Rumah yang nyaman bukan hanya terlihat dari tata ruangnya, namun pemilihan warna cat dinding juga memengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan. Memilih warna cat yang tepat ternyata dapat membuat kesan luas pada ruangan, sekaligus menghadirkan energi positif. Sehingga, kita bisa melepas stres dan selalu semangat menjalani hari.

Ingin mengubah suasana rumah atau ruangan menjadi lebih positif, Bela? Kamu bisa memilih delapan warna ini karena mampu menghadirkan aura positif. Apa saja?

1. Kuning

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifTophomedecors.com

Kuning dapat menghadirkan kesan ceria pada ruangan. Selain itu, dengan mengaplikasikan warna kuning pada dinding ruangan, akan menghadirkan kesan hangat dan ruangan juga terlihat lebih luas.

Selain kamar tidur untuk anak, kuning sangat cocok diaplikasikan pada ruang keluarga atau ruang santai. Sehingga, saat semua orang berkumpul di ruangan tersebut, akan semakin terasa kesan kekeluargaan dan keceriaannya.

2. Biru

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifUnsplash.com/Chastity Corjito

Biru menjadi salah satu warna yang banyak dipilih untuk warna cat dinding rumah. Sebab, warna ini dapat menghadirkan kesan yang menenangkan. Varian biru cukup banyak, mulai dari warna biru tua, hingga muda. Pilih warna biru tua untuk kesan elegan dan tenang. Sementara biru muda dapat menghadirkan kesan hangat dan nyaman.

Warna biru tua dapat kamu aplikasikan pada kamar tidur. Sehingga, dapat memberi kesan tenang saat beristirahat. Untuk warna biru muda, dapat kamu aplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga.

3. Hijau

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifDecoist.com

Warna hijau pada ruangan dapat memberi kesan natural yang menenangkan. Namun, warna hijau terbilang cukup tricky saat pengaplikasiannya. Jika kamu memilih warna hijau terlalu gelap pada ruangan yang minim penerangan atau jendela, bisa jadi kesan suram dan pengap yang kamu dapatkan.

Maka dari itu, padukan warna hijau dengan putih, supaya lebih seimbang. Bisa juga, aplikasikan pada ruangan yang memiliki banyak jendela, sehingga tidak terkesan suram.

4. Putih

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifUnsplash.com/Obi Onyeador

Rumah-rumah minimalis masa kini mengandalkan putih untuk cat dindingnya. Sebab, selain memberi kesan luas, putih juga dapat menghadirkan kesan segar dan bersih. Maka dari itu, putih selalu diaplikasikan pada kamar mandi atau dapur.

Supaya tidak monoton, padukan putih dengan warna-warna natural. Seperti warna cokelat kayu atau hijau muda. Sehingga, kesan hangat akan terasa pada ruangan tersebut.

5. Merah Muda

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifAcorncase.com

Warna merah muda identik dengan kamar anak perempuan. Namun, sebenarnya warna ini bukan mutlak feminin, kok. Nggak ada salahnya juga jika kita memilih warna merah muda untuk cat dinding kamar. 

Merah muda melambangkan ketenangan jiwa dan kebaikan. Maka dari itu, dengan mengaplikasikan warna merah muda pada dinding ruangan, diharapkan dapat melepas perasaan negatif dan stres.

6. Abu-Abu

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifHomesandgardens.com

Kalau putih dirasa terlalu membosankan untukmu, kenapa tidak mencoba abu-abu untuk cat dinding ruangan? Abu-abu akan memberikan efek yang menenangkan hati dan santai. Supaya tidak terlalu suram karena gelap, kombinasikan abu-abu dengan putih atau biru. 

Abu-abu cocok diaplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga. Sehingga, saat kita berada di ruangan tersebut, kita akan merasa lebih tenang dan santai.

7. Ungu

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura Positifsuperiorhealthawaitsyou.com

Sama seperti merah muda, warna ungu juga identik dengan perempuan. Warna ini menghadirkan kesan elegan, nyaman, serta tenang jika kamu aplikasikan pada ruangan.

Karena efeknya itulah, warna ungu kerap diaplikasikan pada ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar tidur. Jika ingin ruanganmu tidak terlalu gelap, pilih warna ungu muda atau mengombinasikannya dengan putih.

8. Cokelat

8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura PositifHouzz.com

Sejak merebaknya tren drama Korea, warna cokelat menjadi favorit untuk diaplikasikan pada dinding rumah. Khususnya pada kamar. Warna-warna cokelat ini terlihat natural dan dapat memberi kesan luas, serta hangat pada ruangan.

Biasanya, warna cokelat ini dihadirkan lewat perabotan bermaterial kayu. Atau bisa juga dikombinasikan dengan putih, sehingga semakin estetik.

Itu tadi deretan warna cat rumah yang dapat mendatangkan aura positif. Jadi, kamu mau pilih warna apa, nih?

Baca Juga: Ini 7 Tren 2021 untuk Cat Dinding dan Desain Interior Rumah 

Baca Juga: 10 Inspirasi Artwork Dinding yang Siap Percantik Kamarmu

Baca Juga: 10 Warna Cat yang Bagus untuk Rumah Minimalis