Akhir pekan kemarin (20/06), Twitter diramaikan oleh kabar dua perempuan yang menuduh Justin Bieber melakukan pelecehan seksual terhadap mereka, beberapa tahun lalu. Mereka turut berbagi pengalaman masing-masing dengan musisi tersebut di media sosial.

Pada 20 Juni, seorang perempuan yang diidentifikasi sebagai Danielle mengunggah cerita dugaan serangan seksualnya di Twitter, dengan merinci bagaimana dia bertemu Justin di sebuah acara musik Austin, Texas, pada Maret 2014.

"Seorang lelaki kemudian mendekati aku dan teman-temanku, dan bertanya kepada kami apakah kami ingin bertemu Justin. Tentu saja kami menjawab, ‘ya’,” tulisnya. Bieber bergaul dengan kelompok itu sebentar, dan mengundang mereka semua untuk menemaninya kembali ke kamarnya di hotel Four Seasons. "Justin telah membuatku setuju untuk tidak mengatakan apa pun kepada siapa pun, atau aku bisa mendapat masalah hukum yang serius," jelas Danielle, yang berusia 21 tahun saat itu. “Dia kemudian meminta saya untuk bergabung dengannya di tempat tidur. Saat itulah saya bertanya pada diri sendiri, Bagaimana mungkin ini normal?"

Danielle mengklaim bahwa musisi 26 tahun tersebut menyerangnya secara seksual setelah mereka sempat bermesraan, meskipun dia keberatan untuk berhubungan seksual dengannya. "Tubuhku terasa kaku," katanya. "Aku tidak ingin menjelaskan secara terperinci tentang apa yang terjadi selanjutnya."

Saat ini, akun @danielleglvn tersebut sudah menghapus cuitan tuduhannya. 

Allison Kaye, perwakilan untuk Justin, membantah klaim itu dalam komentarnya kepada PopCrave. Dia mengatakan bahwa Justin menginap di Airbnb pada malam yang dituduhkan dan menginap di hotel Austin yang berbeda malam berikutnya. "Maaf, butuh waktu lama untuk merespon," tambah Kaye, "tapi kami ingin menghormati dan mengatasinya dengan info nyata."

Setelahnya, satu lagi perempuan turut menuduh suami dari Hailey Bieber tersebut akan pelecehan seksual di tahun 2015. Seorang perempuan bernama Kadi mengklaim bahwa pengawal Justin mengundangnya ke kamar hotelnya setelah acara meet & greet di Kota New York pada Mei 2015. Ada beberapa orang yang hadir, termasuk bintang Disney Channel, Kyle Massey. Kadi bercumbu dengan penyanyi yang kala itu masih berkencan dengan Selena, di sofa. Tetapi keadaan berubah ketika dia mengunci mereka di kamar mandi dan mulai membelai tubuhnya. "Aku memintanya untuk berhenti," katanya, "dan terus mengatakan bahwa aku tidak bisa berhubungan seks dengan siapa pun sebelum menikah."

Justin diduga melakukan pelecehan seksual kepadanya, tetapi Kadi mampu mendorong dan menendangnya di antara kedua kakinya dan berlari ke ruang tamu. Dia mengatakan bahwa dia harus mencari perawatan mental dan menghadiri rehabilitasi setelah serangan itu. Sejak Kadi berbagi kisahnya, beberapa tweet yang kontradiktif muncul kembali dari akun Twitter-nya. Pada Juni 2015, misalnya, dia menulis bahwa dia tidak pernah bertemu Justin.

Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual, Justin Bieber Angkat Bicarastylecaster.com

Selang satu hari, akhirnya Justin melakukan klarifikasi panjang di akun Twitter miliknya. “Aku biasanya tidak membahas hal tertentu, karena aku sudah berurusan dengan berbagai macam tuduhan selama aku berkarier,” tulis Justin hari ini (22/06). 

"Rumor adalah rumor tetapi pelecehan seksual adalah sesuatu yang tidak aku anggap remeh. Aku ingin segera berbicara tetapi karena menghormati begitu banyak korban yang berurusan dengan masalah seperti ini setiap hari, aku ingin memastikan bahwa aku mengumpulkan fakta sebelum membuat pernyataan,” tulisnya lagi sebelum akhirnya menjelaskan dengan panjang lebar perihal keberadaan dirinya dan Selena—yang saat itu masih menjadi kekasihnya—yang sebenarnya.

Pemaparan dan bukti yang Justin unggah di Twitter, seperti mematahkan tuduhan akun Danielle dan Allison terhadap dirinya. Justin yang baru saja merilis lagu “Stuckwithu” bersama Ariana Grande ini menutup penjelasannya dengan menuliskan “Setiap klaim pelecehan seksual harus ditanggapi dengan sangat serius dan inilah mengapa tanggapanku diperlukan. Namun kisah ini secara faktual tidak mungkin dan itulah sebabnya aku akan bekerja dengan Twitter dan pihak berwenang untuk mengambil tindakan hukum.”

Tuduhan terhadap Justin ditanggapi sebagian warganet sebagai bentuk kesempatan orang untuk turut menjatuhkan nama baiknya, pasca tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Ansel Elgort. Namun, sebagian lagi meyakini bahwa tuduhan tersebut bisa saja benar, karena memang sulit sekali perempuan untuk mengungkapkan kebenaran pelecehan seksual terhadap dirinya, tanpa bisa menghindari bullying dan komentar yang meremehkan kejadian tersebut.

Jika memantau berita tersebut selama akhir pekan kemarin, menurut kamu, bagaimana Bela?

Baca Juga: Ansel Elgort Bantah Lakukan Pelecehan Seksual, Ini Kronologinya

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini Saat Mengalami Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Baca Juga: Kisah Artis Luar & Indonesia yang Pernah Mengalami Pelecehan Seksual