Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Kontroversi Met Gala, Kim Kardashian Ternyata Sempat Tak Diundang

Dari selebritas hingga anggota dewan timbulkan kehebohan

Zikra Mulia Irawati

Met Gala is back this year! Seperti biasa, salah satu gelaran mode paling bergengsi di dunia tersebut diselenggarakan tiap Senin pertama bulan Mei. Tahun 2022 ini, acara akan digelar pada Senin, 2 Mei waktu setempat dan berlokasi di The Metropolitan Museum of Art, New York City, Amerika Serikat.

Tema yang akan diusung tahun ini adalah "In America: An Anthology of Fashion", kelanjutan dari tema tahun lalu yaitu “In America: A Lexicon of Fashion”. Di tengah keterbatasan undangan yang dipilih sendiri oleh Anna Wintour, Editor-in-chief Vogue—sekaligus dewan kehormatan Met Gala, bintang-bintang seperti Lady Gaga, Madonna, Rihanna, hingga Beyoncé Knowles dikabarkan akan hadir.

Layaknya acara besar pada umumnya, kejadian apapun bisa terjadi di Met Gala, termasuk kontroversi. Berikut ini Popbela punya rangkuman kejadian paling menghebohkan di sepanjang sejarah perhelatan besar ini. Let’s check them out!

1. Kritik soal pajak yang berujung senjata makan tuan (2021)

AOC dan Aurora James di Met Gala 2017 (Getty Images/Mike Coppola via teenvogue.com)

Anggota DPR Amerika Serikat, Alexandria Ocasio-Cortez atau AOC, menghadiri Met Gala 2021. Gaun rancangan Aurora James bertuliskan “Tax the Rich” yang dikenakannya mengundang perhatian. Ia berkata, apa yang digunakannya kala itu adalah sebuah pengingat bagi kaum jetset yang suka menghindari pajak.

Namun, beberapa waktu kemudian terbongkar bahwa sang desainer sendiri bermasalah dengan pajak. Perusahaannya yang bernama Cultural Brokerage Agency gagal membayar pajak karyawan kepada pemerintah negara bagian New York senilai US$14.798 atau sekitar Rp211 juta dalam periode 2018-2019. Di Kementerian Pajak dan Keuangan AS, perusahaan tersebut tercatat punya banyak utang hingga mendapat 15 kali peringatan sejak 2015.

2. Gaun dukungan untuk kesetaraan gender (2021)

Carolyn Maloney (Getty ImagesDimitrios Kambouris) dan Cara Delevingne (Getty ImagesTheo Wargo) di Met Gala 2021 (via teenvogue.com)

Busana adalah perhatian utama dalam acara ini. Selain AOC, gaun anggota DPR Carolyn Maloney dan model asal Inggris Cara Delevingne juga menarik atensi. Mereka menyuarakan dukungan terhadap kesetaraan gender melalui pakaian yang mereka kenakan. Di negara-negara barat, pemikiran ini masih banyak ditentang.

Dalam selendang yang menghiasi gaun rancangan Ghassan Antonios tersebut, kalimat "Equal Rights for Women" tercetak besar-besar. Ia juga membawa tas bertuliskan “ERA YES”. ERA adalah Equal Rights Amendment atau rancangan undang-undang yang melarang segala bentuk diskriminasi berbasis gender di AS.

Sementara itu, Cara mengenakan atasan rompi antipeluru yang bertuliskan “Peg the Patriarchy”. Istilah itu dikenalkan Luna Matatas pada tahun 2015 sebagai kampanye menumbangkan sistem patriarki. Pakaian Cara sendiri adalah karya Maria Grazia Chiuri dari Dior.

3. The Weeknd & Selena Gomez pamer kemesraan di red carpet (2017)

The Weeknd dan Selena Gomez di Met Gala 2017 (FilmMagic/Taylor Hill via teenvogue.com)

Pada perhelatan Met Gala 2017 lalu, pasangan penyanyi The Weeknd dan Selena Gomez tampaknya tengah begitu dimabuk cinta. Keduanya bahkan berciuman saat red carpet, di hadapan para awak media. Sebagai pasangan baru, keduanya dinilai cukup berani memamerkan kemesraan di ruang publik.

4. Tamu merokok di toilet (2017)

Bella Hadid bersama Lara Stone, Paris Jackson, dan Ruby Rose di Met Gala 2017 (via cumicumi.com)

Salah satu hal yang dilarang dalam Met Gala adalah merokok. Namun, beberapa tamu, seperti Rami Malek, Dakota Johnson, Char Defrancesco, Marc Jacobs, dan Frances Bean Cobain, tampak terang-terangan merokok di toilet dan mengunggah fotonya di media sosial. 

Namun, Bella Hadid jadi yang paling menghebohkan. Tak hanya melanggar aturan Met Gala, ia juga melanggar batas minimal usia legal merokok 21 tahun yang berlaku di negara bagian New York. Saat itu, ia baru berusia 19 tahun. Ia ketahuan karena foto merokoknya diunggah oleh akun Instagram penggemarnya.

5. Selfie menggemparkan dari Kylie Jenner dkk (2017)

Selfie Kylie Jenner dkk di Met Gala 2017 (via cumicumi.com)

Selain merokok, mengambil selfie atau swafoto dalam gelaran ini juga dilarang. Namun, Kylie Jenner menggemparkan dunia maya dengan potretnya bersama teman-temannya yang ia unggah di Instagram. Di sana, tampak pula Kim Kardashian, Ashton Sanders, Luka Sabbat, Kylie Jenner, A$AP Rocky, Paris Jackson, Lily Aldridge, Sean ‘P. Diddy’ Combs, Frank Ocean, Sophia Li, Slick Woods, dan Brie Larson.

Selfie kamar mandi tahunan,” tulisnya.

6. Met Gala “pertama dan kemungkinan terakhir” Demi Lovato (2016)

Demi Lovato di Met Gala 2016 (lifestyleasia.com)

Secara tiba-tiba, penyanyi Demi Lovato meninggalkan lokasi Met Gala 2016 yang baru sekali itu ia hadiri. Dalam cover story-nya yang tayang di Billboard, ia menceritakan bahwa waktu itu dirinya bertemu dengan seorang selebritas yang menyebalkan, yang kemudian terungkap bahwa itu adalah penyanyi Nicki Minaj. Demi pun memutuskan untuk pergi dan minum-minum di pertemuan Alcoholics Anonymous (AA).

"Selebritas yang satu ini benar-benar menjengkelkan dan sangat menyedihkan berada di dekatnya. Saya merasa sangat tidak nyaman sehingga saya ingin pergi minum," tuturnya.

7. Kesalahpahaman antara Lena Dunham dan Odell Beckham Jr. (2016)

Lena Dunham (Getty Images/Dimitrios Kambouris) dan Odell Beckham Jr. (Getty Images/Larry Busacca) di Met Gala 2016 (via insider.com)

Terjadi kesalahpahaman antara Lena Dunham dan Odell Beckham Jr. selama Met Gala 2016 berlangsung. Keduanya diketahui duduk bersampingan selama acara. Namun, Lena mengatakan dalam wawancara bersama Amy Schumer bahwa Odell mengabaikannya dan memilih bermain ponsel.

Itu sangat menakjubkan karena itu tampak seperti dia melihatku dan memutuskan bahwa saya tidak terlihat seperti perempuan menurut standarnya. Situasi itu seperti kita dipaksa untuk bersama dan dia benar-benar scrolling Instagram daripada menatap perempuan berdasi kupu-kupu,” ujarnya.

Namun, beberapa waktu kemudian terungkap itu hanyalah asumsi Lena saja. Ia kemudian meminta maaf di sebuah unggahan Instagram. Di kesempatan lain, Odell tampak bingung akan rumor yang menerpa dirinya itu.

Inilah hidup. Ada banyak hal yang terjadi di sana. Kamu menangkap sebagian, kamu tidak menangkap sebagian (lainnya). Kamu hanya—aku tidak tahu, aku tidak punya banyak hal untuk dikatakan tentang itu. Aku harus lebih banyak belajar tentang situasi,” terangnya.

8. Tema Met Gala 2015 dianggap rasis dan merampas budaya Tiongkok

Sarah Jessica Parker di Met Gala 2015 (Getty Images/Larry Busacca via teenvogue.com)

Met Gala selalu menghadirkan tema yang berbeda tiap tahunnya. Namun, tema “China: Through the Looking Glass” yang diusung pada 2015 dianggap rasis dan merampas budaya Tiongkok. Para tamu menggunakan busana-busana yang mengundang kontroversi.

Aktris Sarah Jessica Parker menjadi yang paling disorot. Hiasan kepalanya yang merepresentasikan bentuk lidah api karya Philip Treacy itu disebut rasialis. Selain itu, bentuk ini juga mengglorifikasi stereotip "Dragon Lady" yang memposisikan perempuan Tiongkok sebagai objek seksual dan penjahat.

9. Pertengkaran lift adik dan suami Beyoncé (2014)

Jay Z-Beyoncé (FilmMagic/Karwai Tang) dan Solange (FilmMagic/Axelle/Bauer-Griffin) di Met Gala 2014 (via graziamagazine.com)

Adik dan suami Beyoncé Knowles, Solange dan Jay Z, pernah terlibat pertengkaran di lift pada Met Gala 2014 lalu. Dalam video tersebut, Solange tampak berteriak dan menyerang Jay Z dengan tas tangannya. Sang adik pun berusaha dihentikan oleh seorang bodyguard yang juga berada di dalam lift dan menekan tombol darurat untuk menjaga privasi pertengkaran tersebut.

Jay Z, Beyoncé. dan Solange setelah insiden lift (graziamagazine.com)

Tidak jelas apa penyebab insiden tersebut. Namun, rumor menyebutkan Jay Z berselingkuh. Selama 58 detik pertengkaran tersebut, sang diva pun tampak tak berbuat banyak dan cenderung membiarkan adiknya menyerang sang suami. Klarifikasi akan kejadian ini baru muncul sepuluh hari setelahnya.

"Sebagai hasil dari rilis rekaman keamanan lift kepada publik, ada banyak spekulasi tentang apa yang memicu insiden yang tidak menguntungkan itu. Tetapi yang paling penting adalah bahwa keluarga kami telah bekerja melaluinya. Jay dan Solange masing-masing memikul tanggung jawab mereka atas apa yang telah terjadi. Mereka berdua mengakui kesalahan mereka dalam masalah pribadi ini. Mereka juga telah meminta maaf satu sama lain dan kami telah bergerak maju sebagai keluarga yang bersatu," tulis pernyataan keluarga tersebut.

10. Pria "perusak" red carpet (2014)

Pria pengganggu bernama Vitalii Sediuk di Met Gala 2014 (WireImage/Michael Stewart via teenvogue.com)

Red carpet seharusnya jadi momen berkesan yang paling ditunggu-tunggu. Namun, seorang pria merusak suasana red carpet Met Gala 2014. Hal membuatnya lebih buruk, pemilik nama Vitalii Sediuk itu tak mengenakan apapun selain pakaian dalam mankini dan kalung rantai emas. Beruntung petugas dari Departemen Kepolisian Kota New York (NYPD) dengan sigap mencegah aksi pria tersebut lebih jauh lagi.

Petugas dari NYPD di Met Gala 2014 (GC Images/Noam Galai via insider.com)

11. Anna Wintour sempat tak undang Kim Kardashian (2013)

Anna Wintour dan Kim Kardashian (Getty Image/Jeff Vespa via nickiswift.com)

Kontroversi terakhir datang dari sang dewan kehormatan, Anna Wintour. Ia sempat menolak untuk mengundang Kim Kardashian dan keluarganya untuk hadir di acara ini. Namun, sejak 2013, bintang-bintang dengan nama Kardashian dan Jenner telah diundang dan kerap menjadi sorotan.

Wah, ada-ada saja, ya, Bela? Kira-kira akan ada kejadian menghebohkan apa lagi di Met Gala tahun ini?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration