5 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina, Jangan Keliru!

Ada beberapa cara membedakannya

5 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina, Jangan Keliru!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kucing memang hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Melihat tingkah lakunya saja membuat kita terhibur dan bahagia. Tak heran jika banyak orang yang memilih kucing sebagai hewan peliharaannya. 

Namun, tak sedikit orang yang bingung memilih kucing jantan atau betina saat akan mengadopsi kucing. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara membedakan kucing jantan dan betina sebelum mulai memelihara. 

Ada beberapa ciri-ciri kucing jantan dan betina yang bisa kamu amati. Popbela.com akan memberikan ulasan tentang cara membedakannya. Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Melihat jenis kelamin kucing baru lahir

Mengetahui jenis kelamin anak kucing yang baru lahir akan lebih sulit dari kucing dewasa. Namun, ketika anak kucing tersebut sudah berusia 6-8 minggu, alat kelaminnya sudah semakin jelas terlihat. 

Cara membedakan kucing jantan dan betina saat masih kecil adalah dengan menggunakan 'tanda baca'. Pertama-tama, angkat anak kucing tersebut, kemudian belai punggung bawah kucing supaya ia mengangkat ekornya secara otomatis. 

Saat ia mengangkat ekornya, kamu bisa melihat area genital kucing betina seperti tanda seru terbalik (¡) dengan celah panjang di bawahnya. Sementara itu, alat kelamin kucing jantan memiliki pemisah yang lebih lebar dan tampak seperti titik dua (:). 

2. Melihat jenis kelamin kucing dewasa

Jika kamu mengadopsi kucing yang sudah dewasa yang belum dikebiri, maka kamu bisa melihat dari penampilannya. Kucing jantan yang dewasa memiliki testis yang jelas terlihat dan juga rahang yang lebar. 

Kucing jantan juga memiliki perilaku unik saat sudah dewasa, yaitu menandai wilayahnya dengan mengeluarkan urin. Sementara itu, kucing betina yang belum dikebiri akan berahi setiap 2 minggu sekali untuk mencari pasangan. 

Kucing betina dewasa juga akan lebih manja dari sebelumnya. Terakhir, ciri yang paling jelas untuk kucing betina adalah tidak memiliki testis. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here