Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar 30 Grup K-Pop yang Debut di 2022, Kamu Termasuk Stan Mereka?

Banyaknya grup yang debut memenuhi generasi empat

Evelyn Anggraini

Melihat perkembangan industri K-pop yang kian pesat, terkadang rasanya sulit untuk tetap mengikuti informasi terbaru persoalan grup yang debut setiap tahunnya. Akan tetapi, beberapa di antaranya masih bisa menyita perhatian K-Popers, mulai dari girlgroup hingga boygroup.

Tentunya, setiap grup memiliki ciri khas konsepnya masing-masing, namun tak jarang ada yang terkesan sama dengan yang lainnya sehingga menimbulkan kurangnya keberagaman musik. Meskipun begitu, grup K-Pop yang debut pada tahun ini rupanya memiliki penggemar secara global hingga menoreh prestasi dan penghargaan sampai tingkat internasional.

Lantas, siapa saja grup K-pop yang mulai merintis kariernya di tahun ini? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini Popbela berikan daftar 30 grup K-pop yang debut di 2022. Check it out!

1. GOT the beat

instagram.com/girlsontop_sm

GOT the beat merupakan grup sub-unit perempuan pertama besutan SM Entertainment, sebagai suatu proyek girlgroup terbarunya yang bertajuk Girls on Top. Proyek grup super ini terdiri tujuh artis perempuan naungan SM yang berasal dari berbagai generasi. Grup ini mengusung konsep dengan lagu dan penampilan gerakan yang intens.

Tujuh anggota tersebut, di antaranya BoA, Taeyeon dan Hyoyeon 'Girls' Generation', Seulgi dan Wendy 'Red Velvet', dan terakhir Karina bersama Winter dari aespa. GOT the beat memulai debut-nya pada 3 Januari dengan penampilan pertama ketika sebagai performance artist dalam konser online 2021 SMTOWN Live—SMCU Express @Kwangya. Mereka pun juga memiliki lagu perdana dengan judul "Step Back".

2. Kep1er

WAKEONE, Swing Entertainment

Kep1er adalah grup beranggotakan sembilan perempuan yang terbentuk dari acara reality kompetisi Mnet, yakni Girls Planet 999. Para anggotanya berasal dari berbagai negara, tidak hanya dari Korea Selatan, tetapi juga Jepang dan Tiongkok. Kesembilan anggota tersebut terdiri dari Choi Yujin, Xiaoting, Mashiro, Kim Chaehyun, Kim Dayeon, Hikaru, Huening Bahiyyih, Seo Youngeun, dan Kang Yeseo.

Uniknya, beberapa member-nya pernah menjadi bagian dari grup K-pop yang pernah debut sebelumnya, seperti Choi Yujin dari CLC dan Kang Yeseo dari Busters dan juga CutieL. Memulai kariernya pada 3 Januari, mereka merilis lagu pertama mereka dengan judul "Wa Da Da".

3. H1-KEY

instagram.com/glg__official

Disebut dengan High-Key, grup ini mengusung konsep percaya diri dan healthy beauty. H1-KEY adalah girlgroup besutan label musik Grandline Group (GLG) dan Sony Music Korea. Grup ini beranggotakan empat personel, yakni Seoi, Riina, Hwiseo, dan Yel. Sebelumnya, salah satu personelnya dulu, Sitala meninggalkan grup pada 25 Mei 2022. Kemudian, Hwiseo menggantikannya sebagai anggota baru pada 14 Juni 2022.

Menariknya, Riina adalah mantan kontestan dari acara survival Produce 48 dan mantan anggota dari tim pre-debut, WM Ggumnamu. H1-KEY memulai debut-nya pada 5 Januari dengan merilis album single-nya berjudul Athletic Girl.

4. TRENDZ

instagram.com/trendz_offcl

TRENDZ adalah grup idol pertama dari sub-label musik Interpark, yaitu Interpark Music Plus. Grup ini terdiri dari tujuh anggota, di antaranya Havit, Leon, Yoonwoo, Hankook, ra.L, Eunil, dan Yechan. Semua personel, kecuali Yoonwoo, dulunya merupakan grup pre-debut bernama Daily H Boys di bawah naungan NH Media.

Salah satu member-nya, Havit, adalah kontestan dari acara realita kompetisi buatan JTBC, MIXNINE pada 2017. Mereka resmi debut sebagai grup pada 5 Januari, dengan mengeluarkan EP bertajuk Blue Set Chapter 1. Tracks, dengan single-nya "TNT (Truth & Trust)".

5. JinJin & Rocky

Fantagio

JinJin & Rocky adalah sub-unit resmi kedua dari boygroup ternama, ASTRO. Sub-unit ini terdiri dari main rappers grup mereka, yakni JinJin dan Rocky. Mereka melakukan debut-nya pada 17 Januari dengan merilis mini album Restore serta single pertamanya berjudul "Just Breathe".

6. Mamadol

instagram.com/tvn_mamadol

Debut pada 28 Januari, Mamadol—disingkat M.M.D—adalah proyek girlgroup dari acara realitas tvN bernama Mama The Idol. Acara tersebut menghadirkan para mantan idol K-Pop populer pada masanya, namun harus meninggalkan kariernya lantaran telah berkeluarga dan menjadi seorang ibu. Mereka pun bersatu dalam grup yang beranggotakan enam orang, di antaranya Kahi, Jungah, Byul, Yang Eunji, Hyun Jyuni, dan Sunye.

Anggota yang paling ternama adalah Kahi (mantan anggota After School), Park Jung Ah (mantan anggota Jewelry), dan Sunye (mantan anggota Wonder Girls). Grup ini juga merilis debut single mereka dengan judul "WooAh Hip".

7. VIVIZ

BPM Entertainment

Girlgroup pertama dari naungan BPM Entertainment, VIVIZ, yang beranggotakan dari ketiga personel GFRIEND, yaitu Eunha, SinB, and Umji. Nama grup tersebut merupakan singkatan dari VIVId dayZ, yang merefleksikan suatu gambaran seorang artis yang dapat memancarkan sinarnya dengan percaya diri dan menunjukkannya kepada dunia. Debut pada 9 Februari, mereka juga mengeluarkan single pertamanya dengan judul "Bop Bop!"

8. JWiiver

instagram.com/jwiiver__official

JWiiver adalah boygroup berjumlah tujuh personel di bawah naungan Starweave Entertainment. Mereka melakukan debut-nya pada 17 Februari dengan mini album Jtrap. Awalnya disebut sebagai JTG Boys, mereka diperkenalkan kembali sebagai JWiiver pada 7 Februari dengan dua anggota pertama, Shita dan Rihan. Di hari selanjutnya, mereka memperkenalkan Ryujei dan Roshin. Hingga pada 9 Februari, mereka mengumumkan GabinK, Raots, dan JuKang, yang sebelumnya tidak tergabung dalam bagian JTG Boys.

9. NMIXX

JYP Entertainment

NMIXX adalah girlgroup terbaru dari sub-label JYP Entertainment, yakni SQU4D. Grup ini beranggotakan tujuh personel, di antaranya Lily, Haewon, Sullyoon, Jinni, Bae, Jiwoo, dan Kyujin. Huruf "N" pada nama grup ini memberikan makna sebagai "now, new, close and the unknown", sedangkan "MIXX" berartikan kombinasi dan keberagaman. Mereka mengeluarkan debut single album bertajuk AD MARE dengan lagu "O.O" dan juga "TANK" pada 22 Februari lalu.

10. Black Level

VT Entertainment

Black Level terdiri dari enam anggota, yakni Uin, Intae, Younghoon, Hosu, Taeyoung, dan Ze:U yang bergabung ke label musik VT Entertainment. Sebelumnya, Taeyoung dan Younghoon adalah mantan anggota boygrup dari Seven O'clock. Debut pada 26 Februari, mereka juga merilis mini album pertama bernama New-Start.

11. TEMPEST

Yue Hua Entertainment

Boygroup besutan Yue Hua Entertainment, TEMPEST, beranggotakan tujuh personel, di antaranya Hanbin, Hyungseop, Hyuk, Eunchan, Lew, Hwarang, dan Taerae. Sebelumnya, Hyungseop dan Lew—juga dikenal sebagai Eui Woong—telah lebih dulu meniti kariernya sebagai duo HyeongseopXEuiwoong di agensi yang sama. TEMPEST mengeluarkan debut single-nya dengan judul "Bad News" dan resmi debut pada 2 Maret lalu.

12. TAN

instagram.com/tan__official_

TAN, merupakan singkatan dari "To All Nations", adalah proyek boygroup yang terbentuk dari acara kompetisi idol MBC, Wild Idol. Program acara tersebut menghadirkan 45 kontestan laki-laki dan mereka harus mengikuti outdoor bootcamp yang ekstrem dan pelatihan fisik yang keras demi berkesempatan untuk debut.

TAN terdiri dari 7 anggota, yakni Taehoon, Hyunyeop, Sunghyuk, Jiseong, Jooan, Jaejun, dan Changsun. Mereka memulai debut pada 10 Maret dengan single-nya yang berjudul "Du Du Du".

13. XG

Situs xgalx.com

XG adalah girlgroup asal Jepang yang berbasis di Korea Selatan. Istilah "XG" merupakan singkatan dari Xtraordinary Girls yang bertujuan sebagai aspirasi bagi grup ini untuk memberdayakan kaum muda di seluruh dunia dengan gaya musik dan penampilan mereka yang segar dan inovatif. 

Grup ini terbentuk oleh Xgalx, suatu label Jepang bernama Avex. Mereka terdiri dari tujuh anggota, di antaranya Jurin, Chisa, Hinata, Juria, Cocona, Maya, dan Harvey. Mereka melakukan debut-nya pada 18 Maret dengan perilisan single digitalnya, "Tippy Toes".

14. NINE.i

FirstOne Entertainment

NINE.i adalah boygroup dari FirstOne Entertainment dengan namanya yang dapat diartikan sebagai "Everyday New I". Grup ini beranggotakan 10 personel yang terdiri dari Eden, Winnie, Jewon, Minjun, Vahn, Vari, Seowon, Taehun, Joohyoung, dan Jiho. Mereka memulai debut pada 30 Maret dengan perilisan lagu pertama mereka yang berjudul "Parallel Universe".

15. ILY:1

FC ENM

ILY:1 adalah girlgroup beranggotakan enam orang yang terdiri dari Hana, Ara, Rona, Ririka, Nayu, dan Elva. Nama “ILY” diartikan sebagai singkatan dari “I Love You”, sedangkan angka “1” direpresentasikan pesona keunikan setiap anggotanya yang berkumpul menjadi satu. Keempat anggota dari grup ini, Hana, Ara, Rona, dan Ririka, sebelumnya merupakan mantan kontestan dari acara kompetisi K-pop “Girls Planet 999".

Grup besutan FC ENM ini debut pada 4 April dengan perilisan lagunya "Love in Bloom".

16. YOUNITE

Situs kpop.fandom.com

Younite adalah boyband asal Korea Selatan yang terbentuk dari label Brand New Music. Grup ini berjumlah sembilan personel, di antaranya Eunho, Steve, Hyunseung, Eunsang, Hyungseok, Woono, Dey, Kyungmun, dan Sion. Younite memiliki arti sebagai "YOU and I: we are connected". Grup ini telah meresmikan debut-nya pada 20 April lalu dengan EP pertama mereka yang bernama Youni-Birth.

17. LE SSERAFIM

Situs allkpop.com

Terbentuk oleh label Source Music dan HYBE Corporation, LE SSERAFIM telah membuat gemparan dengan EP debut mereka, Fearless, bersama single lainnya yang juga catchy, "Blue Flame" dan "Sour Grapes". Saat ini, LE SSERAFIM beranggotakan lima orang, yaitu Chaewon, Sakura, Yunjin, Kazuha, dan Eunchae. Sebelumnya, Garam juga termasuk dalam keanggotaan, namun harus meninggalkan grup lantaran kasus yang menimpanya.

Uniknya, Chaewon dan Sakura merupakan mantan anggota dari grup sebelumnya, IZ*ONE. Sedangkan Yunjin awalnya adalah salah satu kontestan acara survival, Produce 48. LE SSERAFIM meresmikan debut-nya pada 2 Mei lalu. Keunikan dari nama grup ini adalah permainan kata dari “I’m Fearless”, seperti salah satu bait yang ada di lagu mereka.

18. CLASS:y

instagram.com/m25_classy

CLASS:y adalah girlgroup Korea Selatan yang terbentuk dari acara kompetisi realita MBC, My Teenage Girl (2021-2022). Dikelola bersama M25, sub-bagian dari MBK Entertainment dan Universal Music Japan, grup ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari Won Jimin, Kim Seonyou, Myung Hyungseo, Hong Hyeju, Kim Riwon, Park Boeun, dan Yoon Chaewon. Mereka resmi debut pada 5 Mei dengan EP perdana mereka dengan nama Class Is Over.

Nama CLASS:y sebelumnya merupakan saran dari para penonton My Teenage Girl melalui Naver dan terpilih oleh M25. Nama tersebut terinspirasi dari pesona berkelas dari para anggota dan juga mengikuti tema sekolah dari acara kompetisi itu, referensi dari “Class” dan “Highest Grade”.

19. TNX

instagram.com/official.tnx

TNX, singkatan dari The New Six, adalah boyband Korea Selatan yang terbentuk dari program audisi survival, LOUD by P Nation, label musik milik PSY. Seperti namanya, TNX berartikan “The New Six”, yang merujuk pada enam anggota yang termasuk dalam debut lineup grup tersebut.

Grup ini beranggotakan Kyungjun, Taehun, Hyunsoo, Junhyeok, Hwi, dan Sungjun. Grup ini debut pada 17 Mei dengan perilisan EP pertamanya yang bernama Way Up.

20. BLANK2Y

instagram.com/blank2y_official

BLANK2Y adalah boygroup berjumlah sembilang orang besutan Keystone Entertainment. Para anggotanya terdiri dari DK, Louis, Donghyuk, U, Siwoo, Mikey, Youngbin, Sungjun, dan So Dam. Mereka sebelumnya telah melakukan acara realita mingguan pra-debut yang tayang pertama kali pada 20 Maret lalu.

Makna dari nama grup tersebut berasal dari kata "BLANK" dan "KEY" yang berartikan sebagai sebuah kinci untuk membuka ruang kosong. Hal ini merujuk pada orang yang memiliki kekosongan hati dan hadirnya BLANK2Y akan menyembuhkannya dengan mengisi harimu. Grup ini juga meresmikan debut-nya pada 24 Mei dengan EP pertamanya bertajuk K2Y I : Confidence [Thumbs Up].

21. Lapillus

instagram.com/official.lapillus

Lapillus adalah girlgroup Korea yang terbentuk oleh MLD Entertainment. Grup ini beranggotakan enam orang, di antaranya Chanty, Shana, Yue, Bessie, Seowon, dan Haeun. Nama dari grup ini berasal dari sebuah kata berbahasa Latin yang berartikan berlian spesial yang bersinar dengan beragam spektrum warna tergantung arah cahaya datang. Debut pada 20 Juni, mereka meriliskan digital single perdananya yang berjudul "Hit Ya!".

22. CHOBOM

instagram.com/official.apink2011

CHOBOM adalah grup sub-unit kedua dari girlgroup Apink yang beranggotakan Chorong dan Bomi. Keunikan dari nama grup ini adalah selain singkatan dari nama mereka, tetapi juga dapat diartikan sebagai awal musim semi dalam bahasa Korea. Mereka memulai debut pada 12 Juli dengan single albumnya yang berjudul "Copycat".

23. WSG Wannabe

instagram.com/wsg_wannabe

WSG Wannabe merupakan supergrup asal Korea Selatan yang terbentuk dari acara varietas MBC, Hangout with Yoo, dan sebagai rekan grup dari MSG Wannabe yang lahir di tahun sebelumnya. Grup yang resmi debut pada 26 Mei 2022 ini terdiri dari dua belas anggota, mulai dari aktris, penyanyi, hingga idola K-Pop, di antaranya Yoon Eunhye, Navi, Lee Boram, Kota 'Sunny Hill', Park Jinjoo, Jo Hyunah 'Urban Zakapa', Sole, Soyeon 'Laboum', Eom Jiyoon, Kwon Jin-ah, Hynn dan terakhir Jung Jiso.

Nama dari grup ini rupanya suatu bentuk parodi dari grup K-Pop sebenarnya, yaitu SG Wannabe. Pada salah satu episode dari acara varietas Hangout with Yoo, yang tayang pada 9 Juli, WSG Wannabe terbagi dalam tiga tim dan merilis tiga lagu sekaligus, yakni "At That Moment", "I Missed You", dan "Clink Clink", serta menampilkannya kepada publik untuk pertama kali.

24. CSR

instagram.com/csr.offcl

CSR adalah girlgroup Korea Selatan yang dikelola oleh A2Z Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang yang terdiri dari Sua, Geumhee, Sihyeon, Seoyeon, Yuna, Duna, dan Yeham—menjadi anggota termuda di usia 17 tahun dalam industri K-Pop. Nama CSR merupakan singkatan dari kata Cheotsarang, yang berarti cinta pertama.

Agensinya menyatakan bahwa nama tersebut dalam artian luas, yakni semua anggota yang berusia tujuh belas tahun dapat menunjukkan berbagai interpretasi cinta pertama dan menceritakan kisah pertumbuhan anggota dari tahun ke tahun. CSR telah meresmikan debut-nya pada 27 Juli dengan perilisan EP pertama mereka bertajuk Sequence: 7272.

25. NewJeans

Situs kprofiles.com

NewJeans adalah girlgroup besutan ADOR, sub-label dari HYBE Corporation. Grup ini beranggotakan lima orang, yang terdiri dari Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein. Awalnya, NewJeans merilis lagu "Attention" pada 22 Juli, kemudian berlanjut ke EP-nya yang bernama NewJeans. Nama dari grup ini memiliki dua makna, dari gagasan bahwa jeans adalah item fesyen abadi, artinya NewJeans ingin mengukir citra abadi untuk diri mereka sendiri. Selain itu, NewJeans berasal dari permainan kata "new genes" yang merujuk pada grup yang mengantarkan generasi baru musik pop.

26. CocaNButter

instagram.com/ cocanbutter_official

Tak disangka-sangka bahwa grup penari Korea Selatan ini yang berada di naungan MLD Entertainment ternyata pernah merilis single album. CocaNButter beranggotakan enam orang, di antaranya Ri.hey, ZSun, Gaga, Bicki, Jillin, dan Beebi. Mereka awalnya terbentuk pada 2018 dan menjadi grup penari aliran hip-hop dan dancehall—tarian menggunakan musik populer Jamaika di akhir tahun 70-an.

Mereka meraih kepopuleran setelah berpartisipasi dalam kompetisi tari dari Mnet, Street Woman Fighter. Lalu, CocaNButter meresmikan debut-nya sebagai grup musik dengan single pertama mereka, "Mi Deh Yah" ft. KOONTA pada 6 Oktober 2022, dengan lineup empat orang, Ri.hey, ZSun, Gaga, dan Bicki.

27. AIMERS

instagram.com/aimers_amrs

AIMERS adalah boygroup asal label musik Hyper Rhythm yang beranggotakan enam personel, yakni Seunghyun, Eunjun, Doryun, Yoel, Seunghwan, dan Wooyoung. Pada awalnya, grup ini bernamakan B3o1z dengan anggota ketujuh sebelumnya, Ouju. Namun pada 1 November, B3o1z mengubah namanya menjadi AIMERS dan Ouju tidak masuk ke dalam foto profil grupnya. Debut pada 17 November, mereka juga merilis album bertajuk STAGE 0. BETTING STARTS.

28. FIFTY FIFTY

instagram.com/we_fiftyfifty

FIFTY FIFTY merupakan girlgroup berjumlah empat orang dari label musik Attrakt Creative Group. Nama dari grup ini dapat diartikan sebagai perbandingan 50:50, artinya adanya keseimbangan yang ideal dan sesuai realita masing-masing. FIFTY FIFTY terdiri dari Sio, Saena, Keena, dan Aran. Mereka meresmikan debut pada 18 November dengan mini albumnya, The Fifty.

29. XEED

instagram.com/xeed__official

Boygroup asal Korea Selatan besutan Nature Space Entertainment, yakni XEED. Grup ini berjumlah empat personel, di antaranya Doha, Bao, Jaemin, dan Roni. Masih terbilang baru, mereka belum lama ini telah merilis mini album, Dream Land pada 1 Desember kemarin.

30. &TEAM

instagram.com/andteam_official

&TEAM adalah boygroup final yang beranggotakan sembilan orang yang berasal dari program audisi, &Audition -The Howling-. Mereka merupakan boygroup pendatang baru di bawah naungan HYBE Labels Japan. Grup ini terdiri dari K, Fuma, Nicholas, EJ, Yuma, Jo, Harua, Taki, dan Maki. &TEAM telah meresmikan debut-nya baru saja pada 7 Desember kemarin dengan mini album First Howling : ME.

Itulah daftar 30 grup K-pop yang debut di pada tahun ini. Wah, tidak disangka ternyata sebanyak itu, ya, grup muda yang lahir di generasi keempat industri permusikan pop Korea ini. Dari deretan grup di atas, apakah kamu termasuk salah satu stan dari mereka, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life