Bunga krisan atau yang dikenal dengan nama chrysantemum, kerap kali disebut sebagai bunga kertas. Disebut demikian karena warna-warni cerah pada bunga krisan seolah terbuat dari kertas.

Tahukah kamu kalau Indonesia merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor bunga krisan terbaik di dunia? Tepatnya di Dataran Tinggi Karo, Sumatra Utara, terdapat perkebunan bunga krisan yang cantik. Bahkan, bunga krisan yang tumbuh di sana diekspor hingga ke Jepang.

Pada akhir bulan November 2020 saja, sebanyak 25.000 potong bunga krisan diekspor ke Jepang. Hal ini tentu sangat membantu dari segi ekonomi para petani bunga yang selama sembilan bulan terdampak pandemi COVID-19.

Kamu ingin memiliki bunga krisan untuk hiasan rumah? Berikut lima jenis bunga krisan yang cocok untuk digunakan sebagai penghias rumah. Apa saja?

1. Bunga Krisan Carinatum

Ekspor ke Jepang, 5 Jenis Bunga Krisan Ini Cocok untuk Hiasan Rumaheverwilde.com

Bunga krisan carinatum menjadi bunga yang sangat cocok dipajang sebagai hiasan di musim panas. Warnanya yang cerah menambah keceriaan ruangan dan menghadirkan kesan hangat.

Bunga krisan carinatum berbentuk bulat sempurna dengan warna gelap di bagian tengahnya. Di sisi luarnya terdapat dua warna cerah, seperti merah-kuning, oranye-merah, atau oranye-kuning. Warna-warna tersebut mampu membuat ruangan terasa cerah dan lebih berwarna.

2. Bunga Krisan Inodorum

Ekspor ke Jepang, 5 Jenis Bunga Krisan Ini Cocok untuk Hiasan RumahUnsplash.com/Lily

Berbeda dengan bunga krisan carinatum yang tipis, jenis bunga krisan inodorum justru memiliki kelopak berlapis yang tebal. Makanya, tak heran kalau jenis bunga krisan satu ini kerap kali digunakan untuk membuat buket bunga. Biasanya warna bunga krisan inodorum putih bersih dengan bagian tengah berwarna kuning cerah.

3. Bunga Krisan Segetum

Ekspor ke Jepang, 5 Jenis Bunga Krisan Ini Cocok untuk Hiasan RumahUnsplash.com/J Lee

Bunga krisan segetum menjadi bunga krisan yang tumbuh dan berbunga setiap bulan Juli-Oktober setiap tahunnya. Bunga krisan jenis ini berwarna kuning cerah dan sekilas mirip dengan bunga matahari, namun berukuran lebih kecil. Bunga krisan segetum bisa bertahan dua bulan setelah mekar.

4. Bunga Krisan Maximum

Ekspor ke Jepang, 5 Jenis Bunga Krisan Ini Cocok untuk Hiasan RumahUnsplash.com/Julia Kicova

Sesuai dengan namanya, bunga krisan maximum menjadi bunga krisan tertinggi di antara jenis lainnya. Bunga krisan maximum seringkali digunakan sebagai pagar tanaman yang cantik. Tampilan dari bunga krisan maximum yang didominasi putih dengan warna kuning pada bagian tengahnya, membuat bunga ini sangat cocok digunakan sebagai hiasan.

5. Bunga Krisan Pompom

Ekspor ke Jepang, 5 Jenis Bunga Krisan Ini Cocok untuk Hiasan RumahUnsplash.com/Yoksel

Bunga krisan pompon memiliki kelopak berlapis dan membentuk bulatan seperti pompom. Warnanya pun beragam dan sangat indah dipandang mata. Mulai dari putih, ungu, hingga kuning, semua sangat cantik untuk dijadikan sebagai bunga hias di atas meja.

Itu tadi deretan jenis bunga krisan yang cocok dijadikan hiasan rumah. Kamu paling suka yang mana, nih?

Baca Juga: Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor Terfavorit

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Ini dia 10 Tanaman yang Bisa Menjernihkan Udara di sekitar Rumahmu!