Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

"Ku Rindu Ibu", Ungkapan Perasaan Penuh Emosional dari Rizky Febian

Semua rasa rindu untuk sang ibu tercurah lewat lagu ini

Niken Ari Prayitno

Kehilangan sosok ibu tentu menjadi peristiwa paling menyedihkan bagi kita. Separuh jiwa seolah ikut melayang, kala kita mendengar kabar duka itu. Tak ada lagi hari-hari kita bersamanya. Karena itulah, saat sendirian, tanpa sadar kita sering merindukan sosok ibu.

Januari 2020, Rizky Febian kehilangan sosok ibu selama-lamanya. Kini, tepat satu tahun setelah kepergian sang ibu, Iky mengungkapkan segala rasa rindunya lewat lagu terbarunya yang berjudul "Ku Rindu Ibu".

Lagu yang tercipta karena rasa kehilangan yang teramat dalam

Lagu “Ku Rindu Ibu” tercipta ketika rasa kehilangan teramat dalam yang dirasakan Iky saat ibundanya meninggal. Iky merasa kariernya bisa berada di titik ini tidak luput dari doa seorang ibu yang selalu dipanjatkan untuknya. 

Iky menciptakan lagu ibu karena ia merasa sangat kehilangan orang yang disayanginya. Lagu yang juga ditulis sendiri oleh Iky ini diciptakan dalam waktu yang sangat singkat. "Ku Rindu Ibu" adalah bentuk pesan untuk ibunya yang sudah tiada dan sebagai motivasi bagi pendengar yang lain untuk selalu menjaga, menyayangi dan memberikan perhatian lebih untuk seorang ibu. 

Lagu ini pernah dibawakan langsung oleh Iky dalam konsernya pada Februari 2020 lalu, namun dalam versi yang berbeda. Butuh waktu untuk Iky menentukan rilisnya lagu ini, setelah disempurnakan lagi akhirnya Iky memilih hari ibu, 22 Desember 2020 sebagai tanggal rilisnya.

"Ku Rindu Ibu" adalah bentuk kerinduan seorang anak yang belum bisa membahagiakan ibunya

Makna lagu "Ku Rindu Ibu"  adalah bentuk kerinduan seorang anak yang belum bisa membahagiakan ibunya yang telah tiada. Lirik dalam lagu ini sangat menunjukkan rasa kehilangan Iky karena merasa belum bisa memberikan banyak hal bahagia yang pernah dijanjikannya. 

Dalam lagu ini Iky ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang di luar sana untuk selalu menyayangi ibu selagi masih ada. Karena kita tidak akan pernah tahu sampai kapan usia seseorang dan kita tak bisa lagi membahagiakannya ketika ibu telah tiada.

Konsep video klip yang sederhana

Jujur saja, saat pertama kali menyaksikan video klipnya, rasa haru langsung menyelimuti Popbela. Video klip dibuka dengan visual serba putih dengan beberapa ranting kayu dan kursi di tengah. Kemudian, Iky datang membawa buku harian ibunya dan membacakan satu tulisan yang pernah dibuat sang ibu. Rasa haru dan emosional langsung benar-benar terasa.

Diproduksi oleh tim RFAS Music milik Iky sendiri, hal ini memudahkan Iky menentukan visual dari lagu "Ku Rindu Ibu". Konsepnya dibuat sederhana, menggambarkan rasa kehilangan setelah ditinggalkan seseorang yang dicintai.

Meski tampilan visualnya sangat sederhana, tapi lirik dan instrumen yang mengiringinya sangat menyentuh hati. Rasa haru dan emosional benar-benar terasa, membuat kita tak cukup untuk mendengarnya hanya satu kali.

Lirik lagu "Ku Rindu Ibu"

Ku Rindu Ibu 

Sempat terfikirkan 'tuk mengakhiri perjalanan ini
Lelah yang membuat perasaan hilang seketika
S'lalu ku mencoba 'tuk melabuhi perasaan ini

Inginnya kujujur 'tuk ungkapkan rasa
Sulit 'tuk diriku menerima semua
Inginnya kujujur 'tuk ungkapkan rasa
Betapa belum siapnya ku tanpamu

Haruskah terdiam lama
Ketika kau tak ada
Hingga menjadi debu
Hilang tak berbekas

Tapi kehilanganmu ternyata ku memburu
Harus melepas namun ku tak ingin
Ketika terlepas hanya tersisa penyesalan ini
Penyesalan ini, huu...

Tepukan ringan di pundakku menjadi penyemangat
Usapan rambutmu adalah bukti kasih
Meski ku tak sempat membalas itu semua
Kuyakin kau s'lalu memahami itu

Ibu, ibu, ibu maafkanlah atas perbuatanku
Ibu kumemohon maafkan atas kelakuan diriku
Yang tak pernah berbakti kepadamu
Yang lalaikan semuanya atas semua yang t'lah engkau berikan

Ibu, ibu, semoga kau s'lalu tenang di sana
Ku s'lalu mendoakan di setiap sujudku
Agar kau tahu betapa ku menyayangi dirimu
Agar kau tahu betapa sayangnya diriku
Walau kita tak lagi sama

Hanya ingin kuungkapkan
Ku rindu ibu

IDN Media Channels

Latest from Inspiration