Sebal nggak, sih, jika di rumahmu ada tikus? Hewan pengerat ini benar-benar mengganggu. Mulai dari bisa merusak perabotan rumah, merusak persediaan makanan, hingga menimbulkan penyakit.

Jika kamu mengetahui ada tikus di rumah, cepat-cepat kamu usir tikus tersebut supaya nggak berkembang biak di rumahmu. Untuk itu, sebelum mengusirnya, kamu perlu mencari tahu jalur masuk tikus tersebut ke rumahmu. Apabila kamu menemukan lubang yang diduga menjadi jalur masuk tikus, cepat-cepat tutup lubang tersebut agar tikus tidak datang lagi.

Sumber masuk tikus telah ditutup, kini saat mengusir tikus. Tak sulit, kok, berikut lima cara mengusir tikus di rumah menggunakan bahan alami dan semua bahannya mudah didapat. Apa saja bahan tersebut? 

1. Kapur barus

Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahansehatq.com

Bahan ini sudah jadi pilihan pertama yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pengusir tikus alami. Selain mudah ditemukan, kapur barus juga mudah digunakan. Cara mengusir tikus dengan kabur barus ini cukup ditaruh di tempat-tempat yang sering dilewati tikus, maka tikus tidak akan lagi muncul. Sebab, tikus sangat tidak suka dengan wangi dari kapur barus.

2. Lada

Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahantanahkaya.com

Selain untuk memasak, lada juga bisa kamu gunakan untuk mengusir tikus. Bau pedas dan menyengat dari lada sangat tidak disukai tikus dan tikus pasti akan menghindarinya. Cara mengusir tikus menggunakan lada pun sangat mudah. Tumbuk lada hingga halus dan letakan di tempat-tempat yang diduga sebagai sarang tikus atau tempat yang dilalui tikus.

3. Bawang bombay

Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahansehatq.com

Sama seperti lada, bau bawang bombay yang menyengat sangat tidak disukai tikus. Kamu cukup mengiris-iris kecil bawang bombay dan letakan di tempat yang dilalui tikus. Dijamin, tikus akan menghilang dan tak akan kembali ke rumahmu lagi.

4. Detergen

Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahanamazine.co

Detergen juga menjadi bahan rumahan yang mudah ditemukan di rumahmu. Bahan yang biasa digunakan untuk mencuci ini ternyata ampuh mengusir tikus sekaligus menghilangkan baunya.

Cara mengusir tikus dengan detergen cukup mudah, campur dua sendok makan detergen dengan seperempat air dan dua cangkir amonia. Aduk hingga rata dan semprotkan pada sarang tikus atau tempat yang kerap dilalui tikus.

5. Daun salam

Mudah Didapat, 5 Cara Mengusir Tikus Menggunakan Bahan Rumahansehatq.com

Meski berguna sebagai penyedap makanan bagi manusia, ternyata daun salam bisa menjadi racun bagi tikus. Tikus yang memakan daun salam akan mati dengan sendirinya.

Kamu hanya perlu meletakan daun salam di tempat yang sering dilalui tikus. Saat tikus memakannya, tak lama kemudian ia akan mati. Jika sudah begini, siap-siap temukan bangkainya dan membuangnya agar rumahmu tidak bau.

Itulah tadi lima cara mengusir tikus dari rumah menggunakan bahan alami yang ampuh. Tetapi, selalu jaga kebersihan rumahmu, agar tikus juga ogah masuk rumahmu, ya.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Lidah Mertua Ini Ampuh Serap Racun dan Polusi

Baca Juga: Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir Kelabang

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Usir Kecoak Terbang di Rumah