Siapa yang mau rumahnya didatangi kelabang atau dikenal juga dengan nama lipan? Hewan berkaki banyak ini juga memiliki bisa yang sangat beracun bagi manusia. Meski tidak menimbulkan kematian, tetap saja kamu akan merasakan nyeri yang berkepanjangan akibat racun tersebut.

Supaya rumahmu terbebas dari kelabang, kamu bisa mencegah kedatangan mereka dengan lima cara mengusir kelabang di rumah dengan ampuh berikut ini.

1. Menggunakan air panas

Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir KelabangUnsplash.com/Joe

Jika tiba-tiba saja kamu menemukan kelabang di area kamar mandi, kamu tak perlu panik. Kamu cukup menggunakan air panas untuk mengusirnya, Bela. 

Hal yang perlu kamu siapkan adalah air panas. Nah, air panas ini tidak perlu langsung kamu siram ke tubuh kelabang. Kamu hanya perlu menyiramnya ke seluruh lantai kamar mandi. Diamkan dan tutup pintu kamar mandi. 

Lantai yang panas akan mengusir kelabang dengan sendirinya. Lakukan secara rutin seminggu dua kali agar kelabang tak muncul lagi.

2. Kapur anti serangga

Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir Kelabangpublicinsta.com

Sekarang sudah banyak kapur anti serangga yang dijual di supermarket. Kapur ini nyatanya juga ampuh untuk mengusir kelabang di rumah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggerus atau mencoret area yang sering di lewati oleh kelabang. Dijamin kelabang tidak akan berani lewat.

3. Kapur barus

Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir Kelabangsehatq.com

Selain menggunakan kapur anti serangga, kapur barus juga ampuh untuk mengusir kelabang. Kapur barus mudah ditemukan di supermarket terdekat dengan harga terjangkau.

Cara menggunakannya cukup mudah. Letakan beberapa butir kapur barus di tempat yang lembap. Misalnya, di setiap sudut kamar mandi. Wangi yang keluar dari kapur barus, tidak disukai kelabang. Dijamin kelabang akan menjauh.

4. Daun pandan

Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir Kelabanghellosehat.com

Bukan hanya menggunakan bahan-bahan kimia, kamu bisa menggunakan bahan alami sebagai cara mengusir kelabang dari rumah. Salah satunya adalah menggunakan daun pandan. Wangi dari daun pandan tidak disukai kelabang, sehingga kelabang akan menjauhinya.

Caranya, potong kecil-kecil daun pandan. Kemudian, letakan daun panda di tempat yang sering dilalui kelabang. Kelabang pun akan menghilang dan tak akan lagi muncul di rumahmu.

5. Cabai rawit

Gunakan Bahan Alami, Ini 5 Cara Ampuh Mengusir KelabangUnsplash.com/Elle Hughes

Biasa digunakan sebagai penambah rasa pedas dalam masakan, ternyata cabai rawit juga ampuh untuk mengusir kelabang dari rumah. Aromanya yang menusuk dan perih juga tidak disukai oleh kelabang. Untuk caranya, cukup iris tipis cabai, lalu taburkan pada area yang sering dilewati oleh kelabang. 

Itu dia cara mengusir kelabang di rumah dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, menjaga kebersihan rumah menjadi aspek penting agar kelabang tak muncul di rumahmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Langkah Membuat Semprotan Anti Serangga Alami

Baca Juga: Ini 7 Cara Ampuh Usir Kecoak Terbang di Rumah

Baca Juga: Ini Cara Rukiah Rumah dan Terbebas dari Gangguan Jin