Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

L’Oreal Fasilitasi Pelatihan Cegah Pelecehan di Ruang Publik Gratis

Kamu juga bisa ikutan, lho!

Niken Ari Prayitno

Pernah nggak, kamu melihat pelecehan yang terjadi di ruang publik, tapi nggak ada yang bisa kamu lakukan? Kamu hanya terpaku dan menganggap seolah tidak terjadi apa-apa karena rasa takut mengalahkan keinginanmu untuk menolong.

Menanggapi hal ini sebagai permasalahan yang serius, L’Oreal Paris bekerja sama dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Hollaback! Jakarta, meluncurkan kampanye Stand Up Against Street Harrasement. 

Kegiatan ini merupakan pelatihan global intervensi pelecehan seksual di ruang publik di Indonesia. Program ini dirancang khusus untuk memberdayakan perempuan sekaligus mendukung saksi insiden, untuk membantu korban dan mengintervensi pelaku dengan cara yang aman.

Bagaimana cara ikut pelatihan ini? Simak penjelasannya berikut.

3 misi utama kampanye Stand Up Against Street Harrasement

Unsplash.com/Remi Walle

Dalam perayaan 50 tahun tagline ikoniknya, We’re Worth It, L'Oréal Paris melanjutkan upayanya untuk mendobrak batasan-batasan demi memberdayakan perempuan melalui kecantikan dan membangun kepercayaan diri. Salah satu manifestasi dari Brand Purpose L’Oreal Paris adalah program Stand Up Against Street Harassment yang telah diluncurkan secara global sejak tahun 2019.

Ada pun misi utama dari kampanye ini adalah sebagai berikut.

  1. Menyadarkan masyarakat mengenai topik pelecehan seksual di ruang publik melalui kerja sama dengan Komnas Perempuan, didukung oleh UNFPA, komunitas, dan media.
  2. Melatih 100.000 masyarakat Indonesia untuk berperan aktif melalui pelatihan metode 5D yang mudah untuk intervensi insiden pelecehan seksual di ruang publik baik secara mandiri di website, dan juga pelatihan bersama Hollaback! Jakarta.
  3. Membantu penyediaan pendampingan dan penyediaan ruang aman melalui program Pundi dari Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa).

Pelecehan di ruang publik bukan hal yang sepele

Dok. L'Oreal Paris

Pelecehan seksual di ruang publik merupakan isu yang mengkhawatirkan di Indonesia. Apalagi karena sampai saat ini belum ada payung hukumnya, sementara pembahasan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual masih tertunda. Namun untuk penanganannya, seluruh pihak termasuk lembaga pemerintahan, aparat hukum, dan masyarakat umum perlu terlebih dahulu memahami bahwa insiden ini bukanlah hal yang sepele.

“Oleh karena itu, sebagai lembaga negara independen yang bergerak untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia, kami menyambut baik inisiasi kampanye Stand Up Against Street Harrasment dari L'Oréal Paris. Kampanye ini menawarkan solusi bagi masyarakat dalam mencegah dan dengan aman menghentikan tindak pelecehan seksual di ruang publik,” kata Andy Yentriyani selaku Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, seperti dikutip dari rilis yang diterima oleh Popbela.com.

Pelatihan 5D hadir sebagai solusi

Dok. L'Oreal Paris

Seringkali ketika kita menjadi saksi insiden pelecehan seksual di ruang publik, kita berpikir bahwa kita tidak dapat membantu. Untuk persepsi seperti inilah Training 5D hadir sebagai solusi, sebuah metode intervensi yang telah diakui oleh sejumlah ahli sebagai solusi aman, praktis dan efektif untuk diimplementasikan, baik bagi saksi maupun korban pelecehan seksual.

“Bersama-sama kita berlatih untuk mengambil tindakan 5D yakni, Dialihkan, Dilaporkan, Dokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan untuk membantu korban seketika, sehingga merasa aman di ruang publik,” kata Anindya Restuviani, Site Leader dan Co-Director of Hollaback! Jakarta.

Cinta Laura sebagai spokeperson L’Oreal Paris terbaru

Instagram.com/lorealindonesia

Bersamaan dengan peluncuran kampanye ini, L'Oréal Paris juga memperkenalkan Spokesperson barunya, Cinta Laura yang juga terpilih sebagai Duta Anti-Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Kampanye Stand Up Against Street Harrasment adalah misi pertama Cinta sebagai bagian dari keluarga L'Oréal Paris Indonesia.

“Aku percaya setiap individu sangatlah berharga, dan kita berhak untuk merasa aman dan nyaman untuk menjalani hidup kita dan mencapai impian kita. Bersama-sama kita bisa mengakhiri isu ini, dan membuat perempuan Indonesia merasa aman di tempat umum. Itu sebabnya, aku bangga bisa menjadi Spokeperson L’Oréal Paris dan menggunakan suaraku untuk memberikan inspirasi melalui edukasi dan mengajak semua orang mengikuti pelatihan ini, karena saat yang lain diam saja, #WeStandUp!,” ujar Cinta Laura, Spokesperson L'Oréal Paris.

Menargetkan 100 ribu warga Indonesia untuk mengikuti pelatihan ini

Dok. L'Oreal Paris

Sesuai dengan misi kampanye Stand Up Against Street Harassment, L’Oreal menargetkan 100 ribu warga Indonesia dapat mengikuti pelatihan ini di tahun 2021. Jika kamu salah satu yang tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut, kamu dapat mengaksesnya secara gratis di www.standup-indonesia.com/training.

Siap jadi sosok yang lebih kuat untuk melawan pelecehan di ruang publik, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration