Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Patut Diteladani, Ini 4 Sifat Wajib Rasulullah yang Harus Kita Yakini

Sifat yang wajib ditiru umatnya

Romi Subhan

Nabi dan Rasul merupakan manusia terpilih yang dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya. Sebagai manusia terpilih, Allah SWT menjaga Nabi dan Rasul dengan sifat yang baik agar menjadi contoh bagi para pengikutnya.

Allah SWT mengaruniai Rasul dengan sifat-sifat yang baik agar dapat menjadi suri tauladan bagi manusia. Rasul memiliki empat sifat wajib yang harus kita yakni dan teladani. Apa saja sifat wajib Rasul tersebut?

1. As-Siddiq

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Sifat wajib yang dimiliki oleh Rasul yang pertama adalah As-Siddiq yang berarti selalu benar atau jujur. Semua Rasul Allah SWT tidak pernah berbohong baik kepada Allah SWT atau pun kepada manusia lainnya. Semua perkataan yang terucap dari mulut Rasul selalu benar dan jujur.

Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Maryam ayat 41 yang berbunyi sebagai berikut.

وَٱذْكُرْ فِى ٱلْكِتَٰبِ إِبْرَٰهِيمَ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا

Artinya: “Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Ibrahim di dalam kitab (al-Qur’an), sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan seorang nabi.” (Q.S. Maryam: 41)

2. Al-Amanah

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Selanjutnya, sifat wajib yang dimiliki oleh Rasul adalah Al-Amanah yang berarti dapat dipercaya. Sifat Al-Amanah pada Rasul memiliki arti bahwa Rasul dapat dipercaya. Mulai dari perkataannya, hingga perbuatannya semua dapat dipercaya.

Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Asy-Syu’ara ayat 106-107 yang berbunyi sebagai berikut.

إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ نُوحٌ أَلَا تَتَّقُونَ 

إِنِّى لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ

Artinya: “Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka, ‘Mengapa kamu tidak bertakwa?’ Sesungguhnya aku ini seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu.” (Q.S. Asy-Syu’ara: 106-107)

3. At-Tabligh

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Sifat wajib Rasul selanjutnya adalah At-Tabligh. Arti At-Tabligh sendiri adalah menyampaikan wahyu Allah SWT. Semua wahyu yang diberikan oleh Allah SWT selalu Rasul sampaikan semuanya kepada umatnya. Tidak ada satu wahyu pun yang disembunyikannya.

Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Al-Maidah ayat 67 yang berbunyi sebagai berikut.

۞ يَٰٓأَيُّهَا ٱلرَّسُولُ بَلِّغْ مَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ ٱلنَّاسِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: “Wahai Rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.” (Q.S. Al-Maidah: 67)

4. Al-Fatanah

Canva.com, Edited by Romi Subhan

Terakhir, Al-Fatanah atau yang berarti Rasul memiliki kecerdasan yang tinggi. Sifat ini wajib dimiliki oleh Rasul demi memerangi dan mengajak mereka yang masih enggan berjalan di jalan Allah SWT. Selain itu, dalam menyampaikan wahyu dari Allah SWT, Rasul membutuhkan strategi, diplomasi, serta kemampuan khusus agar dapat diterima oleh kaumnya.

Sifat ini tertulis dalam Alquran Surat Al-An’am ayat 83 yang berbunyi sebagai berikut.

وَتِلْكَ حُجَّتُنَآ ءَاتَيْنَٰهَآ إِبْرَٰهِيمَ عَلَىٰ قَوْمِهِۦ ۚ نَرْفَعُ دَرَجَٰتٍ مَّن نَّشَآءُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Dan itulah hujah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya.” (Q.S. Al-An’am: 83).

Itulah tadi empat sifat wajib Rasul yang patut kita teladani. Semoga kita bisa mencontoh sifat-sifat Rasul dan selalu mendapat berkah dari Allah SWT.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration