Belakangan tanaman hias jadi favorit sebagai penghias ruangan di luar dan dalam rumah. Tapi agak repot juga kalau rumah tak terlalu luas jika harus memajang tanaman hias di lantai rumah. Tenang, kamu bisa kok menyiasatinya dengan memilih jenis tanaman hias gantung. Selain mempercantik rumah, tanaman hias gantung juga nggak bikin makan tempat.

Sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, berikut jenis tanaman gantung yang bisa menghias rumahmu agar tampak asri.

1. Tanaman Hias Gantung Begonia

10 Jenis Tanaman GantungAmazon.com

Begonia adalah genus dari tanaman berbunga abadi dalam keluarga Begoniaceae. Tanaman hias gantung Begonia terkenal karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya terlihat indah.

2. Tanaman Gantung Dischidia Geri

10 Jenis Tanaman Gantungpinterest.com/autumninlondon

Dischidia Geri atau terkenal dengan nama apple leaf ini memang warna keseluruhannya hijau dan dedaunan. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri awet, hindari menggantungnya di depan jendela dan dekat pintu ya, posisikan ia jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Supaya tanaman gantung Dischidia Geri mu tetap happy, hindari memajangnya di tempat terpapar sinar matahari yang cukup terik ya.

3. Tanaman Gantung Sedum Morganianum

10 Jenis Tanaman Gantungplantshop.ae

Sedum Morganianum atau kaktus anggur ini memang sangat unik dan terlihat cantik karena bentuknya yang menjuntai. Di Indonesia, tanaman gantung ini dikenal dengan nama ekor keledai. 

4. Tanaman Gantung Million Hearts

10 Jenis Tanaman Gantung

Tanaman gantung Million Hearts ini masih sejenis dengan Dischidia Geri. Bedanya, tanaman million hearts ini berbentuk hati. Pula tak bisa terkena cahaya terlalu panas, ia akan tetap cantik jika terpapar cahaya yang hangat saja, alias medium light.

5. Tanaman Gantung Jenggot Putih

10 Jenis Tanaman Gantungmodishstore.com

Tanaman gantung jenggot putih atau Spanish Moss adalah tanaman yang biasa tumbuh di pepohonan. Bentuknya seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah, biasanya kalau di alam liar, burung menggunakannya untuk membuat sangkar, tapi laba-laba juga suka nih jadi penghuni tanaman jenggot putih.

6. Tanaman Gantung Kaktus

10 Jenis Tanaman GantungAmazon.com

Tanaman kaktus juga bisa kok kamu jadikan sebagai tanaman gantung. Tinggal pilih saja berbagai jenis kaktus yang beragam lalu pilih pot gantung berbentuk menarik dan berwarna cantik.

7. Tanaman Gantung Sirih Blaster Heart

10 Jenis Tanaman Gantungwalmart.com

Seperti namanya, tanaman gantung Sirih Blaster Heart ini memang masih ‘keluarga’ daun sirih. Daunnya yang berbentuk hati ini punya tekstur yang lebih licin dibanding daun sirih yang biasa kita temui ditanam di halaman luar rumah.

8. Tanaman Gantung Peperomia Hope

10 Jenis Tanaman GantungPinterest.com/luckyv

Tumbuhan Peperomia Hope termasuk dalam jenis tanaman sukulen. Bentuknya yang pipih, bulat dan kelopaknya yang berbentuk daun ini perawatannya cukup mudah. Jika warna daunnya berwarna hijau gelap, berarti ia memberimu tanda ia sudah cukup terpapar sinar matahari, posisikan ia di tempat yang hangat. 

9. Tanaman Gantung Zygocactus

10 Jenis Tanaman Gantungjannimary.blogspot.com

Jika beberapa tanaman gantung nggak bisa terlalu sering terpapar sinar matahari, tanaman gantung Gantung Zygocactus justru akan lebih optimal pertumbuhannya karena sinar matahari. Namun, kamu perlu bersabar Bela jika ingin melihat cantiknya bunga yang akan muncul.

10. Tanaman Gantung Scindapsus

10 Jenis Tanaman Gantungsg.carousell.com

Tanaman Gantung Scindapsus atau daun satin ini mirip dengan sirih gading. Untuk merawatnya, kamu harus sesekali mengeluarkan tanaman supaya terpapar cahaya matahari supaya mempercantik warna daunnya.

Dari 10 daftar jenis tanaman gantung di atas, kamu mau memilih tanaman gantung mana yang akan dipajang di dalam rumah?

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Juga Bisa Berfungsi Sebagai Penetralisir Racun