Sebelumnya, LE SSERAFIM sempat dihantam kontroversi bullying Kim Garam pada awal April lalu. Berbagai 'bukti' bertebaran di media sosial dan adu pendapat antara kedua belah pihak pun terelakkan. 

Menunggu kurang lebih dua bulan, kontroversi Kim Garam 'LE SSERAFIM' menemui titik terang. Pada 20 Juli 2022, HYBE Labels dan Source Music mengumumkan keputusan penting mengenai status Kim Garam di LE SSERAFIM. 

Lantas, keputusan apa yang dibuat agensi untuk Kim Garam? Bagaimana nasib anggota lain di LE SSERAFIM? Melansir Pannchoa, simak kabar terbaru Kim Garam 'LE SSERAFIM' di bawah ini. 

Sempat diisukan balik ke LE SSERAFIM

Buntut Kontroversi Bullying, Ini Status Kim Garam di 'LE SSERAFIM'Allkpop.com

Jauh sebelum keputusan dibuat, orang dalam industri membocorkan bahwa agensi tidak akan mengeluarkan Kim Garam dari LE SSERAFIM secara permanen. Mengurangi aktivitas di media sosial atau layar kaca menjadi 'jurus' agensi untuk mempertahankan Kim Garam kala itu. 

Kim Garam juga sempat muncul di pemotretan majalah Jepang, Nonno edisi Agustus dan diduga beraktivitas di sela-sela masa hiatusnya. Dugaan muncul karena seorang warganet mengunggah foto album bertanda tangan para anggota, termasuk Kim Garam. 

Agensi resmi mengakhiri kontrak eksklusif

Buntut Kontroversi Bullying, Ini Status Kim Garam di 'LE SSERAFIM'Twitter.com/SOURCEMUSIC

Namun, spekulasi warganet terbantahkan oleh keputusan resmi agensi LE SSERAFIM. HYBE Labels dan Source Music memilih untuk mengakhiri kontrak eksklusif Kim Garam bersama grup, LE SSERAFIM. 

"Halo, Ini HYBE / Source Music. Kami ingin menginformasikan kepada kalian sehubungan dengan anggota LE SSERAFIM, Kim Garam dan rencana grup di masa mendatang. Perusahaan kami resmi mengakhiri kontrak eksklusif dengan Kim Garam," ujar agensi. 

Agensi juga memohon maaf dengan tulus kepada penggemar karena kontroversi yang melibatkan anggota membuat semua pihak merasa khawatir. Selain itu, LE SSERAFIM akan melanjutkan aktivitas grup dengan lima orang anggota, yaitu Sakura, Chaewon, Kazuha, Eunchae, dan Yunjin. 

Agensi berharap penggemar dapat memberikan dukungan penuh kepada lima anggota LE SSERAFIM. Mereka turut menekankan tidak akan menyia-yiakan bakat anggota lain. 

Menuai beragam respon dari berbagai pihak

Buntut Kontroversi Bullying, Ini Status Kim Garam di 'LE SSERAFIM'Theqoo.net

Keluarnya Kim Garam LE SSERAFIM langsung menjadi topik panas di media sosial. Kata kunci #Garam, #OMGFINALLY, #LESSERAFIM, dan #SourceMusic juga menghiasi daftar trending topic di Indonesia. 

Berbagai pihak turut merespon kabar hengkangnya Kim Garam dari grup. Di satu sisi, penggemar merasa lega karena anggota lain dapat berpromosi dengan nyaman, tanpa dihantui kontroversi salah satu anggota mereka. 

Namun di sisi lain, warganet mempertanyakan nasib 'korban' Kim Garam dan permintaan maaf agensi kepada korban dengan benar. Mereka juga mengkritik cara agensi menangani kasus ini. 

Itulah status Kim Garam yang resmi keluar dari LE SSERAFIM. Menurut pendapat kamu, apakah keputusan agensi sudah tepat, Bela?

Baca Juga: Kim Garam Ketahuan Lakukan Aktivitas Ini, Pertanda Balik ke Grup?

Baca Juga: Lindungi Kim Garam, Ini Deretan Kebohongan yang Dilakukan Agensi

Baca Juga: 5 Idol K-Pop yang Terlibat Kontroversi Pre-Debut, Terbaru Kim Garam