver.

Perabotan itu berupa kulkas, oven, dan tentunya kompor untuk memasak. Di samping dapur ini, kamu bisa memanfaatkannya menjadi ruangan keluarga untuk bersantai. 

9. Desain dapur terbuka dengan jendela kaca lebar

elitehavens.com

Memasak di dapur merupakan aktivitas yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi membosankan apabila dilakukan terus menerus. Nah, untuk membuamu lebih fresh, kamu bisa meletakkan dapur di samping jendela kaca yang lebar sehingga bisa melihat pemandangan luar.

Di dalam dapur ini, kamu cukup memakai desain nuansa putih yang elegan dengan perabotan berupa kompor, kulkas, dan wastafel saja. 

10. Desain dapur terbuka elegan

pinterest.com

Terakhir, desain dapur terbuka tipe 36 elegan ini cocok untukmu yang menyukai suasana yang rapi dan minimalis. Desain ini bisa kamu buat dengan furnitur bernuansa putih dan abu-abu yang tidak terlalu mencolok.

Untuk meja dapur dan meja makan, kamu bisa membuatnya dengan alas marmer yang elegan. Kemudian, pilih kabinet dengan warna yang senada dan kulkas berwarna abu-abu.

Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menambahkan hiasan dinding seperti kutipan dalam pigura atau semacamnya yang bisa membuat ruangan tidak membosankan. 

Itulah 10 desain dapur terbuka tipe 36. Desain dapur terbuka tipe 36 di atas bisa kamu jadikan referensi untuk membuat ruangan lebih ringkas dan fungsional.

Di antara desain di atas, mana yang paling menarik perhatianmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration