Sebagai seseorang yang beragama Islam, salat lima waktu merupakan hal yang wajib dilakukan dan tak boleh ditinggalkan. Setiap orang tentunya menginginkan pasangan yang rajin beribadah dan tidak pernah melupakan salat.

Suami, yang merupakan imam keluarga, patut mengingatkan pada istrinya tentang kewajiban salat. Namun tentu saja, jika terkesan memaksa, orang biasanya cenderung malah semakin malas untuk melakukannya.

Jadi jika ingin mengingatkan seorang istri untuk lebih rajin salat, hendaknya dilakukan dengan perbuatan. Misalnya, suami memperlihatkan dirinya rajin salat, lalu mengajak istri untuk salat berjamaah. Dengan begitu, istri lama-lama akan merasa terbiasa untuk salat lima waktu dan semakin rajin melakukannya.

Suami pun bisa memanjatkan doa-doa yang mengajak istri agar lebih rajin sholat, tanpa memaksanya. Berikut ini ulasannya.

1. Suami wajib mengingatkan istri untuk salat

Tanpa Paksaan, Ini Doa Agar Istri Rajin SalatFreepik.com/Free Picture

Dalam beberapa ayat Alquran, Allah menunjuk suami sebagai pengingat bagi keluarganya. Salah satunya ada dalam QS. Taha Ayat 132:

 وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى

Artinya:

Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.

Saat mengajak istri untuk rajin salat, suami juga membutuhkan kesabaran. Karena saat meminta seseorang untuk mengubah kebiasaan, juga memerlukan waktu.

2. Doa agar diberikan keberkahan dalam salat

Tanpa Paksaan, Ini Doa Agar Istri Rajin SalatPexels.com/Thirdman

Ada saja cobaan yang mungkin dihadapi suami saat mengajak istrinya untuk rajin salat. Bisa jadi ada penolakan dalam dirinya atau memang belum ada kemauan untuk lebih rutin melakukan salat.

Suami yang baik tentunya akan bersikap bijak dalam menghadapi hal ini dan harus bersabar. Salah satu cara yang baik adalah dengan mendoakan istri.

Berikut doa yang bisa dipanjatkan suami agar istrinya rajin salat:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي، وَبَارِكْ لِأَهْلِي فِيَّ، اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهَا , وَارْزُقْهَا مِنِّي، اللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ فِي خَيْرٍ , وَفَرِّقْ 

بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ فِي خَيْرٍ

“Ya Allah, berkahilah aku dalam keluargaku (istriku), dan berkahilah untuk istriku dalam diriku. Ya Allah, berilah aku rizeki darinya dan berilah dia rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan di antara kami selama engkau kumpulkan dalam kebaikan, dan pisahkan di antara kami jika engkau memisahkan dalam kebaikan.”

3. Doa agar diberikan keluarga yang rajin salat

Tanpa Paksaan, Ini Doa Agar Istri Rajin SalatPexels.com/Monstera

Suami juga bisa memanjatkan doa ini agar dikaruniai keluarga yang rajin salat. Harapannya tentu saja agar mendapatkan keturunan yang saleh dan salehah, serta menjadikan keluarga lebih harmonis.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.“

4. Doa melunakkan hati agar giat beribadah

Tanpa Paksaan, Ini Doa Agar Istri Rajin SalatPexels.com/Thirdman

Mengajak istri untuk salat, sekali lagi, tidak bisa dengan paksaan. Dengan doa ini diharapkan istri bisa melunak hatinya dan tergerak untuk lebih rajin beribadah. Tak hanya itu, doa ini pun bisa diamalkan bagi suami yang ingin lebih rajin salat.

للّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Artinya:

“Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Itulah bacaan doa-doa yang bisa diamalkan agar istri rajin salat. Selalu bersabar untuk mengajak pasangan mengubah kebiasaannya. Semoga Allah SWT selalu melindungi keluarga kalian.

Baca Juga: 9 Cara dan Doa agar Disayang Suami, Jadi Makin Lengket!

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Hukum Menceritakan Aib Pasangan ke Orang Lain

Baca Juga: Hak-Hak Suami terhadap Istri dalam Ajaran Islam, Apa Saja?