Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Warna Cat Rumah yang Bagus untuk Model Minimalis

Supaya ruangan mungilmu terasa lapang

Niken Ari Prayitno

Selain furnitur, hal lain yang harus diperhatikan untuk menyiasati rumah minimalis agar terkesan luas adalah pemilihan model warna cat rumah yang bagus. Pemilihan cat yang tepat dapat membuat ruangan terkesan lapang dan nyaman.

Tidak sembarang warna yang bisa kamu pilih. Sebab, salah memilih warna yang tidak sesuai dengan perabotan malah membuat ruanganmu terkesan suram.

Lalu, apa saja warna cat rumah minimalis yang bagus dan sesuai denganmu? Simak referensinya berikut ini ya!

1. Kuning Lemon

housebeautiful.com

Salah satu trik membuat ruangan minimalis terlihat luas adalah dengan memilih warna-warna cerah pada dinding. Kuning lemon bisa menjadi pilihan warna cat rumah yang bagus untuk rumah minimalismu.

Jika kamu tidak suka mengecat ruangan secara keseluruhan dengan warna kuning lemon, buatlah bergaris seperti pada gambar. Selain modern, ruanganmu juga akan terkesan luas. 

2. Violet

housebeautiful.com

Trik lain untuk membuat kesan lapang pada ruangan minimalismu adalah dengan mengaplikasikan dua warna cat berbeda. Misalnya kamu bisa memilih warna violet.

Warna ini bisa memberikan ketenangan sekaligus kesan luas pada ruangan. Caranya, aplikasikan warna violet dengan dua gradasi berbeda pada satu sisi dinding yang sama.

3. Hijau Mint

housebeautiful.com

Jika kamu suka dengan perabotan berbahan kayu, maka warna dindingnya harus yang memberikan kesan 'ringan' supaya ruangan terlihat seimbang. Kamu bisa mencoba warna hijau mint sebagai latar perabotan kayu di ruanganmu.

4. Ocean

housebeautiful.com

Kesan adem dan nyaman bisa kamu dapatkan dari warna ocean. Turunan dari warna biru ini dapat memberikan ketenangan bagi ruangan mungil. Jangan lupa, tambahkan pula cahaya lembut, baik dari jendela maupun lampu, untuk dapat menghidupkan suasana. Itulah mengapa warna ini menjadi salah satu warna cat rumah yang bagus untuk rumah minimalis. 

5. Pink Coral

housebeautiful.com

Jika tidak ingin terlalu berlebihan dengan warna pink coral pada ruangan, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakannya sebagai warna pada frame pintu dan jendela. Padukan dengan warna lavender muda agar membuatnya terkesan segar dan cerah.

6. Pink Blush

housebeautiful.com

Warna pink blush cocok untuk ruangan minimalismu. Warna yang lembut namun tidak terlalu feminin ini sangat tepat jika diaplikasikan di dapur. Alasannya, selain memberikan kesan segar, pink blush juga menghadirkan kesan terbuka dan modern.

7. Barbie Pink

housebeautiful.com

Warna cat rumah yang bagus selanjutnya adalah barbie pink. Barbie pink bukan hanya memberikan kesan cerah pada ruangan, tetapi juga bisa menonjolkan sisi ruangan tertentu.

Ruangan minimalis akan sangat menarik perhatian jika diberikan warna Barbie pink. Kalau kamu tidak cukup percaya diri untuk mengecat seluruh ruangan dengan warna ini, pulaskan hanya pada satu sisi bagian dinding saja.

8. Light Lilac

housebeautiful.com

Butuh warna yang menenangkan untuk ruangan mungilmu? Kamu bisa mencoba warna light lilac. Warna yang merupakan turunan dari warna lavender ini bisa memberikan energi yang menenangkan namun juga memberikan semangat. Warna ini sangat cocok kamu aplikasikan pada kamar tidur.

9. Peach

housebeautiful.com

Ingin bermain lebih berani untuk ruangan minimalismu? Pilih warna-warna yang kontras. Misalnya warna peach pada dinding yang dipadukan dengan warna linen alami yang diaplikasikan pada furnitur. Dijamin, ruangan dengan warna-warna ini akan menjadi ruangan favorit kamu.

10. Soft Black

housebeautiful.com

Ingin mengecat warna hitam pada ruangan minimalismu namun takut terlalu gelap dan suram? Kamu bisa mencoba warna cat rumah yang bagus yakni soft black. Supaya kamarmu tidak suram karena menggunakan cat warna hitam, perhatikan pencahayaannya ya. Jika cahaya minim, kamu bisa memasang beberapa lampu sebagai penerangnya.

11. Beige

bhg.com

Rumah minimalis akan terasa nyaman dan hangat jika memakai cat warna beige. Kamu bisa mengaplikasikan cat warna ini ke seluruh dinding dipadukan dengan lantai berwarna cokelat. Supaya terlihat elegan, tambahkan furnitur yang memiliki sentuhan bumi seperti kursi dan lampu rotan seperti di atas. 

12. Moody Blue

hunker.com

Kalau kamu ingin ruangan yang sedikit lebih gelap, tetapi tidak suram, maka pemilihan cat rumah warna moody blue akan sangat cocok. Warna ini memiliki nuansa yang sejuk dengan percampuran antara warna biru dan magenta. Supaya lebih terang, kamu bisa menambahkan furnitur dengan warna-warna yang cerah, seperti krem.

13. Muted Green

bhg.com

Kembali dengan warna cat rumah yang bagus nuansa hijau, kali ini kamu bisa memakai warna muted green yang kalem dan nyaman dilihat. Warna ini tampak seperti warna-warna pastel yang cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya.

Seperti rumah minimalis di atas, kamu bisa memadukan dinding warna muted green dengan lantai kayu dan pintu warna hitam. 

14. Soft Grey

hunker.com

Warna soft grey mungkin sudah menjadi pilihan banyak orang untuk mewarnai dinding rumah mereka. Sebab, soft grey memberikan kesan yang elegan dan netral, serta membuat rumah tampak lebih luas.

Warnanya pun tidak terlalu gelap ataupun terang, sehingga nyaman untuk dipakai sebagai cat kamar. Sebagai perpaduannya, kamu bisa memilih furnitur kayu atau furnitur warna putih yang netral. 

15. Teracotta

bhg.com

Kalau kamu ingin membuat rumah minimalismu menjadi lebih ceria, silakan pilih warna cat rumah yang bagus satu ini. Ya, warna teracotta merupakan warna oranye pucat yang santai.

Berbeda dengan warna oranye kebanyakan, warna teracotta ini tidak mencolok mata sehingga cocok dipakai ssebagai warna dinding rumah. Dengan cat rumah warna teracotta, rumah minimalismu akan tampak lebih hangat dan cerah. 

16. Putih

bergernepal.com

Tak perlu diragukan lagi, warna cat putih memang memberikan kesan yang luas dan elegan untuk semua jenis rumah. Warna ini juga netral sehingga cocok dipadukan dengan berbagai macam warna lainnya.

Seperti contoh di atas, kamu bisa memadukan cat dinding warna putih dengan lantai dan furnitur kayu untuk membuat rumah terkesan lebih nyaman. 

17. Charcoal

bergernepal.com

Beralih dari warna putih, warna cat rumah yang bagus kali ini cukup unik yakni warna charcoal. Warna ini cocok untuk memberikan kesan minimalis pada rumah dengan perpaduan lembut antara warna abu-abu muda dan hitam. Supaya tidak terkesan suram, kamu bisa memadukan dengan lantai kayu dan pencahayaan yang cerah. 

18. Taupe

bhg.com

Hampir sama dengan warna beige, kamu juga bisa memakai cat warna taupe yang hangat dan netral. Warna perpaduan antara cokelat dan abu-abu ini memberikan kesan yang nyaman jika diaplikasikan ke dinding ruangan. Pada desain yang minimalis, rumahmu pun akan terlihat lebih mewah dan elegan. 

19. Rich Brown

bhg.com

Kembali ke warna gelap, kali ini kamu bisa memaka warna cat rich brown untuk memberi kesan minimalis tapi tetap bagus. Warna ini merupakan warna cokelat yang intens sehingga membuat ruangan tampak lebih mewah dan berkelas. Nah, untuk perpaduannya, kamu bisa memilih warna-warna furnitur yang lebih terang, seperti krem atau putih. 

20. Sage Green

hunker.com

Warna cat rumah yang bagus terakhir adalah warna sage green. Warna ini memiliki kesan yang menenangkan dan manis, cocok untuk desain rumah yang minimalis. Meskipun masih tergolong dalam warna hijau, tetapi sage green bisa dipadukan dengan banyak warna lainnya karena bersifat netral. Seperti contoh di atas, kamu bisa memadukan warna ini dengan furnitur warna soft pink dan putih. 

Itulah 20 warna cat rumah yang bagus yang bisa kamu aplikasikan untuk menciptakan ruangan nyamanmu sendiri. Selamat berkreasi!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration