Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Obat Cacing Kucing yang Bagus dan Harganya

Jangan dibiarkan, ya!

Nafi' Khoiriyah

Bukan hanya manusia, kucing juga rentan terkena cacingan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa semakin berbahaya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya

Cacingan merupakan infeksi parasit yang tinggal dalam usus makhluk hidup. Cacing yang bisa menginfeksi kucing di antaranya adalah cacing gelang, cacing hati, cacing tambang, sampai cacing pita. 

Biasanya, kucing akan mengalami batuk, muntah, diare, feses berdarah atau berlendir, sampai hilang nafsu makan saat mengalaminya. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, maka obat cacing berikut ini bisa kamu berikan. 

1. Drontal Cat

evanspharmacy.com

Rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya pertama adalah Drontal Cat. Obat ini diklaim mampu membunuh semua jenis cacing yang bersarang pada usus kucing, termasuk cacing gelang dan cacing pita. 

Dengan begitu, cacing pada sistem pencernaan kucingmu bisa dibasmi secara menyeluruh dan kembali normal. Berbentuk tablet, kamu perlu memberikan obat ini sesuai berat badan kucingmu. 

Harga Drontal Cat yakni sekitar Rp19 ribu. 

2. Petderm Cat Dewormer

theveterinarymedicine.com

Opsi obat untuk mengatasi cacingan pada kucing selanjutnya adalah Petderm Cat Dewormer. Obat ini juga berbentuk tablet yang digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan pada kucing. 

Obat ini mengklaim bisa mengatasi cacing yang bersarang, mulai dari cacing tambang, cacing pita, cacing gelang, sampai cacing cambuk yang bersarang pada pencernaan kucing.

Di dalamnya, obat ini mengandung bahan aktif, seperti Praziquanttel, Pyrantel, dan Febantel yang bisa menghancurkan cacing. Namun, pastikan usia kucingmu sudah lebih dari 4 minggu jika akan memberikan obat ini. 

Harga Petderm Cat Dewormer yakni sekitar Rp18 ribu.

3. Albenworm Cat Syrup

inkuiri.net

Selanjutnya, rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya datang dari Albenworm Cat Syrup. Obat ini memiliki komposisi 20 mg Albendazole yang bisa membasmi segala jenis cacing, seperti cacing gilig, paru, pita, sampai cacing hati. 

Obat ini berbentuk cair sehingga cocok untuk kucing yang memiliki berat di bawah 10 kg. Namun, Albenworm Cat Syrup ini tidak cocok untuk kucing yang sedang hamil. 

Harga Albenworm Cat Syrup sekitar Rp25 ribu. 

4. Wormix Obat Cacing Kucing

Memang Pet Shop/blibli

Wormix Obat Cacing Kucing ini berjenis tetes sehingga lebih mudah diberikan pada kucingmu. Kamu hanya perlu meneteskan Wormix langsung pada mulut kucing supaya bisa terserap. 

Jika ingin memakai obat ini, berikan setiap hari selama 3 hari berturut-turut pada kucing yang sedang sakit. Berikan beberapa jam sebelum makan dengan dosis sesuai berat badannya. 

Obat ini juga dijual di pasaran dengan harga terjangkau, yakni Rp20 ribu. 

5. Catyzole Obat Cacing

mang-du.com

Kalau kamu mencari obat cacing kucing yang murah meriah, maka Catyzole Obat Cacing bisa jadi pilihan. Obat ini memiliki kandungan Mebendazole dan Levamisole yang bisa diberikan pada kucing dengan berat 800 gram -12 kg. 

Namun, obat ini tidak disarankan untuk diminum oleh kucing yang sedang hamil. Dosisnya pun menyesuaikan dengan berat tubuhnya.

Tidak hanya bisa diberikan untuk kucing yang sedang cacingan, Catyzole Obat Cacing juga bisa diberikan untuk pencegahan setiap 1 kali per 3 bulan. 

Catyzole Obat Cacing dijual seharga Rp15 ribu. 

6. Combantrin

combantrin.com

Rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya ini mungkin sedikit membingungkan. Sebab, Combantrin biasanya dikonsumsi oleh manusia. Nah ternyata, obat ini juga ampuh untuk menyembuhkan cacingan pada kucing. 

Obat ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya bisa diberikan pada kucing di bawah 3 bulan dan juga memiliki harga yang terjangkau. 

Setiap 2 kg berat kucing, kamu bisa memberikan 1 ml Combantrin. Jika usia kucing masih 1,5 bulan, maka berikan 0,5 cc saja. 

7. Vermox

hewanesia.com

Vermox bisa digunakan untuk mengobati kucing yang cacingan karena memiliki kandungan Mebendazole di dalamnya. Kandungan tersebut bisa membasmi cacing pita hingga cacing gelang pada tubuh kucing. 

Sama seperti kebanyakan obat cacing kucing lainnya, Vermox juga tidak boleh diberikan pada kucing yang sedang hamil.

Harga obat cacing Vermox ini berkisar pada Rp25 ribu. 

8. ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms

prosensepet.com

Terakhir, rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya adalah ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms. Obat ini cukup efektif untuk menghilangkan cacing, khususnya cacing gelang pada kucing. 

Sebab, jenis cacing tersebut jika dibiarkan bisa membuat kucing mengalami muntah, diare, sampai pembengkakan perut. Kamu bisa memberikan obat ini sesuai dengan berat kucing. 

Namun, ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms baru bisa diberikan pada kucing dengan usia minimal 6 minggu. Berikan obat ini setelah kucing makan. 

ProSense’s Liquid Dewormer for Roundworms dijual seharga Rp61 ribu. 

Itulah 8 rekomendasi obat cacing kucing yang bagus dan harganya. Jika setelah diberikan obat-obat di atas kondisi kucingmu belum juga membaik, segera bawa ke dokter hewan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration