Imlek sebentar lagi nih, Bela. Tanggal 12 Februari nanti menjadi hari perayaan tahun baru masyarakat Tionghoa. Meski tahun ini suasana akan berbeda karena adanya pandemi, namun tak menyurutkan semangat tahun baru, ya.

Mempersiapkan aneka hidangan khas, mendekorasi rumah dengan pernak-pernik Imlek merupakan tradisi yang wajib bagi perayaan tahun baru. Tak hanya lampion, angpao, maupun hiasan dinding, beberapa jenis tanaman hias dan bunga pun bisa kamu jadikan dekorasi karena memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa hoki.

 Apa saja tanaman hias imlek pembawa keberuntungan tersebut? Simak berikut ini, ya!

1. Bunga Mei Hwa (Plum Blossom)

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inipinterest.com/ayling

Bunga ini mirip seperti bunga sakura dan menjadi salah satu ornamen yang wajib ada saat perayaan Imlek. Bunga Mei Hwa mengandung makna kemakmuran, kesejahteraan, keberuntungan dan kebahagiaan. Untuk dekorasi, biasanya bunga ini diletakkan dalam pot kecil dan ditempatkan pada sisi ruangan dekat dengan sofa. Kamu juga bisa memberi hiasan lain seperti lampion-lampion kecil atau angpao yang digantung pada sela-sela cabangnya.

2. Lucky bamboo

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Iniplants.com

Seperti namanya, bambu satu ini dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Bambu sangat populer di tradisi Tionghoa. Mereka biasanya meletakkan tanaman ini di atas meja tamu. Pasalnya, di dalam tanaman ini terdapat lima elemen dari Feng Shui, yaitu elemen kayu, bumi, logam, air dan api. Sehingga, bambu diyakini bermakna sebagai pembawa keberuntungan, mendatangkan rezeki dan menjaga keharmonisan keluarga. 

3. Pohon Jeruk Mandarin

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inimein-schoener-garten.de

Menjelang Imlek, jeruk mandarin maupun pohonnya adalah salah satu tanaman yang paling diincar oleh untuk perayaan Imlek. Pohon ini biasanya dipajang di rumah-rumah atau vihara dan digantungkan angpao. Pohon jeruk mandarin memiliki makna sebagai pembawa keberuntungan. Warna jingganya bermakna kehidupan yang cerah dan merupakan sumber energi positif.

4. Tanaman Anthurium

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inigardeningknowhow.com

Tanaman Anthurium atau disebut juga Flamingo Lily, memiliki bunga berwarna merah atau pink yang indah. Tak hanya dari keindahannya, anthurium juga melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Tak heran bila saat Imlek, tanaman ini kerap dijadikan sebagai hadiah. Tanaman Anthurium juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan racun pada udara di sekitar, lho, Bela.

5. Money Plant

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Iniplantvine.com

Tanaman uang atau money plant dipercaya dapat membawa keberuntungan. Money plant berbentuk bundar dan bertekstur halus serta memiliki akar yang dalam. Pertumbuhannya yang kuat serta mengeluarkan energi positif di lingkungan sekitar.

6. Bunga Bakung

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inigardenia.net

Bunga bakung atau bunga lily, merupakan salah satu tanaman untuk menyambut perayaan Imlek. Bunga cantik dengan berbagai warna ini diyakini dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang merawatnya. Selain itu, bunga bakung juga melambangkan kesucian, kebajikan dan kemakmuran.

7. Anggrek Phalaenopsis

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Iniflickr.com

Memiliki nama lain hu die lan in, tanaman ini juga diyakini dapat membawa keberuntungan saat Imlek. Tanaman anggrek satu ini berbentuk layaknya sayap kupu-kupu. Selain melambangkan keberuntungan, Anggrek Phalaenopsis juga melambangkan keceriaan di musim semi dan umur panjang.

8. Bunga Krisan

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inipinterest.com

Bunga krisan memiliki banyak warna ,dengan makna yang berbeda antara satu dengan lainnya. Misalnya warna merah, melambangkan cinta, putih melambangkan kesetiaan, serta kuning atau jingga melambangkan keceriaan dan kebahagiaan. 

Bunga krisan juga dipercaya dapat membawa keberuntungan, kekayaan, umur yang panjang dan kemakmuran. Maka itu, banyak orang yang memburunya menjelang imlek ini. Kamu dapat memilih bunga krisan warna emas dan ungu cerah, karena diyakini akan membawa keberuntungan untuk musim ini.

9. Bunga Peony

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Iniflickr.com/piatomasjohansson

Bunga peony merah dapat kamu pilih sebagai salah satu hiasan pada perayaan Imlek. Dalam mitologi Tiongkok, peony melambangkan kekayaan, perdamaian dan kemakmuran.

10. Bunga Peace Lily

Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Inihomestratosphere.com

Bunga terakhir adalah bagian dari bunga lily yang disebut peace lily. Bunga cantik dengan daun yang mengkilat dan kembang putih, cocok untuk percantik rumahmu jelang imlek. Selain mempercantik, peace lily juga membawa keberuntungan bahkan lebih dari itu, tanaman ini mampu menyerap racun dalam ruangan, sehingga terasa lebih segar. Menanam dan merawat bunga itu tidak susah, ia hanya membutuhkan ruangan dengan intensitas cahaya sedang dan rajin disiram sehari sekali. Tak heran bunga ini menjadi sebagai salah satu tanaman hias paling populer.

Itulah 10 tanaman hias imlek pembawa keberuntungan yang bisa semarakkan dan percantik rumahmu jelang Imlek. Jangan lupa bagikan ke kerabat dan sahabatmu, ya!

Baca Juga: Penuh Harapan Baik, Ini 9 Tradisi Unik Perayaan Imlek

Baca Juga: Penuh Semarak, Ini 7 Ide Dekorasi Sambut Perayaan Imlek

Baca Juga: Aneh dan Unik, Inilah Tradisi Perayaan Imlek 7 Negara di Dunia