Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Musim Hujan? Ini 12 Tanaman Rumah yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman yang kaya manfaat

Tri Sintarini

Kehadiran nyamuk seringkali menganggu karena dapat menyebarkan penyakit berbahaya karena gigitannya, seperti demam berdarah sampai dengan Malaria. Tetapi, kebanyakan orang memilih untuk mengatasinya dengan pembasmi nyamuk berbagai macam bentuk yang mengandung zat-zat kimia membahayakan. Faktanya sebagai pencegahan ternyata kita bisa menggunakan cara yang lebih alami yaitu dengan menanam tanaman hias pengusir nyamuk di rumah, berikut 12 rekomendasinya untukmu, Bela. 

1. Bunga Kamboja

Unsplash.com / Arvee Marie

Tanaman bunga cantik yang biasa dikaitakan erat dengan nuansa mistisnya ini, ternyata memiliki banyak fungsi, lho. Tak sekadar untuk mempercantik halaman rumah dengan bunga-bunganya, bunga kamboja dikenal ampuh untuk mengusir nyamuk karena memiliki kandungan minyak atsiri yang terdapat senyawa geraniol.  

2. Zodia

flickr.com

Tanaman zodia ini memiliki wangi yang khas sehingga membuat nyamuk pergi dengan sendirinya, karena kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine di dalamnya. Kamu bisa menanamnya di halaman atau pot untuk disimpan di dalam rumah. Selain di tanam, kamu juga bisa memakainya secara langsung. Caranya mudah, yaitu dengan menggosokkan daun zodia ke area tangan dan kaki sebelum masuk ruangan yang banyak nyamuknya.

3. Bunga Lavender

Pexels.com / Pixabay

Bunga cantik berwarna ungu ini dikenal dapat mengusir nyamuk karena kandungan zat linaloor dan linalyl, karena menghasilkan aroma yang membuat nyamuk enggan mendekat. Wangi lavender yang khas dan ampuh  seringkali dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat lotion anti nyamuk. Tak hanya itu saja, tanaman lavender juga cocok di simpan di dalam rumah dan kamarmu sebagai dekorasi.

4. Bunga Marigold

pinterest.com

Tanaman marigold yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini di Indonesia lebih akrab disebut bunga kenikir. Bunganya memiliki kelopak yang cantik dan menarik dengan memiliki ciri berwarna oranye hingga kuning. Marigold juga memiliki cairan kimia bernama pyrethrum yang ampuh untuk mengusir serangga dan nyamuk. 

5. Serai

medium.com

Serai selain memiliki wangi yang khas dan berfungsi sebagai bumbu masakan, ternyata bisa dipergunakan sebagai pengusir nyamuk. Serai memiliki kandungan  zat sitronnellol dan geraniol yang tidak hanya mampu untuk mengusir nyamuk saja, bahkan wanginya yang menyengat dapat membuat kecoak dan lalat tak ingin masuk ke rumah, Bela. Tanamlah serai di halaman atau dalam pot karena ia membutuhkan cahaya matahari agar bisa tumbuh dengan subur.

6. Bunga Geranium

gardeningknowhow.com

Jika ingin menghadirkan dekorasi yang cantik tetapi berfungsi ganda untuk mengusir nyamuk, tanaman hias bunga Geranium ini bisa menjadi pilihan. Tanaman ini cukup ampuh mengusir nyamuk karena kandungan zat geraniol dan sitroneol.

7. Lemon Balm

amazon.com

Tanaman daun yang memiliki ciri menyerupai daun mint dan aroma seperti lemon yang segar ini lebih dikenal sebagai tanaman herbal dan bahan dasar minuman. Ternyata lemon balm ini juga berfungsi sebagai anti nyamuk karena mengandung citronellal. Jika ingin menanamnya, lemon balm cocok di tanam di luar rumah karena pertumbuhannya cukup cepat. 

8. Rosemary

pinterest.com

Tanaman rosemary memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bumbu pelengkap masakan, ternyata berfungsi sebagai aromaterapi dan pengharum ruangan. Wanginya yang tajam dapat mengecoh indra penciuman nyamuk. Jika memilih rosemary sebagai pengusir nyamuk, tanaman berukuran mungil ini perawatannya cukup mudah, pastikan untuk terpapar sinar matahari dan rajin di siram dengan air agar tumbuh dengan subur.

9. Bawang putih dan daun bawang

berkebun.co.id

Bawang putih dan daunnya yang biasanya lebih akrab sebagai bahan masakan saja ternyata mempunyai fungsi lain yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bawang putih ampuh mengusir nyamuk karena kandungan zat belerangnya, selain itu keunggulannya bawang ini mudah didapat karena selalu menjadi bahan penting untuk keperluan memasak. Supaya fungsinya maksimal, cara untuk menumbuhkan dedaunannya sangat mudah yaitu benamkan bawang putih di dalam pot atau pekarangan rumah dan rutin siram dengan air hingga tumbuh daunnya.

10. Catnip

Treehugger.com

Tanaman catnip--atau yang memiliki nama latin Nepeta Cataria--memiliki bentuk seperti tanaman mint. Dalam tanaman ini, mengandung minyak nepetalakton. Minyak tersebut sangat disukai oleh kucing. Namun, nepetalakton tidak disukai nyamuk. Bahkan, menurut hasil penelitian dari Iowa State University, nepetalakton jauh lebih ampuh mengusir nyamuk dibandingkan dengan obat nyamuk kimia buatan pabrik (DEET).

11. Daun kemangi

Halodoc.com

Selain enak dijadikan lalapan, daun kemangi yang berbau menyengat ternyata tidak disukai nyamuk. Dengan meletakan beberapa helai daun kemangi di sudut rumah yang sering menjadi sarang nyamuk, kamu sudah bisa mengusir nyamuk dengan effortless. Jangan lupa pilih daun kemangi yang segar agar tahan lama.

12. Daun peppermint

Tastingtable.com

Daun peppermint yang segar sering dimanfaatkan sebagai essential oil dan aroma terapi. Wanginya yang segar dan cukup menyengat juga bisa mengusir nyamuk, lho, Bela. Kamu hanya perlu merebus daun peppermint dan airnya disemprotkan ke sudut-sudut rumah yang sering menjadi sarang nyamuk.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan essential oil yang dicampur dengan air sebagai pengusir nyamuk.

Mana tanaman hias pengusir nyamuk yang paling cocok denganmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration