Bela, apa akhir-akhir ini kamu sedang tertarik untuk mempercantik kebun atau pekarangan rumahmu? Kalau iya, kamu bisa coba untuk menanam atau meletakan berbagai tanaman bunga hias cantik di sana, lho!

Dijamin, warna-warni cantik dari macam-macam bunga hias yang tumbuh subur di rumahmu bisa buat mood-mu jadi lebih baik. Nggak cuma itu, pekarangan rumahmu pun pastinya jadi kian estetis dan asri. 

Kalau tetarik, simak 9 rekomendasi tanaman bunga hias cantik yang bisa kamu tanam di rumah berikut ini, yuk!

1. Mawar

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuArchpaper.com

Bicara soal macam-macam bunga hias, kayaknya nggak akan lengkap kalau melewatkan si cantik yang satu ini, ya!

Ya, mawar adalah salah satu jenis tanaman bunga hias yang sudah populer di kalangan pecinta tanaman bunga. Selain cantik dijadikan aksen dekorasi dalam pot kecil di sudut ruangan, menanam mawar di kebunmu juga bisa jadi pilihan bagus, lho!

Mawar punya banyak warna cantik selain merah. Ada yang putih, kuning, biru dan masih banyak lagi. Selain itu, mawar juga punya aroma wangi yang menyegarkan dan mampu menaikkan mood-mu selama #dirumahaja. 

2. Tulip

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuNwtravelmag.com

Tahu nggak sih, tulip adalah salah satu tanaman bunga hias yang paling banyak dibudidayakan manusia. Tulip banyak disukai karena punya bentuk yang elegan dengan warna-warni yang cantik. Mulai dari yang berwarna merah, kuning, pink, ungu, bahkan kombinasi cantik antara dua warna. Tertarik menanam jenis bunga hias yang satu ini, Bela?

3. Teratai

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuWatyutink.com

Kalau kamu punya kolam kecil di area kebun atau halaman rumahmu, percantik dengan bunga teratai, yuk!

Punya sekitar 50 spesies, bunga teratai tumbuh di permukaan air dengan bunga dan daunnya yang mengambang di permukaan air. Uniknya, jenis bunga ini akan tetap berwarna cerah dan cantik meski air di dalam kolam berlumpur. 

4. Anggrek

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik Rumahmugardenersworld.com

Bela, dari sekitar 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia, ada sekitar 5.000 spesies anggrek yang ditemukan di Indonesia. Anggrek juga jadi salah satu macam-macam bunga hias yang populer di Tanah Air.

Tanaman dengan nama latin Orchidaceae ini juga merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Mulai dari daerah dataran rendah hingga dataran tinggi, hingga dari kawasan yang bersuhu dingin hingga bersuhu panas. Hal ini jugalah yang membuat anggrek memiliki spesies yang beragam, Bela. 

5. Kembang Sepatu

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuDok. Internet

Berasal dari Asia Timur, kembang sepatu populer dijadikan sebagai tanaman bunga hias di daerah tropis dan subtropis. Macam-macam bunga hias dengan ciri khas kelopak yang lebar dan putik yang tinggi ini bisa tumbuh hingga 2 hingga 5 meter, lho!

Uniknya, kembang sepatu bukan hanya ditanam sebagai tanaman bunga hias, tapi juga sebagai obat. Ya, di Indonesia, kembang sepatu sering dikeringkan dan dijadikan teh karena dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. 

6. Bunga Matahari

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuPixabay.com

Bayangkan betapa cantiknya halaman rumahmu kalau ditumbuhi macam-macam bunga hias yang satu ini. Pasti Instagrammable banget, ya!

Jenis bunga matahari adalah satu jenis tumbuhan bunga hias dengan ukuran besar, dengan ukuran diameter kepalanya bisa mencapai 30 cm. Bunga hias bernama latin Helianthus Annuus L. ini juga terkenal cantik karena warna kuningnya yang cerah dan segar. 

7. Melati

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuDok. Internet

Ada mawar, ada melati, begitulah kata pepatah populer. Sama seperti mawar, macam-macam bunga melati juga salah satu jenis bunga terpopuler, khususnya di Indonesia. Misalnya saja, dari digunakannya bunga melati di pemakaman, hingga sebagai aksesoris kepala pengantin dalam beberapa pernikahan adat. 

Meski tak memiliki corak warna-warni ataupun bentuk yang unik, bunga melati tetap digemari para pecinta tanaman bunga hias. Salah satunya karena aroma harumnya yang kuat. 

8. Bugenvil

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuFreepik.com

Selanjutnya ada bugenvil. Jenis bunga hias yang berasal dari Amerika Selatan ini sudah sering dijumpai sebagai tanaman hias di pekarangan rumah maupun jalanan kota. Punya kelopak yang tipis, bugenvil kerap disebut sebagai bunga kertas. 

Bunga hias ini juga memiliki banyak variasi warna, lho! 

Ada yang merah cerah, jingga, merah muda, kuning, putih, ungu, hingga kombinasi dari beberapa warna. Bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia, bugenvil akan sangat cantik jika tumbuh rimbun di area pekaranganmu. 

9. Petunia

Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik RumahmuPlantopedia.com

Terakhir, ada si cantik bunga petunia. Bunga hias ini memiliki mahkota tunggal maupun ganda, berbulu halus dan tangkainya pendek. Variasi warnanya pun beragam. Mulai dari merah, putih, kuning, biru, hingga ungu. 

Berbeda dengan jenis tanaman bunga sebelumnya, bunga petunia termasuk riskan dan berumur pendek. Ia hanya bisa tumbuh berkembang satu kali saja seumur hidup. Namun, kamu bisa menyemai biji-bijinya agar tumbuh petunia baru. 

Kamu tertarik menanam macam-macam bunga hias yang mana saja, nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tanaman Daun Hias Tercantik Beserta Harganya

Baca Juga: Ini 9 Jenis dan Harga Tanaman Puring dengan Corak Tercantik