Kisah Hidupnya Penuh Hikmah, Ini 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

Umat Islam wajib tahu, nih!

Kisah Hidupnya Penuh Hikmah, Ini 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

Nabi dan Rasul termasuk dalam Rukun Iman, tepatnya Rukun Iman keempat setelah Iman kepada kitab-kitab Allah. Dalam Islam, ada 25 Nabi dan Rasul yang harus diyakini. Nabi dan Rasul tersebut memiliki urutan tertentu dan kisahnya masing-masing yang membuat kita semakin percaya dan mengakui ke-Esa-an Allah SWT.

Siapa saja 25 Nabi dan Rasul lengkap dalam Agama Islam tersebut? Yuk, mari mengenalnya satu per satu.

1. Nabi Adam AS

Kisah Hidupnya Penuh Hikmah, Ini 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

Nabi Adam merupakan manusia pertama di bumi. Sebelum turun ke bumi, Nabi Adam dan istrinya, Hawa, tinggal di surga. Karena rayuan iblis, Nabi Adam dan Hawa terlena kemudian memakan buah khuldi yang diharamkan oleh Allah SWT. Mengetahui hal ini, Allah SWT murka. Kemudian, Allah SWT menghukum Nabi Adam dan Hawa dengan cara menurunkan mereka ke bumi.

Selain sebagai manusia pertama, Nabi Adam juga merupakan nabi pertama yang ada di dunia. Dari Nabi Adam, lahirlah manusia hingga kehadiran Nabi Nuh dan menambah jumlah manusia sebanyak saat ini, dari anak-anaknya. Nabi Adam memiliki sepasang anak kembar yang menjadi cikal bakal lahirnya manusia dan nabi lainnya.

2. Nabi Idris AS

Nabi Idris merupakan nabi kedua yang sering disebutkan. Nama Nabi Idris disebut sebanyak dua kali dalam Alquran, tapi kisahnya tak tercantum di sana. Secara silsilah, Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam. Ia merupakan anak dari Qabil dan Iqlima.

Mendapat wahyu di usia 82 tahun melalui Malaikat Jibril, Nabi Idris menjadi nabi pertama yang dikaruniai kecerdasan luar biasa. Ia bisa membaca, menulis, berhitung, menjahit pakaian, serta gemar mengamati fenomena langit.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here