Pernikahan merupakan momen yang sangat berharga bagi banyak orang. Hari pernikahan akan menjadi hari yang spesial bagi kedua pihak yang akan bersatu.

Rasa bahagia yang hadir menjelang pernikahan seringkali membuat kita menginginkan segala hal menjadi sempurna di hari spesial tersebut. Namun, tentunya tak semua hal bisa berjalan sesuai dengan kemauan.

Saat menyiapkan pernikahan banyak orang yang justru merasa kesulitan dan berujung menimbulkan konflik dengan pasangan. Untuk menghindari hal tersebut mari simak tips agar tidak merasa stressed out saat persiapan pernikahan dari Popbela.

1. Beri tahu keinginan dengan spesifik

5 Tips Menghindari Stres Saat Menyiapkan Pernikahanfreepik.com/wayhomestudio

Apabila kamu menggunakan jasa wedding organizer atau memakai jasa vendor maka sampaikan keinginan kamu dengan jelas dan spesifik sejak awal. Kamu juga bisa memberikan referensi berupa gambaran agar apa yang ada di bayanganmu dapat tervisualisasikan dengan lebih maksimal.

Memberi tahu keinginan dengan spesifik sejak awal dapat membantu pihak yang terlibat mewujudkan keinginan kamu. Hal ini juga akan membuat kamu tak perlu menambah informasi lagi di kemudian hari. Dengan begitu saat hari pernikahan semakin dekat kamu tinggal menunggu hasilnya tanpa perlu terlalu pusing lagi.

2. Ingat bahwa pernikahan hanya terjadi satu hari

5 Tips Menghindari Stres Saat Menyiapkan Pernikahanunsplash.com/Євгенія Височина

Pernikahan memang menjadi momen yang spesial dan diharapkan terjadi satu kali seumur hidup, namun kamu juga perlu ingat bahwa pernikahan hanya terlaksana selama satu hari.

Sebaiknya kamu tidak perlu menghabiskan seluruh waktu dan energi untuk memusingkan acara yang terjadi hanya dalam satu hari. Jangan lupakan esensi pernikahan yang justru akan dimulai setelah acara selebrasi kamu selesai.

Jadi, jika ada sesuatu yang tidak sempurna di hari pernikahanmu tidak apa-apa, kamu dan pasangan masih memiliki banyak waktu untuk memperbaikinya dan menghabiskan waktu bersama.

3. Tentukan pilihan bersama pasangan

5 Tips Menghindari Stres Saat Menyiapkan Pernikahanfreepik.com/pressfoto

Persiapan pernikahan membutuhkan banyak perhatian dan waktu. Untuk itu kamu membutuhkan bantuan dari pasanganmu. 

Kamu dan pasangan bisa menjadikan kegiatan memilih berbagai macam hal terkait pernikahan sebagai quality time bersama. Dengan melakukan hal ini, kalian bisa belajar menghargai pendapat satu sama lain, serta semakin mengenal karakter pasangan.

4. Jadikan momen pernikahan menjadi tempat bersenang-senang

5 Tips Menghindari Stres Saat Menyiapkan Pernikahanfreepik.com/freepic.diller

Berbagai tuntutan dalam melaksanakan pesta pernikahan sering kali terjadi, namun kamu tak perlu mewujudkan tuntutan semua orang.

Hal yang paling utama dari melaksanakan dan merayakan pernikahan adalah berbagi kebahagiaan. Untuk itu kamu dan pasangan harus menjaga emosi agar saat pernikahan berlangsung suasana bahagia yang ada dapat dirasakan oleh seluruh undangan yang hadir. Jangan sampai hal-hal kecil justru merusak momen bahagia kamu.

5. Buat acara sesuai dengan kemampuan

5 Tips Menghindari Stres Saat Menyiapkan Pernikahanfreepik.com/freepic-diller

Saat menyiapkan pernikahan, budget menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan. Hal ini biasanya menjadi salah satu penyebab stres yang paling berpengaruh. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih vendor yang sesuai dengan kemampuanmu. Hindari berutang demi mendapatkan pesta yang di luar bujetmu, ya.

Jangan sampai kamu memaksakan hal di luar kemampuan kamu dan pasangan hanya karena tekanan dari pihak lain. Hal ini biasanya akan berdampak tidak baik, dan pada akhirnya membuat suasana tidak enak.

Itulah beberapa tips agar kamu terhindari stres saat menyiapkan pernikahan. Semoga lancar semua rencana kamu, ya, Bela.

Baca Juga: 7 Fase Terberat Pernikahan dalam Kehidupan Rumah Tangga 

Baca Juga: Ini 8 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menikah dengan si Dia

Baca Juga: 7 Tujuan Menikah dalam Islam Menurut Alquran dan Hadis, Sudah Tahu?