Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Selebriti Korea yang Kariernya Terkendala Kondisi Medis Tak Terduga

Dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental

Natasha Cecilia Anandita

Hidup bisa penuh dengan kejadian tak terduga, dan hal ini juga telah terjadi pada banyak selebriti Korea. Beberapa dari mereka mengalami peristiwa yang kurang menyenangkan, yaitu didiagnosis kondisi medis tertentu dan berimbas pada karier mereka.

Beberapa dari mereka didiagnosis kanker dan sudah menjalani operasi, beberapa juga mengalami masalah dengan gangguan mental yang berdampak pada kesehatannya. Karena kondisi tak terduga itu, karier mereka pun harus terkendala dan mengambil libur dari dunia hiburan. Sekaligus memeringati Hari Kanker Sedunia, berikut 10 selebriti Korea yang kariernya terkena kondisi medis tak terduga.

1. Kim Woo Bin

instagram.com/____kimwoobin

Tak berapa lama setelah menyelesaikan dramanya yang berjudul Uncontrollably Fond pada tahun 2017, di mana dirinya menjadi seorang pemuda yang mengidap kanker, di dunia nyata, Kim Woo Bin juga didiagnosis menderita kanker nasofaring.

Kim Woo Bin harus menghentikan semua aktivitasnya untuk mulai mendapatkan perawatan. Ia sempat hiatus selama beberapa tahun, hingga 2021 lalu namanya perlahan kembali ke dunia hiburan dan akan segera menyapa penggemar yang telah rindu, dalam film Alien dan dalam drama yang juga turut dibintangi sang kekasih, Shin Min Ah.

2. Moon Geun Young

hancinema.com

Aktris Moon Geun Young harus menjalani operasi darurat untuk mengobati sindrom kompartemen akutnya. Ia juga harus menunda aktivitasnya di dunia hiburan untuk sembuh, karena dia harus menjalani lebih banyak operasi seiring waktu. Setelah beberapa waktu berhenti berakting, Moon Geun Young membuat comeback K-drama-nya di Catch the Ghost bersama dengan aktor Kim Seon Ho.

3. Jung Il Woo

jungilwoodelights.com/ Dispatch-Naver

Aktor Jung Il Woo juga didiagnosis menderita aneurisma otak pada tahun 2016. Pasca didiagnosis, ia mengalami depresi dan kecemasan. Jung Il Woo bahkan tidak meninggalkan rumahnya selama sebulan karena kesehatan mentalnya.

Setelah menenangkan diri, dia memutuskan untuk menerima sekaligus melepaskan penyakit tersebut dan pergi berlibur, ia mengatakan tidak ingin hidup seperti itu lagi, mengubah pandangannya, menikmati hidup dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

4. Choi Sung Won

instagram.com/miracle.sw2

Choi Sung Won sedang menikmati kariernya sebagai aktor, ketika dia tiba-tiba didiagnosis menderita leukemia akut. Ini membuatnya harus membatalkan semua proyek aktingnya untuk fokus pada pemulihan. Setelah setahun menjalani perawatan, ia akhirnya bebas dari kanker dan melanjutkan kariernya sebagai aktor.

Sayangnya, Sung Won didiagnosis menderita leukemia sekali lagi pada Desember 2020 dan saat ini sedang menjalani perawatan. Agensinya mengatakan bahwa meskipun dia tidak dalam kondisi paling sehat, kondisinya "bukan sesuatu yang serius."

5. Shin Dong Wook

hancinema.com

Shin Dong Wook didiagnosis dengan sindrom nyeri regional kompleks, ketika ia bertugas di militer. Kondisinya memaksanya untuk dipulangkan lebih awal untuk memulai proses pemulihan. Shin Dong Wook akhirnya hiatus selama lebih dari 6 tahun. Setelah sekian lama jauh dari mata publik, Shin Dong Wook mengungkapkan bahwa penyakitnya sudah terkendali. Sejak kembali, ia telah terlibat dalam beberapa proyek akting.

6. Kim Jung Hyun

pinterest.com

Pada 2018 lalu, Kim Jung Hyun juga sempat hiatus dari dunia hiburan karena gangguan fisik dan mental. Ia didiagnosis sleep disorder, panic disorder, anxiety disorder dan bahkan episodes of depression, yang mengharuskannya beristirahat baik secara mental maupun fisik.

Ia bahkan harus meninggalkan drama di tengah-tengah produksi saat era drama Time. Setelah mengambil cuti untuk memulihkan diri, Kim Jung Hyun akhirnya kembali berakting di Crash Landing on You dan kembali membuat terobosan di drama Mr.Queen.

7. Goo Hye Sun

instagram.com/kookoo900

Saat membintangi K-drama You Are Too Much, Goo Hye Sun tiba-tiba harus pergi di tengah-tengah produksi. Hal tersebut terjadi karena Goo Hye Sun menderita reaksi alergi yang serius dan harus dirawat di rumah sakit.

Aktris itu didiagnosis dengan kasus anafilaksis yang parah, sejenis reaksi alergi yang serius dan direkomendasikan oleh dokternya untuk menjalani perawatan jangka panjang. Goo Hye Sun bahkan memutuskan untuk keluar drama walau menjadi pemeran utama, karena kondisi kesehatannya itu.

8. Solji (EXID)

instagram.com/soul.g_heo_

Solji didiagnosis menderita hipertiroidisme pada 2016 dan harus hiatus. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin, yang dapat mengakibatkan metabolisme tubuh yang dipercepat, penurunan berat badan, dan masalah irama jantung.

Solji hiatus selama lebih dari setahun dan melalui banyak perawatan. Pada tahun 2018, Solji memberikan kabar baik bahwa ia telah kembali ke EXID dan mengungkapkan telah sepenuhnya pulih dari hipertiroidisme.

9. Lee Joon

hancinema.com

Aktor-idol Lee Joon juga mengalami kondisi medis tak terduga, namun tidak begitu memengaruhi kariernya, karena ia sedang wajib militer. Lee Joon awalnya bertugas sebagai tentara tugas aktif, tetapi gangguan paniknya yang semakin parah menyebabkan ia harus dipindahkan ke layanan publik.

10. Park So Dam

instagram.com/sodam_park_0908

Aktris cantik pemeran Parasite ini juga didiagnosa mengalami kanker tiroid papiler di usia 30 tahun. Kanker tersebut membuatnya vakum sementara dari dunia hiburan dan proyek akting lainnya, untuk fokus pada perawatan. Pada bulan Desember 2021 lalu, ia juga telah menjalani operasi untuk kondisi medisnya itu.

Pada awal Januari kemarin, Park So Dam akhirnya menyapa penggemar dengan pesan haru di Instagramnya. Dalam tulisan tangan yang diunggahnya itu, ia mengucapkan selamat tahun baru, mempromosikan filmnya serta mendoakan yang terbaik bagi para penggemarnya.

"Halo, ini Park So Dam. Empat musim telah berlalu dan musim dingin telah datang kembali dan aku merasa musim ini memberitahu kita harus memulai tahun baru lagi... Kalian telah bekerja sangat keras di tahun 2021... Aku harap kebahagiaan tiba pada kalian di tahun 2022 dengan Special Delivery.

Semoga kalian memiliki tahun yang menyenangkan. Dan, mari kita menjaga kesehatan pikiran dan tubuh. Aku berharap waktu di mana aku bisa mengekspresikan hatiku dengan bertatap muka datang segera... Aku sangat merindukan kalian... Terima kasih. Semoga kalian menjalani tahun yang penuh berkah. Selamat tahun baru," tulis Park So Dam.

Itulah 10 selebriti Korea yang mengalami kondisi medis tak terduga yang harus berimbas pada kariernya. Semoga mereka bisa cepat pulih dan kembali menyapa penggemar dengan karya-karya baru, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life