Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Cara Mengusir Cecak yang Ampuh dengan Bahan-Bahan di Rumah

Lakukan langkah mudah ini, yuk!

Romi Subhan

Cecak menjadi hewan liar yang banyak ditemukan di rumah-rumah. Meski terkadang cecak berfungsi untuk mengurangi populasi nyamuk karena sebagai makanan mereka, pada kenyataannya keberadaan cecak di rumah juga dapat mengganggu. Selain kotor, cecak juga menimbulkan bau kurang sedap pada rumah.

Supaya rumahmu bebas cicak, berikut cara ampuh mengusir cicak. Simak, yuk!

1. Tembakau

Unsplash.com/Kilian Seiler

Aroma tembakau yang menyengat ternyata sangat tidak disukai cecak. Binatang ini akan pergi menghindarinya begitu mencium aroma tembakau. 

Untuk mengusir cecak menggunakan tembakau, kamu hanya perlu tembakau secukupnya, plastik yang telah dilubangi dan karet. Masukan tembakau ke dalam plastik dan ikat. Kemudian, gantung tembakau di dekat jendela atau atas lemari, serta di tempat-tempat yang sering didatangi cecak.

Tembakau bisa kamu ambil dari bunganya yang dikeringkan. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli minyak esensial dengan aroma tembakau.

2. Bulu burung merak

Pexels.com/Magda Ehlers

Mencari bulu burung merak yang asli memang sulit. Namun, kamu bisa menggantinya dengan bulu burung merak artifisial yang dapat kamu beli di toko online.

Cara mengusir cecak menggunakan bulu burung merak sangat mudah. Kamu hanya perlu memasang bulu burung merak di tempat-tempat yang kerap disambangi cecak. Nantinya cecak akan kabur melihatnya, sebab bagi cecak, bulu burung merak mirip dengan mata burung.

3. Cangkang telur

Pexels.com/Netaly Reshef

Bau amis telur ternyata tidak disukai cecak, lho. Jika kamu memiliki cangkang telur, jangan langsung dibuang begitu saja. Kamu bisa menggunakannya untuk mengusir cecak.

Caranya, hancurkan cangkang telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk tersebut pada ventilasi udara. Atau jika kamu tidak ingin membuatnya berantakan, kamu bisa meletakan bubuk cangkang telur di dalam plastik yang telah dilubangi dan gantungkan di dekat ventilasi atau atas lemari.

4. Bawang putih, bawang merah dan merica

Pexels.com/Cats Coming

Bumbu dapur ternyata juga sangat ampuh untuk mengusir cecak dari rumah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan satu siung bawang putih, satu siung bawang merah dan merica secukupnya (takaran bisa ditambah jika kamu ingin membuat lebih banyak). Ketiga bahan ini memiliki bau menyengat yang sangat dibenci oleh cecak.

Ketiga bahan tadi dihaluskan menggunakan blender jadi satu. Jika sudah, masukan ke dalam botol semprot dan tambahkan air agar encer. Semprotkan larutan tersebut ke tempat-tempat yang sering didatangi cecak.

5. Lada

Pexels.com/Artem Beliaikin

Aroma lada yang pedas membuat cecak tidak betah dan akan segera pergi dari rumah kita. Untuk itu, salah satu cara ampuh mengusir cecak adalah dengan menaburkan bubuk lada di sudut-sudut yang sering disambangi cecak. Ulangi langkah ini dua kali seminggu sampai cecak benar-benar hilang.

6. Bubuk kopi

Pexels.com/Lisa

Bagi kita, aroma kopi bubuk sangat nikmat dan bisa menenangkan pikiran. Tapi, bagi cecak kopi bubuk adalah malapetaka. Untuk mengusirnya, kamu hanya perlu menaburkan kopi bubuk di tempat-tempat yang sering didatangi cecak. Pastikan untuk membersihkan kopi bubuknya sebelum menaburkan kembali dengan yang baru.

8. Bubuk cabai

Pexels.com/Rodnae Production

Sama seperti merica, bubuk cabai yang beraroma pedas sangat tidak disukai cecak. Kamu bisa menggunakan bubuk cabai yang mudah didapatkan di minimarket untuk mengusir cecak.

Taburkan bubuk cabai di tempat yang sering didatangi cecak. Berangsur-angsur, cecak tak akan berani kembali datang ke tempatmu lagi.

9. Cairan pemutih

Washingtonpost.com

Cecak juga sangat tidak suka dengan bau-bauan yang menyengat. Cairan pemutih menjadi salah satu bahan kimia yang memiliki bau menyengat dan mudah didapat. Kamu bisa memanfaatkan cairan pemutih ini untuk mengusir cecak.

Caranya, masukan cairan pemutih ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan cairan pemutih ke sudut-sudut atau tempat mana pun yang sering disambangi cecak.

10. Detergen

Pexels.com/Karolina Grabowska

Selain cairan pemutih, cairan sabun yang wangi juga tidak disukai cecak. Kamu bisa membuat cairan pengusir cecak yang mudah dan murah. Caranya, buat air sabun dan letakan di dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan air sabun secara berkala di dinding yang sering didatangi oleh cecak.

10. Obat nyamuk semprot

Sehatq.com

Obat nyamuk semprot ternyata tak hanya berfungsi untuk mengusir serangga. Produk ini ternyata ampuh untuk mengusir cecak karena aromanya yang menyengat. Jika kamu sering menyemprotkan obat nyamuk semprot di kamar tiap malam, jangan lupa untuk menyemprotkan juga sudut-sudut tempat cecak bersarang.

11. Kapur barus

TimesofIndia.com

Kapur barus menjadi salah satu bahan kimia yang mudah didapatkan dan murah. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dari kapur barus ini. Salah satunya untuk mengusir cecak. Kamu bisa meletakan satu hingga dua butir kapur barus tanpa dihancurkan di sudut-sudut rumah. Wangi kapur barus yang menyengat membuat cecak pergi dari rumah.

12. Serai

Greeners.co

Wangi serai yang menenangkan sangat dibenci cecak. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menggeprek serai sampai wanginya keluar dan meletakannya di sudut rumah. Namun, jika kamu tidak memiliki serai dan ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan minyak esensial beraroma serai.

Itulah tadi cara mengusir cicak yang ampuh dari rumah. Cara mana, nih, yang ingin kamu coba duluan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration