Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ade Armando Bilang Salat 5 Waktu Tidak Ada di Alquran? Ini Kata Ulama 

Pernyataan ini diungkapkan oleh Ade Armando

Niken Ari Prayitno

Belum lama ini, seorang tokoh komunikasi sekaligus dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia, Ade Armando, membuat pernyataan yang mengejutkan. Dalam video wawancaranya yang diunggah oleh channel YouTube Cokro TV, Ade mengungkapkan bahwa salat lima waktu tidak pernah tertulis di Alquran. 

Sontak pernyataan ini membuat geger warganet. Sebab, seperti kita ketahui, salat lima waktu menjadi ibadah wajib umat Islam. Tentu, apa yang dikatakan Ade bertolak belakang dan menimbulkan kontroversi

Majelis Ulama Indonesia pun menanggapi permasalahan ini dan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait ibadah salat lima waktu. Berikut penjelasan lengkap dan kronologinya.

Menurut Ade Armando, perintah salat lima waktu tidak tercantum dalam Alquran

IDNTimes.com/Indiana Malia

Kisruh soal ibadah salat lima waktu ini bermula saat Ade Armando memberikan pernyataannya. Menurut Ade, ia tetap menjalankan ibadah salat lima waktu, meskipun perintah untuk menjalankan ibadah tersebut tidak tercantum dalam Alquran.

"Saya, sih, salat lima waktu walaupun saya tahu sebenarnya di dalam Alquran tidak ada perintah salat lima waktu. Coba saja baca Alquran, kamu tidak akan menemukan ayat yang mengatakan salat itu harus dilakukan lima kali sehari," ungkap Ade. 

Salat lima waktu hanya ada di hadis dan tidak tercantum di Alquran

ANTARA FOTO/Fianda Rassat via IDNTimes.com

Ade masih mempertahankan pernyataannya ini dengan menegaskan bahwa ibadah salat lima waktu memang tidak ada di Alquran.

"Ya, memang tidak ada, kan, salat lima waktu. Coba saja kamu cari di Alquran. Lho, saya kan, bilang tidak ada di Alquran. Salat lima waktu itu ada di hadis. Kamu tahu, kan, beda Alquran dan hadis?" kata Ade lagi.

Pernyataan Ade Armando mendapat protes keras dari Majelis Ulama Indonesia dan pemuka agama

Dok. Internet

Jelas, pernyataan Ade mengundang kontroversi. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia dan Ustad Udjae memberikan protes keras terkait pernyataan tersebut.

Melansir dari Detik.com, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan menyatakan bahwa tidak seharusnya Ade mengeluarkan pendapat di luar kapasitasnya. Sebab, hal ini dapat menimbulkan bias dan kesalahpahaman.

Selain itu, tambah Amir, seharusnya Ade tidak memberikan komentar terkait ibadah salat lima waktu karena tidak memiliki kompetensi terkait hal tersebut.

Senada dengan MUI, Ustad Udjae bahkan menyebut apa yang dikatakan Ade bisa dikatakan masuk ke dalam pelecehan agama.

"Salat lima waktu perintahnya ada di Alquran, tapi untuk tata caranya ada di dalam hadis Nabi Muhammad SAW. Juga dijelaskan lebih lanjut dalam ijma atau ulama. Sehingga, menjadi sebuah syariat yang sudah diketahui umat Islam kalau itu adalah sebuah kewajiban," jelas Ustad Udjae.

muslimmatters.org

Mengutip sahijab.com dari Bincang Syariah, perintah salat lima waktu adalah rangkaian doa yang kita lakukan di waktu yang telah ditetapkan. Perintah salat ini juga dijelaskan dalam hadis, baik bacaan maupun gerakannya. Berikut dalilnya:

Perintah Salat lima waktu dalam Surah Ar-Rum/30: 17-18

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ

Kemudian perintah diwajibkannya salat dalam Alquran Surah An-Nisa/4: 103

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Sementara itu, hadis riwayat Ibnu Abbas r.a.:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ مُعَاذًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ….. (رواه البخاري)

Bahwasannya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengutus Muadz r.a. ke Yaman, lalu beliau bersabda kepadanya "Ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh aku adalah utusan Allah. Jika mereka menaatinya, maka beritahukan mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima salat dalam sehari semalam." (HR. Al-Bukhari)

Jadi wajib telah ditentukan waktunya, dan batas kapan tidak boleh dilakukan.

Itulah tadi penjelasan mengenai salat lima waktu yang menurut Ade Armando tidak tertulis di dalam Alquran. Sebagai umat Islam, perintah salat lima waktu memang sudah disampaikan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Bagaimana menurut pendapatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life