Keberadaan fans di mata seorang idol tentu memiliki peran yang cukup penting. Sebuah istilah mengungkapkan bahwa tanpa fans, seorang idol tidak akan menjadi apa-apa. Cinta seorang fans terhadap idol membuat mereka merasa dihargai, disayangi, sekaligus meningkatkan citra mereka di mata publik.  

Namun, apa jadinya jika rasa cinta terhadap idol berubah menjadi sebuah obsesi untuk mengetahui segala hal, hingga lupa bahwa ada ruang privasi yang perlu dijaga. Hal inilah yang tak berlaku pada sejumlah sasaeng fans atau dikenal sebagai penggemar yang hobi memasuki kehidupan pribadi sang idola, tanpa peduli apakah tindakannya meresahkan atau mengancam keselamatan orang lain. Bagi sasaeng fans, mengetahui lebih dulu ranah pribadi sang idol adalah kepuasaan untuknya. 

Kali ini, perilaku sasaeng fans menimpa grup pria besutan SM Entertainment, NCT. Sejumlah member NCT mengeluhkan tindakan sasaeng fans yang meresahkan. Kira-kira, perilaku apa yang dilakukan oleh sasaeng sampai bikin NCT dan NCTzen geram? Keep scrolling, Bela. 

1. Mengusik kenyamanan asrama member NCT

Privasi Diusik, Deretan Perilaku Sasaeng Fans ke NCT Ini Bikin GeramTwitter.com/soompi

Dalam siaran V Live, Taeyong (leader NCT 127) dengan tegas menegur perilaku sasaeng fans yang menguntit para member sampai ke asrama. Kehadiran meraka membuat dirinya dan para member merasa sangat tidak nyaman.

Alih-alih merasa dicintai, Taeyong malah merasa tindakan sasaeng fans sungguh meresahkan. Ia pun tidak ingin mendapatkan cinta yang berlebihan seperti ini. Ia berharap para sasaeng dapat mendukung mereka dengan cara yang lebih sopan dan baik, tanpa menganggu ranah pribadi mereka.

Nggak hanya terjadi sekali, Taeyong juga pernah mendapat panggilan dari nomor tak dikenal saat melakukan siaran. Daripada repot menjawabnya, Taeyong hanya berkata "Tolong, jangan hubungi aku.

Namun, yang namanya sasaeng pasti mereka tak berhenti sampai idol yang diganggunya merasakan kemarahan. Alhasil, Taeyong harus mengganti nomor ponselnya demi terhindar dari ulah sasaeng. Benar-benar menjengkelkan, NCTzen. 

2. Mengusik pekerjaan seorang pramugari.

Privasi Diusik, Deretan Perilaku Sasaeng Fans ke NCT Ini Bikin GeramFy-nct.com

Nggak hanya mengganggu di asrama member NCT saja, sasaeng fans juga berulah dengan mengusik pekerjaan seorang pramugari. Menurut salah satu pramugari di sebuah maskapai penerbangan. Dirinya pernah satu pesawat dengan NCT dan sasaeng fans

Dalam forum Pann, ia menceritakan kalau dirinya disuruh oleh sasaeng fans untuk mengumpulkan sampah yang tersisa dari bangku member NCT. Selain itu, seorang netter yang melihat sasaeng turut menggambarkan betapa mengkhawatirkan perilaku sasaeng fans ini. Wah, sampai menganggu kenyamanan publik para sasaeng ini. 

3. Mengunggah foto mabuk member NCT

Privasi Diusik, Deretan Perilaku Sasaeng Fans ke NCT Ini Bikin GeramAllkpop.com

Beberapa pekan lalu, Haechan sempat mengeluhkan keberadaan sasaeng fans yang mengganggu dalam sebuah siaran V Live. Usai ditegur secara langsung oleh Taeyong dan Haechan, sasaeng fans bukannya berhenti menguntit dan melakukan intropeksi diri. Malahan, ulah mereka semakin menjadi. 

Keluhan Haechan ditanggapi dengan aksi balasan yang memperkeruh suasana. Salah satu sasaeng mengunggah foto Haechan saat mabuk pada 7 Juni 2020. Di foto tersebut, terlihat Haechan sedang pergi keluar bersama seorang teman dan terjatuh karena kondisinya tidak stabil. 

Tersebarnya foto 'memalukan' tersebut menimbulkan banyak speskulasi dan opini yang beragam dari netter. Tetapi, penggemar yakin bahwa foto tersebut sengaja diunggah agar citra Haechan di mata publik menjadi jelek dan berdampak pada popularitas NCT. Waduh, semoga kondisi psikis Haechan baik-baik saja, ya. 

4. Mengganggu siaran langsung member NCT

Privasi Diusik, Deretan Perilaku Sasaeng Fans ke NCT Ini Bikin GeramSoompi.com

Fenomena mengetahui nomor ponsel seorang idol sudah bukan hal asing di dunia Kpop. Bahkan, sasaeng fans tak segan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi mendapat nomor ponsel tersebut. 

Nah, untuk mengetahui keaslian nomor tersebut, nggak jarang mereka melakukan aksi konyol dan menyebalkan dengan menelpon nomor sang idol di siaran langsung seperti yang dialami oleh Jeno ketika dirinya, Jaemin dan Jisung. Kali ini, Jeno yang mendapatkan panggilan masuk, hingga siaran harus tertunda beberapa saat. 

Saat melihat siapa yang menelponnya, Jeno memalingkan wajah dan mengatakan kalau itu bukan panggilan biasa, artinya panggilan tersebut adalah ulah sasaeng fans yang tak kenal lelah mengusik kapan pun dan dimana pun.  

Tak hanya terjadi pada Jeno, Doyoung juga merasakan hal serupa. Ia sempat diinterupsi saat siaran V Live pada 7 Mei 2020 lalu. Di tengah siaran, terlihat Doyoung beberapa kali melihat ponselnya, ternyata panggilan masuk tersebut dari seorang sasaeng

Dengan sikap bijak dan tenang, Doyoung hanya mengatakan "Kamu tahu nggak kalau aku mau menyanyikan sebuah lagu? Tolong, jangan telepon lagi!". Ia sampai meminta maaf kepada penggemar, lho, karena tindakan meresahkan dari sasaeng fans-nya. 

5. Mengabaikan ruang pribadi NCT saat di bandara

Privasi Diusik, Deretan Perilaku Sasaeng Fans ke NCT Ini Bikin GeramSoompi.com

Di mana pun, sasaeng berada tampaknya mereka nggak pernah peduli dengan lingkungan sekitar atau ruang pribadi orang lain. Fokus mereka hanya mendapat foto atau video dari sang idol dari jarak dekat, tapi melihat apakah sang idol merasa nggak nyaman atau tidak. 

Hal ini terjadi pada Jaehyun saat ia berada di bandara Incheon, Korea. Sebuah video singkat, menampilkan raut wajah dirinya dan member NCT yang menahan lelah dan amarah karena aksi tidak sopan beberapa sasaeng fans. Mereka terlihat terlalu dekat dengan Jaehyun dan member NCT lain. Banyaknya kerumunan membuat Jaehyun terlihat sangat tidak nyaman. 

Melihat situasi tidak terkendali, petugas kemanan mencoba menaikkan intonasi kepada beberapa sasaeng agar memberi ruang buat para member. Tapi, lagi-lagi teguran itu hanya angin lalu buat mereka. NCTzen sampai dibikin geram karena tindakan sasaeng fans yang nggak bertanggung jawab tersebut. 

Tak ayal, seruan kekesalan menggema dari netter di sosial media. Salah satunya mengungkapkan, "Tolong, hormati mereka. Aku tidak peduli jika kamu ingin melihat mereka atau alasan omong kosong apa pun. Tetapi, mereka juga manusia yang pantas menerima ruang pribadi! Mohon untuk tampilkan kesopanan kalian dalam ruang publik."

Cintai idol sewajarnya biar mereka merasa nyaman dan bahagia bertemu dengan penggemar, tanpa merasa takut. Jangan sampai berlebihan, ya, Bela.

Baca Juga: Trending Karena Balas Tweet Penggemar, Ini 7 Fakta Jaehyun NCT

Baca Juga: Yoona 'SNSD' dan 7 Perempuan yang Pernah Dekat dengan Member NCT

Baca Juga: NCTzen, 8 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Gemas Sama Member NCT