Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Review 'Confession': Skenario Berlapis yang Mindblowing

Siapa pembunuh sesungguhnya?

Zikra Mulia Irawati

Phew! Kata andalan Youtuber Indonesia, Nessie Judge, ini rasanya jadi ekspresi paling tepat setelah saya menonton Confession (자백, jabaek). "Kreativitas" penyelesaian kasus dalam film ini sukses bikin saya ternganga sampai akhir.

instagram.com/lotteent.movie

Yoo Min Ho (So Ji Sub) adalah seorang pengusaha sukses di bidang IT. Suatu hari, ia terbangun di sebuah kamar hotel dengan luka di kepalanya. Sementara itu, mantan kekasihnya yang bernama Kim Se Hee (Nana) ditemukan tewas di sisi ruangan lain.

Dalam ruangan tertutup tersebut, otomatis seluruh bukti merujuk kepada dirinya. Namun, Yoo Min Ho bersikeras bahwa ia tak membunuh Kim Se Hee. Oleh karena itu, ia meminta bantuan kepada pengacara Yang Shin Ae (Kim Yun Jin) yang punya reputasi tak pernah kalah dalam persidangan. 

instagram.com/lotteent.movie

Salah besar kalau kamu menganggap permasalahan ini hanya soal kematian Kim Se Hee. Pengacara Yang Shin Ae tampaknya sudah mencari tahu lebih banyak soal calon kliennya itu. Perempuan itu lalu bertanya, apakah kasus ini berkaitan dengan orang hilang bernama Han Sun Jae yang sempat menyeret nama sang pengusaha?

Meski sempat terkejut, Yoo Min Ho membenarkannya. Laki-laki itu menceritakan kecelakaan yang ia alami bersama Kim Se Hee. Keduanya baik-baik saja. Namun, mobil dari arah sebaliknya yang dikendarai Han Sun Jae rusak parah. Pemuda itu pun terluka dan tampak tak lagi bernyawa. 

instagram.com/lotteent.movie

Tensi cerita kian meninggi saat Yang Shin Ae mengatakan bahwa Yoo Min Ho kurang "kreatif" dalam menyusun skenario untuk mengelak. Ia lalu menyodorkan kronologi versi dirinya. Karena terlalu meyakinkan, Yoo Min Ho (bahkan saya sebagai penonton) sampai terbawa suasana dan percaya bahwa itu adalah kebenarannya.

Hal yang membuat saya kagum, eksekusi akting So Ji Sub dan Nana dalam reka adegan itu tampak mirip. Dengan skenario yang sama, menyamakan raut wajah tentu bukan hal yang mudah. Namun, keduanya sukses meyakinkan penonton soal sensasi membayangkan kejadian tersebut. Tepuk tangan juga untuk Sutradara Yoon Jong Seok yang sukses mengarahkan adegan demi adegan dengan apik. Penghargaan Best Director Award dari Fantasporto-Oporto International Film Festival ke-42 pada April 2022 lalu memang layak untuk ia sandang.

Terlepas dari statusnya sebagai film remake dari The Invisible Guest (2016), tak berlebihan sepertinya jika Confession sudah tayang terlebih dahulu di beberapa festival film internasional. Film ini matang dari berbagai aspek, meski membuat banyak penonton kurang puas dengan ending-nya

Di saat bioskop Korea Selatan baru menayangkan secara perdana pada 26 Oktober 2022, Fribourg International Film Festival ke-36 sudah melakukannya lebih dahulu pada 20 Maret 2022. Hal ini kemudian disusul oleh Udine Far East Film Festival ke-24 pada April 2022, New York Asian Film Festival ke-21 pada Juli 2022, Fantasia International Film Festival ke-26 pada 31 Juli 2022, dan Brussels International Fantastic Film Festival ke-40 pada 1 September 2022.

Di Indonesia sendiri, film thriller perdana So Ji Sub ini sudah tayang 2 November di bioskop CGV, Cinépolis, dan Flix. Jika Bela penasaran apakah Yoo Min Ho benar-benar tidak membunuh Kim Se Hee, langsung nonton saja, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration