Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Stres Pikiran, Mudah dan Ampuh!

Jangan biarkan berlarut-larut

Nafi' Khoiriyah

Kondisi stres bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda. Hal itu bisa muncul karena berbagai masalah, misal pekerjaan, keluarga, percintaan, atau masalah lainnya yang terkadang muncul dalam kehidupan.

Meski menjadi hal yang biasa terjadi, tetapi kondisi ini jika berlarut-larut bisa berakibat fatal. Bukan tidak mungkin, stres akan membuat kehidupan menjadi berantakan hingga berdampak pada kesehatan mental.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan stres pikiran supaya tidak semakin parah. Berikut adalah 10 cara dari Popbela.com yang bisa kamu coba.

1. Olahraga secara rutin

pexels.com/Pixabay

Cara menghilangkan stres pikiran yang pertama adalah dengan melakukan olahraga rutin. Olah raga yang dimaksud tidak harus olahraga berat, tetapi bisa dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berlari, dan semacamnya. 

Olahraga bisa mengatasi stres karena tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa mengurangi stres. Dengan begitu, tubuh akan merasa lebih rileks, tenang, dan suasana pikiran pun menjadi lebih baik. 

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

pexels.com/Nathan Cowley

Selanjutnya, makan makanan bergizi seimbang juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Selain bergizi seimbang, makan juga harus teratur dan sesuai dengan porsinya. 

Sebab, makanan akan sangat memengaruhi kinerja otak. Jika makanan yang kamu konsumsi bergizi, pikiran pun akan menjadi lebih positif. Nutrisi di dalam makanan juga bisa membantu membuat kamu tetap berenergi setiap harinya. 

3. Beristirahat yang cukup

pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain makanan, cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang dimaksud adalah tidur yang sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Sebab, tidur akan membuatmu lebih fresh untuk menghadapi hari-hari selanjutnya. 

Saat tidur tersebut, pikiran pun akan beristirahat sehingga kamu bisa melupakan segala permasalahan sejenak. Jika otak dipaksa untuk bekerja terus-menerus, tubuh pun akan merespons dengan rasa lelah dan stres. 

4. Bermain dengan hewan peliharaan

pexels.com/cottonbro

Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu cara untuk menghibur diri dari stres . Dengan tingkah lakunya yang menggemaskan, kamu akan secara otomatis ikut berbahagia saat melihatnya. 

Hewan peliharaan tersebut bisa berupa kucing, kelinci, atau semacamnya sesuai dengan hewan apa yang kamu sukai. Biasanya, hewan peliharaan tersebut bukan hanya menghibur pikiran yang sedang stres, tetapi juga bisa menjadi teman yang menyenangkan. 

5. Pergi ke tempat-tempat menyenangkan

pexels.com/Jill Wellington

Pergi ke tempat-tempat menyenangkan bisa menjadi cara menghilangkan stres pikiran yang paling mudah. Setiap orang biasanya memiliki kegiatan tertentu yang membuatnya bisa merasa lebih bahagia, misalnya dengan pergi ke tempat wisata, cafe, dan semacamnya. 

Cara itu bisa kamu terapkan kalau sedang merasa stres pikiran. Sejenak, kamu bisa mendatangi tempat tersebut dan meninggalkan semua beban. Biarkan kamu bersenang-senang untuk me-refresh pikiran kembali. 

6. Melakukan hobi

pexels.com/Steve Johnson

Jika kamu bukan tipe orang yang suka bepergian, maka melakukan hobi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi stres. Setelah bekerja selama sepekan misalnya, kamu bisa meluangkan satu hari untuk melakukan hal yang kamu sukai tersebut. 

Hobi tersebut bisa disesuaikan dengan minat masing-masing, misalnya melukis, menulis, atau yang lainnya. Dengan melakukan hobi tersebut, kamu akan merasa fresh kembali dan siap menjalani hari-hari selanjutnya. 

7. Kurangi asupan kafein

pexels.com/Chevanon Photography

Kafein bisa memperburuk kondisi stres pikiran dan memicu perasaan cemas. Oleh karena itu, jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, sebaiknya kamu menghindari minum kopi. 

Dibandingkan dengan kopi, lebih baik kamu perbanyak minum air putih supaya tubuh pun menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk mengimbanginya. 

8. Mencari dukungan dari orang terdekat

pexels.com/Pixabay

Stres bisa jadi disebabkan karena kamu menyimpan segala permasalahan sendiri tanpa berbagi kepada orang lain. Padahal, dukungan secara emosional semacam itu diperlukan sebagai cara menghilangkan stres pikiran. 

Kamu bisa mencari teman yang bisa mendengarkan keluh kesahmu atau pun menceritakan permasalahan yang kamu alami kepada keluarga terdekat. Kalau benar-benar tidak ada, kamu bisa menghubungi profesional untuk mendapatkan dukungan. 

9. Bersih-bersih rumah

pexels.com/cottonbro

Ada berbagai hal yang bisa memicu stres seseorang, salah satunya adalah keadaan rumah yang berantakan. Jika dibiarkan, keadaan tersebut akan membuatmu penat dan berujung stres.

Oleh karena itu, cobalah untuk menata dan membersihkan rumahmu terlebih dahulu supaya pikiran pun menjadi lebih jernih. Setelah itu, barulah kamu bisa memulai kembali pekerjaan atau kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya. 

10. Kurangi penggunaan gawai

pexels.com/Pixabay

Cara menghilangkan stres pikiran yang terakhir adalah dengan mengurangi penggunaan gawai. Gawai bisa menjadi salah satu sumber penyebab stres pikiran karena di dalamnya terdapat media sosial. 

Dalam media sosial, biasanya orang-orang saling memamerkan kegiatan dan pencapaiannya masing-masing sehingga tanpa sadar membuat kamu membandingkan dengan pencapaian diri sendiri. 

Itulah 10 cara menghilangkan stres pikiran yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa melakukan hal-hal di atas secara berkala supaya menghindari dari stres pikiran.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration