Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan. Apalagi, ini merupakan kanker yang paling banyak diderita masyarakat di Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan pada 31 Januari, rasio penderita kanker payudara mencapai 42,1 per 100.000 penduduk dengan angka kematian 17 per 100.000 penduduk.

Gaya hidup yang kurang sehat serta asupan makanan yang buruk dianggap dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, ada beberapa kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan kanker payudara. Apa saja?

1. Mengonsumsi pil KB

Sebuah penelitian yang diterbitkan Cancer Research pada 2014 mengatakan jika perempuan berumur 20 hingga 49 tahun yang mengonsumsi pil KB dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen pada pil KB yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. 

2. Malas bergerak

Kurangnya aktivitas fisik berkaitan erat dengan perubahan berat badan. Sehingga tubuh yang mengalami peningkatan berat badan akan otomatis berisiko terkena kanker payudara. 

Nggak Nyangka, 9 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

3. Merokok

Merokok memang punya reputasi buruk terkait kesehatan. Ternyata, wanita yang memiliki kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko munculnya kanker payudara. Tidak hanya itu, jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, maka dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit lain saat pengobatan kanker payudara sedang dijalankan.

4. Makan pada tengah malam

Berhati-hatilah bagi kamu yang suka menyantap makanan saat tengah malam. Sebab, glukosa yang dikonsumsi tubuh saat malam tidak akan berubah menjadi energi karena sistem metabolisme tubuh yang lambat. Akibatnya, glukosa yang tinggi dan menetap dalam tubuh dapat meningkatkan gula darah dan memicu kanker payudara.

5. Tidur dalam keadaan televisi menyala

Apa hubungannya antara televisi menyala saat tidur dengan risiko kanker payudara? Faktanya, studi yang diterbitkan Environmental Health Perspectives Journal pada 2010 menemukan bahwa cahaya yang dipancarkan televisi selama kita tidur dapat mengacaukan hormon melatonin.

Akibatnya, cahaya tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara dan juga kanker prostat.

Nggak Nyangka, 9 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

6. Bekerja shift malam

Menurut studi yang diterbitkan British Medical Journal, bekerja shift malam juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Hal ini disebabkan tekanan melatonin serta faktor-faktor lain, seperti gangguan tidur, kurang vitamin D, serta gaya hidup yang tidak sehat. Hal-hal ini menjadi satu keterkaitan yang memicu kanker payudara.

7. Konsumsi junk food

Kebiasaan mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Tingginya kandungan bahan pengawet pada makanan cepat saji menjadi salah satu faktor berbahaya yang dapat mengancam kesehatan.

Selain itu, faktor tersebut juga yang menjadi penyebab meningkatnya risiko terkena kanker payudara bagi perempuan

8. Menunda kehamilan

Keputusan untuk tidak memiliki anak atau menunda kehamilan dalam usia 30 tahun ke atas ternyata berpotensi risiko kanker payudara. Hal ini karena menunda kehamilan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon reproduksi dalam tubuh dan memicu timbulnya kanker payudara.

Nggak Nyangka, 9 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

9. Memakai bra yang terlalu ketat

Menggunakan bra yang terlalu ketat juga bisa meningkatkan risiko timbulnya kanker payudara. Sebab, aliran darah yang menuju ke payudara terhambat. Selain itu, menggunakan bra yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan nyeri punggung.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan kanker payudara. Hindari ya, Bela.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Waspada!"

Baca Juga: Bermanfaat, 6 Makanan ini Kurangi Risiko Kanker

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Dan Cara Penyebarannya!

Baca Juga: 5 Masker Alami untuk Merawat Keindahan Payudara