Berbicara mengenai kebutuhan bumbu dapur, tahu nggak, sih, ternyata kamu bisa memilih untuk menanam beberapa jenis bumbu dapur dengan mudahnya di rumah, lho!

Salah satu yang bumbu dapur yang bisa kamu tanam di rumah adalah bawang putih. Nggak perlu lahan luas atau pun medium pot berukuran besar, kamu bisa menanam bawang putih dengan medium seadanya di rumahmu. Seperti bekas gelas plastik, pot berukuran kecil, boks plastik bekas kue, hingga kantong plastik yang pernah kamu gunakan. Selain segar, menanam bawang putih di rumah juga bisa membuatmu menghemat uang belanja memasak. 

Nggak perlu lama-lama, langsung aja simak cara mudah menanam bawang putih di rumah di bawah ini, yuk!

1. Pilih pot dengan kedalaman sekitar 20 cm. Jika pot belum memiliki lubang drainase, buatlah lubang-lubang kecil pada bagian bawahnya, ya.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahDok. Internet

2. Masukkan tanah berkompos sekitar 75% dari tinggi pot kemudian isi bagian atas tanah dengan pasir hingga menutupi bibir pot.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahDok. Internet

3. Ambil umbi bawang putih dan pisangkan dari siungnya. Tanam siung bawang putih tadi dengan posisi ujung yang rata bagian bawahnya menghadap ke bawah dan tajam ke atas.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahDok. Internet

4. Tekan siung bawah putih tadi hingga 10-15 cm ke dalam tanah. Sisakan jarak antar siung dalam pot sekitar 10 cm. Sisakan juga ruang antara dasar pot dengan akar siung sekitar 2,5 cm.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahDok. Internet

5. Kemudian, letakkan pot di area yang terpapar sinar matahari di rumahmu. Usahakan untuk menyinari pot minimum 8 jam per hari, ya!

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahBalconygardenweb.com

6. Bela, pastikan tanah dalam pot tetap lembap namun tidak terlalu basah, ya. Basahi pot dengan air secukupnya dan biarkan air mengalir keluar dari lubang bawah pot.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahThegardenggranny.com

7. Awas, jika umbi bawang putih sudah mengeluarkan tunas daun berwarna hijau, maka pangkaslah pada bagian dasarnya. Karena, jika kamu memotongnya, maka seluruh energi akan dialihkan untuk membuat umbi bawang putih jadi lebih besar.

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahBalconygardenwe.com

8. Voila! Dalam waktu 8 sampai 10 , kamu sudah bisa memanen bawang putihmu. Pastikan memanennya saat daunnya sudah berwarna kecokelatan dan kering, ya!

Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di RumahPixabay.com

Nah, itu dia 8 langkah mudah cara menanam bawang putih di rumah sampai panen. Mudah bukan?

Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Super Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Baca Juga: Yuk, Belajar Menanam & Merawat Hidroponik dengan Metode Sederhana Ini

Baca Juga: Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panen