Sebagai reptil merayap, cicak punya predikat buruk di mata banyak orang karena terbiasa dengan reaksi geli yang mereka lihat dari orang lain. Padahal, cicak berperan memakan serangga yang ada di rumahmu, seperti nyamuk, laron, atau serangga kecil lainnya. 

Sayangnya, reputasi sebagai hewan menggelikan tersebut, beriringan dengan mitos buruk jika ia sampai jatuh ke tubuhmu. Ada yang bilang jadi pembawa sial, rezeki tersendat, sampai kemalangan di masa depan. Jadi apa, sih, arti kejatuhan cicak?

1. Kejatuhan kotoran cicak

Kejatuhan Cecak Pertanda Buruk, Fakta Atau Mitos? Ini Penjelasannyaunsplash.com/SujeethPotla

Ada cerita kalau cicak digunakan para dukun atau paranormal, untuk mengirim santet dan penyakit. Nah, jika kamu sampai kejatuhan kotorannya, harus segera bersihkan diri dan hentikan segala aktivitas di luar rumah. Menurut mitos, kesehatan orang yang kejatuhan cicak akan menurun dengan cepat.

Fakta: Melihat dari sisi sains, tidak hanya, cicak, kamu juga bisa berisiko kejatuhan kotoran burung yang sedang terbang di atas kamu. Jadi, logikanya, binatang apapun yang ada di atas kamu, bisa saja memang sedang ingin buang kotoran di saat kamu sedang berada di waktu dan tempat yang salah.

2. Kejatuhan cicak di kepala

Kejatuhan Cecak Pertanda Buruk, Fakta Atau Mitos? Ini Penjelasannyaunsplash.com/JasonAn

Menurut beberapa kepercayaan, cicak yang jatuh tepat di atas kepala diartikan rezeki akan terhambat, kamu akan mengalami kecelakaan, hingga kehilangan anggota keluarga. 

Fakta: Jika kamu turut meyakininya, tidak ada salahnya untuk lebih banyak berdoa untuk keselamatan seluruh anggota keluarga. Namun, tetap berpikir positif, karena pada kenyataanya, cicak bisa jatuh dari ketinggian karena dipengaruhi dari tekstur tembok, Bela. Cicak tidak suka berjalan di permukaan tembok yang teksturnya terlalu kasar dan terlalu halus, sehingga ia memilih menjatuhkan diri.

3. Cicak jatuh dekat dengan tubuh kita

Kejatuhan Cecak Pertanda Buruk, Fakta Atau Mitos? Ini Penjelasannyaunsplash.com/FarisMohammed

Ci luk, ba! Tiba-tiba saja si cicak muncul di depan muka yang bikin kita otomatis menjerit! Konon, jika ada cicak yang jatuh dan nyaris mengenai tubuh, pertanda kamu akan dijauhkan dari masalah dan malapetaka. Wah, bagus, bukan?

Fakta: Mengacu pada sifat cicak yang tidak suka tekstur tembok kasar, ketika cicak berjalan di permukaan yang kasar, ia akan mengangkat tubuhnya. Sehingga, kakinya tidak bisa menahan berat tubuhnya yang ia angkat. Hal ini yang menyebabkan cicak bisa jatuh. Begitu pula ketika cicak berjalan di permukaan tembok yang terlalu halus. Rambut-rambut halus di telapak kaki cicak sulit masuk ke lapisan tembok, sehingga ia tidak bisa menempel terlalu lama.

4. Cicak jatuh di area tangan

Kejatuhan Cecak Pertanda Buruk, Fakta Atau Mitos? Ini Penjelasannyaunsplash.com/DaiLopezKDE

Secara umum, jika kamu kejatuhan cicak di tangan, maka bisa jadi pertanda mendapatkan pekerjaan baru, keuangannya lebih lancar, hingga apresiasi dari orang-orang sekitarmu mengenai kegiatan yang sedang kamu tekuni. Di Eropa, cicak yang merayap di tangan adalah pertanda bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang. Bagus, ya!

Fakta: Menilik dari sudut pandang agama apapun, ada baiknya kita selalu berbaik sangka. Sehingga, jika memiliki perasaan tidak enak akan masa depan yang tidak pasti, dianjurkan berdoa untuk memohon kelancaran dan perlindungan dari kesialan maupun malapetaka.

5. Penyebab cicak jatuh

Kejatuhan Cecak Pertanda Buruk, Fakta Atau Mitos? Ini Penjelasannyaunsplash.com/TateLohmiller

Kembali menilai dari sisi sains dan sifat binatang cicak sendiri, hewan ini memiliki organ khusus yang bisa membuat mereka menempel di tembok. Organ khusus tersebut berbentuk rambut-rambut halus yang sangat tipis di telapak kakinya. Untuk perbandingan, jika rambut manusia berukuran 100.000 nanometer, maka rambut halus di organ cicak berukuran 200 nanometer.

Nah, rambut halus ini disebut spatulae, Bela. Cicak memasukkan rambut-rambut halus ini ke dalam atom pada lapisan tembok, agar tubuh mereka seperti menempel dan terikat kuat. Hal inilah yang membuat ceiak bisa menempel pada tembok dan langit-langit ruangan. Jadi, kalau ia sampai jatuh, artinya permukaan tembok terlalu kasar atau terlalu lembut. 

Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat tembok atau dinding ruangan dengan tekstur kasar atau sekalian lembut, Bela. Sehingga, cicak ogah mampir dan berisiko jatuh di tubuhmu, deh.

Semoga artikel arti kejatuhan cicak ini bermanfaat ya, Bela.

Baca Juga: Lekat dengan Pertanda Kematian, Ini 7 Mitos Arti Mimpi Gigi Copot

Baca Juga: Pertanda Agar Tetap Waspada, Ini 10 Arti Mimpi Melihat Hantu

Baca Juga: Pertanda Baik Hingga Petaka, Ini Arti Mata Kanan dan Kiri Kedutan