Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Ada Negara Impian?

Kapan Indonesia bisa mengadopsi sistem pendidikan ini?

Audia Natasha Putri

Perkembangan dan majunya suatu bangsa tak hanya dipengaruhi dari kekayaan alam dan sumber daya manusia saja. Tetapi juga sistem pendidikan yang memadai bagi rakyatnya. Pendidikan yang baik dapat mengukir pola pikir penduduk suatu negara dan berkontribusi dalam keberhasilan suatu negara.

Karena itu, banyak pelajar di seluruh dunia memimpikan untuk mengenyam kuliah di luar negari dengan sistem pendidikan terbaik agar dapat menjadi lulusan berkualitas bagi tanah kelahirannya.

Lalu, negara mana saja yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia? Daripada penasaran, inilah daftarnya! Apakah negara impianmu masuk dalam salah satunya, Bela?

1. Amerika Serikat

Bloomberg.com

Negeri Paman Sam terkenal akan sistem pembelajarannya praktis dan menjajakan ragam pilihan jurusan bagi pelajar internasional. Beberapa kampus top dunia pun berlokasi di Amerika Serikat, seperti Stanford University, Harvard University, Yale University dan Princeton University. Tak hanya itu saja, kampus top di Amerika Serikat juga menawarkan berbagai macam beasiswa bagi pelajat internasional. Mulai program sarjana, pascasarjana hingga program doktor.

2. Jepang

Asahi.com

Penduduk Jepang terkenal akan etos kerja yang kuat dan ambisius dalam berbagai hal. Itu semua tercipta berkat sistem pendidikan negara Jepang yang baik dan mampu beradaptasi dalam globalisasi.

Apalagi Jepang menjadikan teknologi sebagai struktur pendidikan, namun tetap menghormati tradisi lokal yang sudah turun-menurun. Penduduk Jepang tak pernah surut dalam berinovasi dalam menciptakan teknologi revolusioner. Tak heran, negara dengan sebutan Negeri Sakura ini masuk dalam jajaran teratas negara paling maju di dunia.

3. Singapura

Youtube.com/Edutopia

Tak perlu jauh-jauh menengok ke benua tetangga, Singapura pun bisa menjadi contoh yang baik bagi Indonesia dalam menjalankan sistem pendidikan. Sebab, Singapura terkenal akan sistem pendidikannya yang berfondasikan yang kuat, maju,dan terus berinovasi menciptakan pembelajaran terbaik, sesuai perkembangan zaman. Tak heran apabila Universitas Terbaik Asia berada di Singapura.

4. Hongkong

Thenewslens.com

Hongkong masuk dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan pemerintah Hongkong rela menggelontorkan anggaran negara yang tinggi demi menciptakan fondasi pendidikan terbaik bagi rakyatnya.

Apalagi pendidikan negara Hongkong mengadaptasi model pendidikan negara Inggris dengan merintis kurikulum yang tepat sebagai bekal di dunia profesional. Hal ini pun meliputi pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang sangat berpaku pada fakta dan dunia kerja.

5. Finlandia

The World Economic Forum

Teknologi yang mendukung, tiadanya sistem PR, dan metode belajar yang menyenangkan menjadi faktor bahwa Finlandia adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Sayangnya, takhta Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia harus bergeser ke nomor urut kelima. Ini dipengaruhi oleh beberapa perubahan sistem pendidikan, salah satunya penghapusan program kuliah gratis turut berperan dalam kemunduran yang terjadi.

6. Inggris

Expatica.com

Practice makes better. Pedoman inilah yang menyiasati sistem pendidikan negara Inggris untuk lebih berfokus pada praktek daripada teori. Dengan menerapkan kurikulum nasional, sistem pendidikan Inggris diperuntukkan untuk anak berusia usia 5 sampai 16 tahun dengan empat tingkat pendidikan yang berlaku.

7. Belanda

Iamexpat.com

Demi mencetak lulusan yang berkualitas, Pemerintah Belanda siap menyiapkan dana negara untuk memberikan tunjangan pendidikan bagi pelajar di seluruh tingkatan. Mulai dari sekolah khusus, umum, kejuruan bahkan universitas. Tunjangan ini tak hanya diberikan untuk pelajar lokal saja, tetapi juga pelajar internasional seluruh dunia yang mengenyam pendidikan di Negeri Kincir ini.

Dengan standar pendidikan tinggi dengan menggunakan metode pendekatan studi internasional, tak heran sumber daya manusia di Belanda sangatlah berkualitas di berbagai bidang profesional. Apalagi Kementerian Pendidikan Belanda mengharuskan para guru yang mengajar untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan dibekali dengan teknik mengajar terbaik.

Itulah ke-7 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Kalau kamu diberi kesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri, negara mana nih yang kamu pilih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life