Sebulan lalu, pada tanggal 18 Mei 2022, Kim Sae Ron mengejutkan penggemar dengan kasus DUI. Mobil SUV warna hitam menabrak sebuah trofo listrik di dekat persimpangan Hakdang, Gangnam jam 08.00 KST atau 06.00 WIB. 

Tabrakan tersebut menyebabkan lampu lalu lintas padam dan aktivitas bisnis terganggu selama kurang lebih 5 jam. Saat kejadian, Kim Sae Ron tertangkap kamera CCTV kabur dari TKP (tempat kejadian perkara). 

Nggak hanya itu, Kim Sae Ron juga menolak tes breathalyzer dan memilih menjalani tes darah. Menunggu kurang lebih 2 minggu dari kejadian, tes darah Kim Sae Ron resmi dirilis pada 1 Juni 2022 dan hasilnya cukup mengejutkan.

Hal ini otomatis berimbas pada karier Kim Sae Ron di dunia hiburan Korea Selatan. Salah satunya, SIM sang aktris akan ditahan dan diinvestigasi tetap dilanjutkan. Apa saja imbas yang diterima oleh Kim Sae Ron pasca kasus DUI?

Bagaimana tanggapan agensi usai hasil tes darah artis naungannya dibongkar ke publik? Berikut perkembangan terbaru kasus DUI Kim Sae Ron, Bela.

1. Membayar ganti rugi perbaikan trafo listrik

5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal DicabutBerbagai sumber

Melansir dari Allkpop.com, Kim Sae Ron telah melakukan ganti rugi untuk biaya perbaikan trafo listrik yang ditabraknya beberapa pekan lalu. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Korea Electric Power Corporation (KEPCO) dan Gold Medalist selaku agensi Kim Sae Ron.

"Kim Sae Ron telah memutuskan secara pribadi bertanggung jawab atas kerusakan yang diperbuatnya, karena kecelakaan tersebut," kata pihak agensi. 

Perwakilan KEPCO juga mengungkapkan bahwa Kim Sae Ron yang mengajukan diri pertama kali untuk mengganti biaya kerusakan. Ia membayar penuh ganti rugi sebesar 20 juta won atau setara Rp232 juta.

2. Membayar ganti rugi pelaku usaha

5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal DicabutInstagram.com/ron_sae

Tak hanya mengganti biaya perbaikan trafo listrik, tetapi Kim Sae Ron juga harus bertanggung jawab atas aktivitas bisnis yang terganggu di lokasi kecelakaan terjadi. Diketahui ada sekitar 57 toko dari pemiliki bisnis yang mengalami gangguan sekitar 5 jam. 

Pihak agensi dan Kim Sae Ron masih berdiskusi mengenai jumlah kerugian yang harus dibayarkan kepada para pemilik usaha. Kemungkinan besar, ganti rugi kepada pemilik usaha ditanggung oleh pihak asuransi. 

3. Porsi adegan di Huntings Dogs bakal diedit

5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal DicabutAllkpop.com

Di tengah kasus DUI yang menimpa, Kim Sae Ron memang diketahui akan comeback dua drama Korea, yakni Hunting Dogs dan Trolley. Sejak video mengemudinya tersebar, kedua proyeka tersebut berada di situasi kritis. 

Per tanggal 19 Mei 2022, tim produksi Huntings Dogs mengungkapkan bahwa proses syuting sebagian besar telah berjalan. Lalu, Kim Sae Ron menanggapi bahwa dirinya akan mundur dari proyek drama. Namun di tanggal 23 Mei 2022, rumah produksi angkat bicara megenai mundurnya Kim Sae Ron dari drama mereka.

"Setelah berdiskusi dengan perusahaan produksi dan pihak aktris, Netflix memutuskan jika Kim Sae Ron tidak akan berpartisipasi dalam syuting yang telah dijadwalkan," kata salah satu perwakilan rumah produksi. 

Selain itu, mereka mengungkapkan jika sebagian besar adegan Kim Sae Ron telah rampung dan Netflix tengah berupaya meminimalisir kemunculan sang aktris di drama tersebut. Tim produksi juga turut menjelaskan jika Kim Sae Ron tidak dipecat dari produksi film Hunting Dogs

4. Mundur dari drama Korea yang dibintangi

5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal DicabutBerbagai sumber

Jika Hunting Dogs mempertimbangkan pengeditan adegan Kim Sae Ron di filmnya, maka lain halnya dengan tim produksi Trolley. Drama tersebut dijadwalkan tayang pada paruh kedua tahun 2022 dan baru memulai syuting dalam waktu dekat. 

Lantaran, sang aktris utama terlibat masalah. Tim produksi telah mencari pengganti Kim Sae Ron sejak sang aktris memutuskan mundur dari proyek akting tersebut. Berdasarkan laporan media OSEN pada 2 Juni 2022, aktris Chung Soobin menerima tawaran untuk menggantikan Kim Sae Ron di drama mereka. 

Jung Soobin merupakan aktris muda yang memulai debut aktingnya di beberapa drama dan serial Korea terpopuler di antara lain Live On, Rookie Cops, hingga Juvenile Justice

5. SIM Kim Sae Ron terancam dicabut

5 Rentetan Imbas Kim Sae Ron Pasca Kasus DUI, SIM Bakal DicabutInstagram.com/ron_sae

Menurut hasil tes darah yang dilakukan, Kim Sae Ron terbukti mengemudi dalam kondisi mabuk berat. Kadar alkohol yang ada dalam darah sang aktris sangat tinggi, yakni 0.08% dan SIM Kim Sae Ron terancam dicabut. 

Pihak kepolisian juga mengutarakan bahwa penyelidikian atas kasus DUI Kim Sae Ron tetap berlanjut. Hasil tes darah yang telah keluar menjadi bukti kuat jika aktris muda tersebut melakukan kesalahan. 

Namun, agensi Kim Sae Ron memberikan tanggapan yang berbeda terkait hasil tes darah sang aktris. Gold Medalist Entertainment menyatakan bahwa tes darah tersebut belum polisi terima, tidak seperti kabar yang dibocorkan oleh media setempat. 

Pihak agensi juga mengungkapkan jika jadwal pendalaman investigasi kasus DUI Kim Sae Ron belum diputuskan. Namun, mereka memastikan jika pihak agensi dan aktris tetap kooperatif menjalani semua produser yang diminta oleh Kepolisian Korea. 

Di sisi lain, Kim Sae Ron telah mengakui kelalaian yang diperbuatnya dan mengunggah permintaan maaf yang ditulis dengan tangan di akun Instagram, @ron_sae pada 19 Mei 2022. 

Itulah serangkaian imbas yang diterima Kim Sae Ron pasca dirinya terlibat kasus DUI. Semoga bisa kasus Kim Sae Ron bisa menjadi pembelajaran buat kita semua, ya, Bela. 

Baca Juga: Video Mengemudi Kim Sae Ron Tersebar, Proyek Akting Dipertanyakan

Baca Juga: Pernah Diisukan Merokok dan Mabuk, Ini 9 Fakta Unik Aktris Kim Sae Ron

Baca Juga: Ini Perbedaan dari 11 Jenis Minuman Beralkohol, Sudah Tahu Belum?