Artis Asia yang Pernah Dituding Rasis

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding Rasis

Kenapa dan apa alasan mereka disebut demikian?

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding Rasis

Sepanjang tahun 2020-2021, hashtag #BlackLivesMatter dan #StopAsianHate menggema di media sosial. Hashtag ini digaungkan untuk menentang tindakan rasisme yang masih terus dialami oleh mereka yang datang dari kalangan minoritas.

Berbicara soal isu rasisme, siapa sangka jika deretan artis asal Asia ini pernah tersandung kasus sensitif itu. Beberapa bahkan pernah menjadi trending di media sosial. Siapa saja artis tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Awkwafina

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisCNN.com

Awkwafina pernah dituding melakukan tindakan rasisme setelah ia beberapa kali menggunakan blaccent (Black-American) aksen untuk parodi dan filmnya. Saat penggemarnya melayangkan protes soal ini melalui akun Twitter-nya, perempuan bernama asli Nora Lum ini mengatakan bahwa ia tidak bermaksud menyudutkan keturunan Afro-Amerika.

Menurut aktris Ocean's 8 itu, ada perbedaan yang sangat tipis antara pelanggaran dan budaya pop yang ia lakukan. Sekali lagi, ia pun menegaskan bahwa, "Untuk mengejek, meremehkan, atau bersikap tidak baik dengan cara apa pun yang mungkin dengan mengorbankan orang lain. Itu bukan sifatku, tidak pernah, dan tidak akan pernah ada," ungkapnya, seperti dikutip dari SCMP.com.

Karena kasus ini, Awkwafina pun memutuskan untuk tak lagi menggunakan media sosial. Saat ini, semua akun media sosial miliknya dipegang oleh tim manajemen sampai tahun 2024 mendatang.

2. Jennie Nguyen

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisPeople.com

Serial The Real Housewives of Salt Lake City musim kedua belum lama tayang pada November 2020. Namun, Jennie Nguyen langsung dipecat dari serial tersebut lantaran ucapan rasisnya di media sosial Facebook.

Saat itu, Jennie mempertanyakan penyebab kematian George Floyd yang dibunuh oleh seorang petugas kepolisian berkulit putih. Karena insiden ini pula kemudian memunculkan hashtag dan gerakan #BlackLivesMatter.

Alih-alih mendukung gerakan anti-rasisme, Jennie malah mencap pengunjuk rasa anti-rasisme sebagai "preman" dan "geng kekerasan". Ia juga menyerukan gerakan White Lives Matter sebagai tanggapan terhadap Black Lives Matter.

Setelah unggahannya ini kemudian viral di media sosial, Jennie akhirnya meminta maaf. Namun, permintaan maafnya kemudian malah memperburuk keadaan. Sebab, ia menambahkan bahwa ia sangat bersimpati kepada para petugas penegak hukum yang seringkali harus menghadapi risiko besar di tempat kerja. Terlebih jika ada bentrokan, maka nyawa bisa menjadi taruhan mereka.

3. Mamamoo

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisDok. Internet

Mungkin awalnya Mamamoo ingin tampil lebih total saat membawakan lagu "Uptown Funk" milik Bruno Mars dan Mark Ronson, di sebuah pertunjukan di Jepang. Mereka menggunakan pakaian, serta riasan wajah yang berwarna gelap sebagai bentuk parodi. Namun, hal ini justru memancing reaksi negatif dari warganet.

Mamamoo mengklaim bahwa mereka tidak tahu bahwa riasan mereka menyinggung pihak lain dan dianggap sebagai tindakan yang rasis. Atas kejadian ini, Mamamoo akhirnya meminta maaf dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi ke depannya.

"Kami meminta maaf. Selain itu, kami akan meluangkan waktu untuk memahami lebih banyak tentang penggemar internasional kami untuk memastikan ini tidak pernah terjadi lagi," ungkap Mamamoo.

4. Rich Brian

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisNME.com

Di awal kemunculannya sebagai seorang rapper di tahun 2016, Rich Brian dikenal dengan nama panggung Rich Chigga. Kata Chigga sendiri merupakan gabungan dari kata Chinese dan n-word. Bukan hanya pada nama, n-word ini juga diucapkan beberapa kali dalam lagu debutnya "Dat $tick".

Menurut Brian, awalnya ia mengira n-word merupakan stereotip rap gangsta tanpa ada maksud rasis. Baru pada 2018, Brian mengubah namanya menjadi Rich Brian dan meminta maaf atas kesalahannya dulu. Ia pun berhenti menggunakan kata itu dan berharap bisa mengulang lagu "Dat $tick" tanpa memasukan istilah tersebut.

5. Kim Namjoon

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisDok. Internet

Tak banyak yang tahu bahwa Kim Namjoon pernah tersandung kasus rasisme di awal kemunculannya bersama BTS. Saat itu, Namjoon dituding melakukan tindakan cultural appropriation. Hal ini terlihat dari gaya rambut dan gaya bicaranya saat itu.

Atas apa yang dilakukannya, Namjoon akhirnya meminta maaf kepada mereka yang mungkin pernah tersinggung dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Ada Rich Brian, ini 5 Artis Asia yang Pernah Dituding RasisSCMP.com

Itulah tadi deretan artis Asia yang pernah dituding melakukan tindakan rasis. Semoga tak ada lagi kejadian serupa, ya!

Baca Juga: SZA Diduga Berbohong, BTS Jadi Korban Rasisme di Konser Harry Styles

Baca Juga: Tuai Protes, Ini Tindakan SM Entertainment Atas Rasisme Giselle AESPA

Baca Juga: Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan Rasis

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Potret Rumah Baru Song Joong Ki & Istri Harga Rp183 Miliar

Potret Rumah Baru Song Joong Ki & Istri Harga Rp183 Miliar