Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berteman dengan Youtuber Jepang Kontroversial, Yuta NCT Dikritik 

Warganet Korea Selatan tuntun permintaan maaf

Meidiana Aprilliani

Salah satu anggota boy group NCT, Yuta, baru-baru ini menjadi sasaran kritik warganet Korea Selatan. Ternyata, hal ini terjadi setelah Yuta mengatakan bahwa ia menjalin hubungan persahabatan dengan seorang Youtuber asal Jepang bernama Rheekun atau Ligun. 

Ada apa ya sebenarnya?

1. Awalnya sedang menyapa fans di siaran langsung

M.kpopherald.com

Awalnya, anggota NCT yang berasal dari Jepang ini diketahui sedang menyapa para penggemarnya, NCTzen, di siaran langsung V LIVE. Pada siaran itu, Yuta awalnya hanya menceritakan kesibukannya saat ini bersama NCT. Namun, kemudian ia juga menceritakan tentang hubungan pertemanannya saat ini, salah satunya bersama Rheekun atau Ligun ini. 

“Akhir-akhir ini aku juga dekat, tidak yakin apakah kamu mengenalnya, dia adalah seorang Youtuber bernama Rhee-kun. Aku dekat dengannya belakangan ini. Kami bertemu kemarin juga," ujarnya. 

2. Dikenal sebagai youtuber yang anti Korea

Instagram.com/rheekun_gaessaekki

Rheekun sendiri adalah seorang Youtuber asal Jepang yang dikenal anti Korea dan pro Jepang. Hal ini terlihat dari unggahan yang menampilkan  dirinya sedang berada dalam aksi protes yang mengecam pemerintahan Korea Selatan. Terlihat juga sebuah poster di tangannya yang bertuliskan  “Moon Jae In (Presiden Korea Selatan) telah merusak ekonomi yang diselamatkan Park Geun Hye (Presiden Korea Selatan sebelumnya)!”.

3. Mengunggah konten yang melecehkan perempuan hingga menyatut nama mendiang Sulli dan Jonghyun

Allkpop.copm

Tak sampai di situ, Rheekun juga pernah mengunggah konten untuk YouTube-nya dengan gambar dan judul thumbnail yang melecehkan perempuan. 

"Bagaimana berhubungan s*ks dengan gadis Korea cantik yang telah melakukan operasi plastik," tulisnya dalam judul video yang diunggahnya.  

Hal yang membuat publik Korea kian kesal, Rheekun diketahui pernah membuat konten dengan pencatutan nama mendiang Sulli dan Jonghyun sebagai click-bait. 

4. Rheekun diduga sebagai pelaku kejahatan seksual

Insight.co.kr

Selain itu, pernah muncul desas-desus yang mengatakan bahwa Rheekun juga adalah seorang pelaku kejahatan seksual (sex offender). Meskipun begitu, belum ada informasi pasti mengenai rumor ini.  

5. Pernyataan Yuta dianggap sensitif karena sejarah Korea Selatan dan Jepang yang kurang baik

Dok. Internet

Pernyataan Yuta ini pun kemudian memancing banyak kritik dari warganet Korea Selatan. Banyak dari mereka yang mengecam Yuta karena telah terang-terangan mengatakan bahwa ia berhubungan dekat dengan Youtuber yang anti Korea. 

Selain itu, pernyataan Yuta ini dianggap sensitif, mengingat Korea dan Jepang diketahui punya masa lalu kelam yang masih terus dibicarakan. Selain itu, hubungan antara kedua negara ini saat ini juga dalam keadaan yang kurang kondusif.  

6. Yuta telah berhenti mengikuti Rheekun di Instagram

Dok. Internet

Setelah situasi kian memanas, Yuta akhirnya diketahui telah berhenti mengikuti Rheekun di Instagram. Tidak ada lagi profil instagram Rheekun, Rheekun_gaessaekki, dalam kolom following-nya. 

7. Belum ditanggapi SM Entertaiment

Teenvogue.com

Meski telah berhenti mengikuti Rheekun di Instagram, publik tetap menuntut permintaan maaf Yuta secara resmi. Namun, hingga saat ini agensi yang menaungi NCT, SM Entertaiment, belum juga memberikan keterangan apapun terkait masalah ini. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life