Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Jadi Obat, Ini 7 Jenis Tanaman Paku yang Punya Banyak Manfaat

Kamu pasti nggak nyangka!

Firly Fenti

Tanaman paku kerap kali dianggap sebagai tumbuhan parasit, karena habitatnya yang menempel di tumbuhan lain. Namun, anggapan tersebut sepertinya tidak sepenuhnya benar, lho, Bela. Karena, banyak jenis tanaman paku yang memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia. 

Dijadikan sebagai dekorasi sampai dikonsumsi sebagai obat ialah beberapa manfaat yang ada di tumbuhan yang tergolong Trachaeophyta atau tumbuhan berpembuluh ini. Lalu, kira-kira, jenis tanaman paku apa saja yang membawa keuntungan bagi manusia tersebut? Berikut Popbela ulas 7 jenis tumbuhan paku yang membawa manfaat bagi kehidupan manusia.

1. Paku telanjang

Dok. Internet

Mempunyai nama ilmiah Psilophyta, jenis tumbuhan paku yang satu ini cocok banget dijadikan sebagai hiasan di rumahmu. Hal ini dikarenakan tumbuhan jenis ini memiliki bentuk yang indah. Keindahan tersebut terletak pada cabang-cabangnya yang berbentuk seperti garpu. Sebagai informasi tambahan, nama paku disematkan pada jenis tumbuhan ini dikarenakan tumbuhan ini nggak punya klorofil.

2. Paku kawat

Dok. Internet

Jenis tumbuhan paku yang satu ini juga bisa digunakan sebagai penghias rumahmu. Kehadiran tumbuhan yang memiliki bentuk daun seperti lidah dan tersusun bak spiral ini bisa menambah estetika pekarangan rumahmu.

3. Paku sejati

Dok. Internet

Nah, jenis paku yang satu ini bisa dikatakan sebagai ikon dari tumbuhan paku. Kegunaanya juga sama dengan jenis tumbuhan paku kawat dan telanjang, yaitu sebagai dekorasi dan pemanis ruangan. Kalau kamu ingin menggunakan jenis tumbuhan ini sebagai dekorasi, kamu bisa menemukan tumbuhan yang berdaun besar dan mempunyai banyak tulang ini di tempat yang lembap.

4. Paku Ekor Kuda

Dok. Internet

Memiliki nama ilmiah Equisetophyta, jenis tumbuhan paku ini memiliki sifat diuretik dan antioksidan. Ia meningkatkan produksi urin, sehingga bisa menghilangkan kelebihan garam mineral dan racun yang menumpuk di ginjal kita.

5. Suplir

Dok. Internet

Sering dijumpai di pekarangan rumah, jenis tumbuhan paku yang satu ini mungkin nggak asing buat kamu. Bentuknya menyerupai trapesium dengan warna hijau cerah yang menyegarkan mata, membuat tanaman paku jenis ini harus masuk ke wishlist bertanammu. Sedikit tip, pastikan suplir diletakkan di tempat yang teduh dan minim cahaya, ya. Hal ini dikarenakan suplir tidak bisa bertahan hidup ketika terkena cahaya matahari secara langsung.

6. Bambu air

Dok. Internet

Sesuai namanya, jenis tumbuhan paku yang satu ini berbentuk seperti bambu kecil dengan tinggi sekitar 25-100 cm. Hidup di habitat yang basah, jenis tumbuhan paku ini selain bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan, juga bisa dijadikan sebagai pengobat, lho. Tanaman yang konon pembawa kebahagiaan ini, biasanya diletakkan di dalam pot yang isinya air, untuk mengurangi energi kesepian dan stres, serta meningkatkan pertumbuhan spiritual seseorang.

7. Paku pedang

Dok. Internet

Jenis tumbuhan paku yang satu ini juga bisa berkhasiat sebagai bahan obat-obatan. Bentuk daunnya yang memiliki urat disertai dengan batang yang bercabang membuat tanaman yang satu ini disebut-sebut bisa dijadikan obat untuk penyakit kanker perut.

Nah, jika sudah tahu jenis tanaman paku yang bermanfaat, kira-kira jenis apa yang sudah ada di rumahmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration