Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terbaru Kim Sae Ron, 7 Artis Korea Dicekal KBS untuk Sementara Waktu

Apakah pertanda karier mereka bakal tamat?

Ajenk Rama

Saat memasuki dunia hiburan Korea Selatan, ada sejumlah aturan 'tak kasat mata' yang membuat para artis perlu berhati-hati terkait tindakan mereka yang membawa dampak buruk bagi publik.

Tidak hanya menjadi sasaran warganet, tetapi beberapa artis Korea yang terlibat masalah atau kontroversi juga dicekal oleh stasiun televisi seperti KBS. Stasiun televisi ini memang terkenal ketat untuk masalah penyiaran.

Setiap tahunnya, pihak KBS memperbarui daftar artis Korea yang dicekal untuk sementara waktu. Kim Sae Ron menjadi salah satu artis yang masuk daftar hitam. Selain itu, siapa artis yang kena atau pernah dicekal oleh KBS? Mengutip dari berbagai sumber, berikut daftarnya

1. Kim Sae Ron

Soompi.com

Melansir Kbizoom, pemeran utama The Great Shaman Go Doo Shim (2021) telah dilarang tampil di siaran KBS per tanggal 21 Desember 2022. Aktris muda ini dicekal karena kasus DUI (Driver Under Influence).

Sekitar Mei lalu, Kim Sae Ron ditangkap oleh Kepolisian Korea dengan tuduhan menabrak fasilitas umum berupa trafo listrik. Ia juga tertangkap kamera sempat kabur dari tempat kejadian dalam kondisi mabuk di dekat persimpangan Hakdong, Gangnam-gu, Seoul.

Akibat tindakan cerobohnya itu, Kim Sae Ron menderita kerugian yang cukup besar dan kontrak eksklusif sang aktris dengan agensi dilaporkan telah berakhir. Sang aktris juga diketahui bekerja di sebuah kafe, karena kesulitan finansial setelah membayar denda.

2. Kwak Do Won

Hancinema.net

Kejadian serupa yang dialami oleh Kim Sae Ron juga terjadi oleh aktor veteran, Kwak Do Won. Pemain film, Steel Rain 2: Summit dilarang tampil oleh stasiun televisi KBS, karena mengemudi dalam kondisi mabuk.

Berdasarkan keterangan polisi, Kwak Do Won tertidur di mobil di tengah jalan karena efek alkohol pada 25 September lalu sekitar 04.00 KST atau 06.00 WIB. Kala itu, kadar alkohol dalam darah sang aktor melebihi batas.

Tak hanya itu, ia juga menghadapi tuduhan mengenai pelecehan seksual kepada seorang aktris. Lee Jin Ho, seorang YouTuber mengklaim jika sang aktor memiliki kepribadian baik, namun kepribadian tersebut berubah setelah minum alkohol.

3. Shin Hye Sung

Hellokpop.com

Salah satu anggota grup Shinhwa, Shin Hye Sung juga terkena dampak dari aksi ceroboh yang terjadi pada 11 November lalu. Ia ditemukan tengah tertidur oleh Kepolisian Korea di tempat kejadian setelah menerima laporan dari seseorang.

Saat tiba di lokasi, polisi sempat meminta kepada musisi tersebut untuk melakukan tes breathalyzer, tapi ia menolak untuk melakukan pengukuran kadar alkohol dalam darah dan akhirnya ditahan oleh pihak Kepolisian.

Kasus DUI yang menghebohkan itu membuat KBS melarang Shin Hye Sung untuk tampil di berbagai acara mereka.

4. Kim Hanbin

Malaymail.com

Tahun 2019 menjadi tahun terberat bagi Kim Hanbin untuk menjalani hidup. Pasalnya, ia tersandung kasus narkoba yang dibocorkan oleh Han Seo Hee. Ia mengakui kesalahannya di masa lalu dan menyesali hal tersebut.

Kim Hanbin menjalani persidangan dan dituntut atas pembelian mariyuana, serta LSD melalui seorang kenalan. Pengadilan memvonis Kim Hanbin 3 tahun penjara dan 4 tahun masa percobaan.

Selain itu, Hanbin juga masih harus menjalani 80 jam pelayanan masyarakat, 40 jam kuliah perawatan narkoba, dan denda tambahan sebesar 1,5 juta won atau sekitar Rp18,5 juta.

Hanbin berusaha merefleksikan diri dengan berbagai kegiatan donasi ke berbagai orang. Namun, KBS tetap memasukkan sang musisi ke dalam daftar hitam untuk tampil di acara mereka.

5. Ha Jung Woo

Hancinema.net

Pemain utama serial Netflix, Narco Saints ternyata pernah terlibat kontroversi di masa lalu. Ia ketahuan memiliki propofol secara ilegal, yang digunakan di luar prosedur pembedahan.

Pada Februari 2020, seorang Jaksa tengah menyelidiki sang aktor karena memperoleh Propofol di sebuah klinik operasi plastik atas nama saudara laki-lakinya. Agensi sempat menyangkal tuduhan tersebut.

Namun pada 28 Mei 2021, Pengadilan Distrik Pusat Seoul telah mendakwa Ha Jung Woo dengan tuduhan menyuntikkan Propofol secara ilegal di klinik operasi plastik. Lalu di 3 Juni 2021, aktor tersebut merilis surat permohonan maaf.

Ha Jung Woo didenda sebesar 30 juta won atau sekitar Rp365 juta dan terkena cekal oleh pihak KBS untuk sementara waktu.

6. Choi Wheesung

Allkpop.com

Pelantun lagu "With Me" ini dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dan 2 tahun masa percobaan karena melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkoba. Tak hanya itu, ia juga didakwa atas tuduhan memberikan propofol di salah satu hotel lebih dari 10 kali sejak 2019 silam.

Terlibat masalah cukup serius dan memberikan dampak buruk, KBS mengambil tindakan dengan mencekal dan menangguhkan penampilan Choi Wheesung untuk sementara waktu.

7. Bae Sung Woo

Hancinema.net

Sempat menjadi daftar pemain dari Delayed Justice (2020), Bae Sung Woo harus hadapi kenyataan karena tindakannya. Pada 10 Desember 2020, sang aktor ketahuan mengemudi dalam kondisi mabuk sekitar bulan November.

SIM (Surat Izin Mengemudi) Bae Sung Woo pun sempat ditangguhkan dan dikenakan denda sebesar 7 juta won atau kurang lebih Rp85 juta rupiah. Imbasnya tidak hanya itu, ia pernah terkena pencekalan dari stasiun televisi KBS. 

Berdasarkan Standar Operasional Komite Peninjau Peraturan Penampilan Penyiaran, KBS merasa sejumlah artis ini telah melakukan tindakan ilegal dan tak etis yang menyebabkan kontroversi sosial.

Itulah deretan artis Korea yang mendapat pencekalan dari stasiun televisi, KBS. Susahnya menjalani profesi sebagai artis Korea, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life