Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Aman Belanja Kebutuhan Pokok Secara Online

Pas banget diterapkan saat social distancing

Niken Ari Prayitno

Sejak diberlakukannya social distancing demi meminimalkan penularan virus corona, semua kegiatan sebisa mungkin dilakukan secara online. Mulai dari sekolah, bekerja, dan bahkan berbelanja pun menggunakan sistem online untuk mengurangi kontak sosial dengan orang lain.

Beruntung dengan banyaknya e-commerce dan toko yang berjualan secara online, kita sangat terbantu untuk membeli beragam kebutuhan. Termasuk kebutuhan pokok. Tapi jangan asal berbelanja juga ya. Perhatikan yuk, lima tips aman berbelanja kebutuhan pokok secara online berikut ini.

1. Buat Daftar Belanja dan Catat Pengeluaran

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Platform jual-beli online mempermudah masyarakat membuat daftar belanja sekaligus mencatat pengeluaran. Masyarakat bisa membandingkan harga dengan lebih cepat dan transparan. Catatan pengeluaran pun dapat terekam dengan lebih baik secara digital.

2. Hindari Belanja Berlebihan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pembelian bahan-bahan pokok sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan untuk menghindari berlebihnya pengeluaran atau terbuang sia-sianya produk yang tidak mampu bertahan lama. Bukannya menghemat, hal ini bisa merugikanmu, bukan?

3. Cari Tahu Beragam Promo

Popbela.com/Ayu Utami

Kamu bisa menemukan berbagai promo yang tersedia berkala di berbagai platform digital seperti Tokopedia, misalnya diskon, cashback dan barang gratis. Kamu juga dapat memanfaatkan layanan bebas ongkir demi efisiensi. Dengan memanfaatkan promo seperti ini kita bisa jadi lebih hemat, bukan?

4. Pilih Opsi Pengiriman Instan

Unsplash.com/Brett Jordan

Demi menjaga kualitas bahan pokok seperti sayuran, daging, ikan, telur dan sebagainya, masyarakat disarankan untuk memilih opsi pengiriman dalam hari yang sama. Sebelum membeli, ada baiknya bertanya mengenai kesediaan produk dan kesiapan penjual dalam memproses pesanan.

5. Perhatikan Deskripsi dan Ulasan Produk

Dok. Tokopedia

Sebelum membeli secara online, sebaiknya selalu memperhatikan deskripsi produk, terutama untuk bahan-bahan pokok. Hal ini penting untuk mengetahui ketahanan produk dan saran pengiriman atau penyimpanan yang baik dan benar dari penjual. Ulasan produk juga penting diperhatikan untuk menambah informasi sebelum membeli, terutama yang memuat foto.

Selamat berbelanja, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration