Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mau Belajar di Luar Negeri? Ini 10 Jurusan Kuliah Terunik di Dunia

Dari jurusan kesenian komik hingga manajemen taman hiburan

Cynthia Claudia

Hari Pelajar Internasional kembali diperingati pada tanggal 17 November lalu, untuk mengenang peristiwa Praha di Perang Dunia ke-2. Layaknya individu yang beranjak dewasa, para pelajar juga disuguhkan berbagai keputusan yang berat ketika memasuki jenjang perkuliahan, salah satunya keputusan memilih jurusan yang tepat. 

Jurusan perkuliahan pasalnya tidak boleh dipilih sembarangan karena berpengaruh pada pemilihan karier di masa depan. Pemilihan jurusan bisa didasarkan oleh minat calon mahasiswa itu sendiri atau prospek kerja di masa depan. 

Berikut adalah 10 jurusan terunik di luar negeri dengan prospek kerja menjajikan yang dilansir Popbela dari berbagai sumber.

1. Pemeliharaan anggur

https://www.onlinecollegeplan.com/

Cornell University di Amerika Serikat menawarkan jurusan pemeliharaan anggur yang berakar pada ilmu kimia, biologi dan pertanian. Jurusan ini mempelajari budidaya panen anggur yang digunakan untuk menghasilkan wine, sehingga mempersiapkan mahasiswa yang ingin menerjuni industri wine. 

Prospek kariernya meliputi pengawas kebun wine, mengelola kilang anggur untuk menghasilkan wine, hingga menjadi seorang sommelier yang memfasilitasi perpaduan hidangan dan wine.

2. Media sosial

thejakartapost.com

University of Florida menawarkan Master of Arts Media dalam Komunikasi Massa dengan spesialis Media Sosial. Program pascasajarna yang digelar online ini mempelajari seluk beluk dari media sosial, mulai dari Teori Komunikasi Massa, Branding Menggunakan Media Sosial dan Media Seluler, Metode Penelitian dalam Komunikasi Digital, dan Metrik dan Evaluasi Media Sosial. 

Media sosial telah mengubah cara orang berhubungan, berinteraksi dan berkomunikasi sehari-hari. Keberadaannya berpengaruh pada kegiatan operasional setiap industri bisnis. Sehingga, prospek karier di bidang media sosial di masa depan akan terus melambung mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat. 

Prospek kariernya meliputi mengembangkan aplikasi media sosial, memantau platform media sosial, hingga mengelola brand image melalui media sosial.

3. Manajemen lapangan golf

Booking.com

University of Maryland menawarkan gelar sarjana ilmu tanaman yang fokus pada jurusan manajemen lapangan golf. Mahasiswa akan mempelajari strategi pengendalian hama, pertumbuhan hama, serta seluk beluk dari pembangunan lapangan golf serta pengendaliannya.

Meskipun terdengar aneh mengingat hal ini bisa dipelajari, namun ternyata industri lapangan golf berakar pada ilmu bioologi yang mendalam. Gelar sarjana ini mempersiapkan karier dalam mengelola lapangan golf, manajemen lapangan olahraga, atau posisi manajemen atletik lainnya.

4. Ekogastronomi

popbela.com/AyuUtami

Universitas yang menawarkan jurusan Ekogastronomi pertama kali adalah University of New Hampshire pada tahun 2006. Ekogastronomi disebut sebagai ilmu yang mempelajari pendekatan konsumsi yang berupaya mengurangi dampak produksi dan konsumsi makanan terhadap lingkungan. Mahasiswa yang mempelajari ilmu ekogastronomi akan terjun ke indsutri perhotelan, nutrisi, hingga pertanian. 

5. Kesenian komik

https://www.onlinecollegeplan.com/

The Minneapolis College of Art and Design menawarkan gelar sarjana dalam kesenian komik. Jurusan unik ini membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk menggeluti industri pembuatan komik baik itu dalam bentuk digital atau cetak. Pembelajarannya pun meliputi pengembangan alur cerita, karakter, hingga seni pembuatan komik.

Komik merupakan salah satu bentuk media cetak yang menarik perhatian para pembaca hingga saat ini. Visualnya yang berbasis gambar pun menarik perhatian pembaca dari segala usia.

6. Manajemen taman hiburan

onlinecollege

Tertarik mempelajari seni perkembangan taman hiburan? Mungkin jurusan ini cocok untukmu, Bela! Universitas Ohio menawarkan gelar Magister Manajemen di bidang Taman Hiburan.

Terlepas dari taman hiburan yang membawa kenangan indah, dibutuhkan ilmu untuk merancang, mengembangkan, mengoperasikan dan memeliharanya. Gelar sarjana ini mempersiapkan mahasiswa untuk berkarier mengelola taman hiburan, mulai dari merancang, membangun peralatan dan wahana di taman hiburan.

7. Kesenian pewayangan

suaratuhan.blogspot.com

Kesenian Pewayangan merupakan salah satu jurusan unik yang ditawarkan Universitas Connecticut. Jurusan ini mempelajari proses pembuatan wayang atau boneka, pembuatan maskot, jalan cerita pewayangan, hingga studi drama dan teater yang meliputi perwayangan. Maka, jurusan ini cocok bagi kalian yang tertarik mendalami ilmu cara mengatur sebuah penampilan pewayangan. 

8. The Beatles

pexels.com

Nama jurusan ini diambil dari nama band terkemuka yang berasal dari Inggris, The Beatles. Band ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh di industri musik, sehingga diluncurkan sebagai program pascasarjana di University of Liverpool. Program ini mempelajari seluk beluk musik The Beatles yang memengaruhi budaya negara, pembangunan identitas, etnis, dan industri musik itu sendiri. 

9. Ilmu olahraga dan gerak

wellandgood.com

Jurusan unik ini mengajarkan teori dan praktik mengenai ilmu gerakan senam yang berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran tubuh. Jurusan ilmu olahraga gerak juga ditawarkan oleh Lewis University.

Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari perilaku motorik tubuh, fisiologi olahraga, biomekanik, dan lain-lain. Prospek kerja bagi lulusan jurusan ini adalah menjadi ahli gizi, pelatih olahraga dan kebugaran, dan lain-lain. 

10. Bisnis dan teknologi penyelaman

instagram.com/ puremichigan

Florida Keys Community College menawarkan jurusan unik ini yang mengajarkan manajemen bisnis penyelaman hingga prosedur penyelaman dan penyelaman darurat. Kalian yang memilih jurusan ini akan berkarier di bidang penyelaman, sebagai peneliti laut atau bahkan fotografer di bawah laut? 

IItulah 10 jurusan kuliah paling unik yang tersedia di seluruh dunia. Bagi Bela yang tertarik kuliah di luar negeri, mana jurusan yang menjadi incaranmu? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life