Pindah rumah baru biasanya jadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi saat bisa pindah ke rumah dengan lingkungan yang lebih asri dan sejuk. Namun, jika melihat Hyun Min (Kim Min Jae) dan keluarga di film Contorted, rupanya tak merasakan kesenangan bisa pindah rumah.

Kepindahan keluarga yang dulunya tinggal di pusat kota ini, ternyata karena anak bungsu mereka baru saja meninggal. Kepergian si kecil yang membuat Myung Hye (Seo Young Hee) sebagai ibu merasa sangat terpukul, depresi, hingga halusinasi hebat. 

Review 'Contorted': Saat Rumah Bukan Jadi Tempat Pulang Ternyaman Dok. Film Contorted

Rumah baru dengan desain minimalis ini memiliki beberapa ruangan dan halaman, yang cukup luas lengkap dengan ayunan sebagai tempat bermain. Bahkan, ada pula gudang khusus yang letaknya terpisah di samping belakang rumah.

Namun, belum genap sehari mereka pindah ke rumah baru, suara aneh dari beberapa sudut ruangan mulai menghantui istri dan anak perempuan keduanya (Hee Won). Apalagi, saat mimpi buruk kerap menghampiri Myung Hye dan begitu terasa nyata. 

Keadaan rumah membuat Myung Hye yang merasa depresi, justru semakin cemas dan menyalahkan banyak orang. Akan tetapi, saat Myung Hye merasa cemas, sang suami justru tak menggubris dan lebih sering mengabaikan keluhannya.

Review 'Contorted': Saat Rumah Bukan Jadi Tempat Pulang Ternyaman Dok. Film Contorted

Film horor - misteri asal Korea Selatan tersebut merupakan garapan sutradara sekaligus penulis skenario Kang Dong Hun. Film ini menghadirkan suasana mencekam, bukan dari sosok hantu yang diperlihatkan secara frontal, namun dari organic backsound yang hadir dalam beberapa adegan. Seperti suara membuka pintu dan retaknya kaca yang begitu dramatis terdengar di telinga saya.

Sosok penunggu rumah tersebut seperti tak ingin melihat sebuah kedamaian, lantaran seiring berjalannya waktu, teror yang mereka alami semakin parah. Namun di tengah rasa ketidakbetahan, Myung Hye bertemu seorang perempuan berbaju merah dengan membawa cerita yang membuatnya makin tertekan. 

Hyun Min mulai menyadari rasa depresi yang dirasakan sang istri. Bahkan, kecurigaan tersebut makin menjadi saat Hee Woon sakit namun Myung Hye tak sepeduli biasanya. Bahkan, Myung Hye mengalami perbedaan dari segi mental, fisik, hingga penampilan.

Review 'Contorted': Saat Rumah Bukan Jadi Tempat Pulang Ternyaman Dok. Film Contorted

Nuansa horor film ini sebenarnya tak hanya karena keberadaan sosok makhluk astral. Namun, sifat dingin yang dimiliki para tokoh sangat mendukung tiap adegan, apalagi jika melihat sosok Myung Hye dan Hee Woon. Lengkap sosok hantu berbaju merah yang sedari awal datang secara tiba-tiba.

Rasa dekat terhadap keluarga Hyun Min makin terasa, karena film ini mengambil tone warna gelap-natural. Saat muncul adegan tarik selimut oleh Myung Hye, patut diacungi jempol karena penempatan cahaya dan sinematografinya dilakukan secara halus tanpa menganggu fokus penonton.

Bagi kamu yang tertarik ingin menonton, film ini sedari awal ingin mengajak penonton untuk menerka awal misteri yang terjadi di rumah ini. Namun sayangnya, beberapa scene penting seperti menggantung atau hilang di tengah-tengah penyampaian cerita. Misalnya, tentang tidak disebutkannya sejarah pembangunan rumah tersebut.

Review 'Contorted': Saat Rumah Bukan Jadi Tempat Pulang Ternyaman Dok. Film Contorted

Menilik lebih dalam, Contorted hadir bukan hanya menjadi film horor untuk membuat bulu kuduk merinding. Lebih dari itu, penggarapan film ini mengangkat pula tentang pentingnya masalah kesehatan mental. Seperti yang terlihat, Myung Hye sebagai ibu kerap depresi hingga menyalahkan orang sekitar karena kacaunya sebuah keadaan. 

Kamu tak pernah sanggup atau takut melihat darah? Perlu sangat berhati-hati jika menonton film ini. Karena di beberapa adegan, pengambilan gambar seperti potongan organ tubuh dilakukan secara jelas tanpa menyelipkan adegan selingan. Dan harus pula digaris bawahi, kalau batas minimum usia penonton film ini adalah 17 tahun.

https://www.youtube.com/embed/YEtni2uEemE

Jika kamu penikmat film dengan berbagai selipan jumpscare, film berdurasi 91 menit ini bisa jadi tontonan film horor pilihan. Apalagi, berbarengan dengan perayaan Halloween bulan ini. Sebagai informasi, Contorted diadaptasi dari novel populer berjudul 'The Contorted House' yang menyabet penghargaan Safehouse Horror Competittion Prizes.

Naiknya film Contorted jika di Korea Selatan pada 13 Juli 2022, namun di Tanah Air film ini akan tayang per 20 atau 21 Oktober 2022, ya, Bela.

Baca Juga: Review 'Inang': Cinta Orang Tua dalam Kungkungan Mitos

Baca Juga: Review 'Jailangkung: Sandekala': Kala Keluar Petang Datangkan Petaka 

Baca Juga: ‘Black Adam’ Review: Powerful Antihero dengan Jalan Cerita yang Flop