Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 10 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman yang Wajib Kamu Ketahui

Atasi masalah di kebunmu dengan satu produk ajaib

Natasha Cecilia Anandita

Baking soda atau natrium bikarbonat memang diketahui memiliki segudang manfaat. Tak hanya dapat digunakan sebagai bahan pengembang membuat kue, baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih dapur dan kamar mandi. Tapi, tahukah kamu kalau baking soda juga bermanfaat untuk tanaman?

Baking soda dapat menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan di kebunmu. Permasalah hama, pertumbuhan tanaman, hingga pH tanah bisa kamu atasi dengan baking soda. Berikut ada 10 manfaat baking soda untuk tanaman.

1. Mengetahui tingkat pH tanah

freepik.com/jcomp

Baking soda dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat pH tanah. Sebelum menanam, kamu bisa mencoba untuk menguji tingkat keasaman tanah. Tanah yang baik adalah tanah yang memiliki pH yang tidak terlalu asam atau tidak terlalu basa. Cara mengujinya, ambil sesendok tanah dari kebun dan basahi dengan air minum dan percikkan segenggam baking soda ke bagian tanah yang basah. Jika tanah mulai berbuih, artinya tingkat keasaman tanah kebun lebih rendah dari 5.

2. Mengurangi bau dari pupuk kompos

hgtv.com/Hannah Slaughter

Pupuk kompos memang memiliki bau yang tak sedap, karena merupakan hasil pembusukkan dari sampah organik. Untuk mengurangi bau tersebut, kamu bisa gunakan larutan air dan baking soda. Atau kamu bisa memasukkan baking soda ke dalam wadah kompos.

3. Pupuk tanaman

freepik.com/prostooleh

Kamu juga bisa memanfaatkan baking soda sebagai pupuk untuk membuat tanaman kembali segar. Caranya, campurkan satu sendok makan (sdm) baking soda, setengah sdm amonia, dan satu sendok teh garam epsom, kemudian larutkan dalam 4,5 liter air. Siram larutan tersebut ke tanaman yang pertumbuhannya lambat dan layu. Tanaman pun akan kembali segar dan subur.

4. Membuat tomat lebih manis

pixabay.com/Bru-nO

Siapa yang suka tomat? Nah, kamu yang berniat menanam tomat atau sudah ada tanamannya, bisa gunakan baking soda untuk membuat tomatmu menjadi lebih manis.

Caranya mudah, kok, Bela. Taburkan sedikit baking soda di tanah di sekitar tanaman tomatmu untuk menurunkan tingkat keasaman. Semakin rendah kadar asamnya, maka tomat pun akan semakin manis. Tapi, pastikan baking soda tidak mengenai tanaman, ya.

5. Membuat bunga selalu segar

pixabay.com/mabelamber

Salah satu dekorasi rumah yang menarik dan cantik adalah adanya bunga segar di vas. Bunga potong yang dimasukkan ke dalam vas berisi air akan terlihat menyegarkan dan cantik, belum lagi jika mengeluarkan aroma yang wangi. Untuk menjaga bunga potong di vas air selalu segar, kamu bisa menambahkan satu sendok teh baking soda.

Selain menjaga kesegaran bunga potong di vas, larutan air dan baking soda juga bisa kamu aplikasikan ke tanaman bungamu di kebun. Bunga-bunga mekar itu akan lebih cepat dan tumbuh memesona. Tapi perlu diperhatikan juga, siram larutan tersebut sedikit saja dan pastikan cairan tidak langsung mengenai tangkai dan kuncup bunga.

6. Cegah jamur dan membersihkan daun

shutterstock.com

Jamur adalah salah satu penyakit tanaman yang paling dihindari. Tak hanya mengurangi kualitas tanaman, penampakan tanaman pun tidak menawan lagi. Kamu bisa mengatasinya menggunakan baking soda, lho, Bela. Campurkan 1 sendok teh baking soda dan 2-3 tetes sabun cair dalam 1 liter air. Semprotkan larutan tersebut pada tanaman yang terinfeksi. Baking soda membantu tanaman menjadi kurang asam dan mencegah pertumbuhan jamur. Karena terbilang cara alami, efeknya mungkin akan lebih lama terlihat.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan daun dari debu dan minyak dengan larutan air dan baking soda. Basahkan kain lap dengan larutan tersebut, lalu usapkan secara perlahan pada daun. Namun, kamu harus tetap mengamati reaksi setiap tanaman dengan hati-hati karena penyemprotan dan pemakaian larutan yang berlebihan justru akan merusak tanaman tersebut.

7. Bunuh ulat pemakan daun

pixabay.com

Hama adalah salah satu musuh besar untuk tanaman. Hama dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Salah satunya adalah ulat daun. Untuk menghalaunya, kamu dapat mencampurkan satu sdm tepung dan satu sdm baking soda pada tanaman. Taburkan campuran ini pada daun. Ulat akan mati setelah memakannya.

8. Basmi kutu daun

freepik.com/wirestock

Selain hama ulat, kutu daun juga dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Mereka suka memakan batang tanaman yang lembut dan mengeluarkan zat lengket manis yang menarik semut serta menyebabkan tumbuhnya jamur hitam. Jamur inilah yang memengaruhi proses fotosintesis dan menjadi penyakit untuk tanaman.

Akibatnya, tunas baru akan cacat dan tanaman kehilangan kekuatannya. Untuk itu, kutu daun harus dibasmi, caranya mudah, semprot larutan baking soda, air bersih, serta sabun pada tanaman. Tetap pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, ya, Bela!

9. Usir semut

pixabay.com/macrotiff

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kutu daun yang menghasilkan zat lengket manis dapat mengundang semut untuk menyerbu tanaman. Untuk mengusirnya, kamu bisa manfaatkan baking soda yang dicampur dengan air bersih serta tambahan pupuk mineral lain, seperti campuran Viçosa atau Bordeaux.

Vicosa adalah adalah campuran air, tembaga sulfat, seng sulfat, magnesium sulfat, asam borat, dan kapur terhidrasi. Sedangkan, Bordeaux adalah campuran air, tembaga sulfat dan kapur terhidrasi.

Dengan cara tersebut, semut tidak akan tertarik lagi karena mereka tidak dapat menemukan molase atau zat lengket manis yang dihasilkan oleh kutu daun. Kamu juga bisa hanya dengan menaburi soda kue di area sekitar tanah tanamanmu.

10. Jauhkan hama siput dan kelinci

pexels.com/PhotoMIX Ltd

Jika kamu memiliki kelinci di rumah dan sering melepasnya bermain di kebun, kamu harus memerhatikan tanamanmu. Kelincimu bisa saja memakannya. Oleh karena itu, kamu bisa menaburkan baking soda di sekitar tanaman agar kelinci enggan mendekatinya. Hal tersebut juga berlaku untuk membasmi siput yang mengganggu dan memakan tanamanmu.

Itulah 10 manfaat baking soda untuk tanaman yang wajib kamu tahu. Karena baking soda juga mengandung zat kimia, maka penggunaannya harus diperhatikan dan tidak berlebihan, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration