Tanaman yang cantik dan segar adalah tanaman yang daunnya tampak mengilap dan bersih. Sama seperti permukaan benda di rumah, daun tanaman juga bisa menumpuk debu, lho, Bela. Tanaman juga menyaring debu dengan proses transpirasi mereka dari udara. Untuk itu, harap diperhatikan dan dirawat dengan benar.

Tumpukkan debu tersebut harus dihilangkan secara teratur untuk memastikannya bersih, cantik, serta segar. Hal ini juga membantu tanaman meningkatkan transpirasi alami dan proses fotosintesis mereka. Cara membersihkannya pun cukup dengan mengelapnya. Pastikan secara perlahan dan penuh perhatian, ya.

Untuk lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa bahan saat mengelapnya. Tak perlu susah-susah, kamu cukup gunakan bahan-bahan di sekitarmu. Mau tahu apa saja bahannya? Berikut Popbela rincikan.

1. Campuran susu dan air

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan AlamiPixabay.com/Myriams-Fotos

Cara dan bahan pertama yang bisa kamu gunakan adalah campuran susu dan air. Masukkan susu dan air dengan takaran atau perbandingan yang sama. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan daun-daun tanaman sudah dibersihkan dari debu yang menempel menggunakan tisu.

Setelah itu, celupkan ujung kain bersih ke dalam campuran air dan susu, kemudian usapkan pada bagian atas daun-daun tanaman. Kamu juga bisa menyemprotkannya pada pembukaan daun dan lap dengan kain lembut. Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan kilau alami daun tanaman.

2. Air sabun

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan AlamiCanva.com/StopThe Spread

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan air sabun. Cara satu ini tergolong sangat praktis. Campurkan sabun lembut atau sabun cuci piring dengan air. Untuk takarannya sendiri tergantung kebutuhanmu, tapi kamu bisa juga menggunakan satu gayung air dan tiga tetes sabun. Kemudian, lap daun menggunakan kain lap atau tisu yang dibasahkan dengan air tersebut. Pastikan mengelapnya secara lembut dan perlahan.

Tenang saja, tanamanmu tidak akan mati walau dibersihkan dengan air sabun, karena kita hanya mengelapnya saja, bukan menyiramnya.

3. Mayones

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan Alamifreepik.com/xamtiw

Selain enak dijadikan teman makan, mayones juga bisa kamu gunakan untuk membuat tanamanmu mengilap. Caranya, oleskan mayones dengan lembut pada permukaan daun, kemudian lap dengan handuk kertas atau kain bersih.

Selain membuat daun tampak berkilau, mayones juga bisa menjaga agar debu tidak mudah menempel pada daun. Sehingga tampilan tanaman akan tetap sehat, bersih, mengilap untuk waktu yang lebih lama.

4. Kulit pisang

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan Alamipexels.com/shvets-production

Kulit pisang juga bermanfaat sebagai pembersih daun tanaman secara alami. Gunakan bagian dalam kulit pisang untuk menggosok permukaan daun. Lakukan selama sepuluh detik dan seminggu sekali atau ketika tanaman terlihat kurang menarik. Kandungan alami dan minyak di kulit pisang ini akan membantu membuat daun tanaman lebih mengilap serta memberikan aroma sedap.

5. Sabun cuci piring, cuka dan minyak kelapa

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan Alamifreepik.com

Dikutip dari Outside In, cara selanjutnya untuk mengkilapkan daun tanaman adalah menggunakan campuran sabun cuci piring, cuka dan minyak kelapa. Takaran ramuan satu ini adalah dengan mencapurkan:

  • 2 cup air
  • 1/2 sendok makan cuka
  • 2 tetes sabun cuci piring (kalau bisa yang organik)
  • 2 tetes minyak kelapa

Setelah dicampur, kamu bisa mengoleskannya ke daun melalui botol semprot atau dengan mencelupkan kain dan mengelap daun tanaman. Pastikan untuk menggunakan kain lembut (seperti microfiber) agar daun tanaman tidak rusak.

6. Santan kelapa

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan AlamiPexels.com/elif tekkaya

Kamu bisa menggunakan santan kelapa untuk membuat daun tanamanmu segar dan mengilap. Serat atau ampas santan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan daun pada tanaman hias. Caranya, tuangkan santan kelapa ditambah sedikit air (sekitar 20%) ke dalam botol.

Cara mengaplikasikannya, yaitu ambil kapas secukupnya, lalu basahi dengan campuran santan kelapa dan air. Kemudian oles-oleskan kapas ke daun tanaman hias dengan perlahan. Usahakan tidak terlalu keras, agar tidak merobek daunnya.

7. Baby oil atau minyak goreng

Makin Mengilap, Ini 7 Cara Bersihkan Daun Tanaman dengan Bahan Alamipixabay.com/Silviarita

Selain memakai santai kelapa, agar daun pada tanaman hias mengilap, kamu bisa memakai baby oil atau minyak goreng. Kedua bahan ini tidak perlu dicampur dengan air lagi, ya, Bela.Takarannya sendiri disesuaikan dengan jumlah daun yang akan dibersihkan.

Untuk cara mengaplikasikannya, kamu bisa gunakan kapas untuk mengelap daun dengan baby oil atau minyak goreng. Oleskan kapas tersebut ke daun tanaman hias dengan perlahan.

Itu dia sejumlah bahan alami pengilap daun tanaman yang bisa kamu pakai. Tinggal pilih saja yang sesuai atau yang ada di rumahmu. Selamat mencoba.

Baca Juga: Jangan Dibuang! 8 Sampah Dapur Ini Bisa Jadi Penyubur Tanaman

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati dan Minim Perawatan

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu