Selain tanaman hias, tanaman obat herbal menjadi tren di kalangan masyarakat sejak pandemi COVID-19. Tanaman-tanaman berikut ini memiliki bunga dan daun yang tidak hanya dapat menghiasi halaman rumah, namun juga kaya manfaat terlebih bagi kesehatan. Bagi kalian yang mau mulai menanam jenis tanaman herbal, berikut rekomendasinya.

Tanaman Herbal Berbunga

1. Kumis kucing

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Manfaat kumis kucing yang paling umum adalah untuk mengobati asam urat. Di samping itu, masih banyak manfaat lain yang perlu kamu ketahui. Sebagian besar manfaat kumis kucing berasal dari kandungan senyawa bioaktif di dalam daunnya. kandungan lain yang terdapat di dalamnya antara lain zat aktif seperti orthosiphon, sinensetin, lipophilic, flavonoid, orthosiphol dan rosmarinic acid. Khasiatnya sendiri yaitu, mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, menyembuhkan diabetes, hipertensi, hingga asam urat.

2. Kemuning

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpopbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Kemuning sering dijadikan tanaman hias karena keindahannya. Selain itu, kemuning juga menimbulkan wangi yang khas. Namun kemuning juga mengandung 60 senyawa minyak atsiri. Di dalam kemuning pun terkandung kumarin, flavonoid, alkaloid indol dan tannin, saponin, dan glikosida jantung. Bunga yang bernama latin Murraya paniculata ini berguna bagi kesehatan dan kecantikan seperti mengobati sakit gigi, menghaluskan kulit, mengatasi rematik, menyembuhkan infeksi saluran kencing dan menurunkan kolesterol.

3. Bunga kenop

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatgreeners.com

Bunga cantik nan warna-warni satu ini dapat dijadikan obat herbal mulai dari daun, akar, hingga batang tanamannya. Khasiat dalam bunga kenop antara lain, sebagai detoksifikasi, melawan sel-sel kanker, mengatasi masalah prostat, membantu penyembuhan luka di kulit, mencegah penuaan dini, penyembuh batuk, demam, sakit kepala, radang mata, penambah nafsu makan, hingga asma.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus beberapa kuntum bunga ditambah dengan tanaman jahe. Baik kering atau masih segar, air rebusan bunga kenop dan jahe dapat diminum tiga kali sehari.

4. Bunga matahari

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Selain mempercantik rumah, bunga matahari juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Bagian dari bunga matahari yang kaya manfaat adalah bijinya yang bisa kita sebut kuaci, serta minyaknya. Biji dan minyak bunga matahari mengandung banyak vitamin, magnesium, kalsium, hingga kalium serta kaya akan omega 6. Biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah diabetes, membantu memerangi osteoporosis dan kram otot. Sedangkan minyaknya berguna sebagai anti inflamasi dan untuk diet.

Tanaman Herbal Berdaun

1. Lidah buaya

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Lidah buaya atau aloe vera sangat populer dan sering ditemukan, bahkan mungkin sudah ada di halaman rumahmu. Berdasarkan beberapa penelitian, lidah buaya terbukti untuk mengobati luka bakar, meredakan gangguan pencernaan, mengurangi plak gigi, menangani sariawan dan jerawat, mengurangi penuaan dini, berpotensi melawan kanker payudara, serta melawan kerontokan rambut

2. Daun seledri

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Daun seledri banyak dimanfaat sebagai pelengkap masakan, karena memiliki aroma yang kuat dan sedap. Di balik itu, daun seledri memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang berfungsi mengurangi kerusakan sel tubuh. Khasiat daun seledri antara lain menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meredakan nyeri haid, bahkan dapat mengusir nyamuk.

3. Daun kelor

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Si tanaman tropis ini telah lama dijadikan pengobatan tradisional. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur. Daun kelor dapat diolah menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen dan bahan masakan. Daun kelor mengandung protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, A dan B, folat, serat, fosfor, selenium, zinc dan tembaga. Selain itu juga mengandung antioksidan, seperti polifenol. Daun kelor dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara kesehatan dan fungsi otak, serta mengatasi peradangan.

4. Pasak bumi

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Pasak bumi cukup populer untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual pada pria. Namun si tongkat ali ini punya manfaat lain, seperti menurunkan kadar gula darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan massa otot, menambah stamina dan energi, menurunkan stres, hingga mencegah penuaan dini. Pasak bumi banyak diolah menjadi suplemen herbal, minuman berenergi, jamu, hingga kopi dan teh.

5. Kangkung

9 Tanaman Obat Herbal Berbunga dan Berdaun yang Kaya Manfaatpinterest.com

Sayuran hijau ini menyimpan banyak sekali kebaikan buat tubuh, mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, mengatasi anemia sampai melawan penyakit hati (liver). Dilansir dari hellosehat.com dalam 100 gram (gr) kangkung segar yang masih mentah, terdapat 3,4 gr protein, 3,9 gr karbohidrat, dan 2 gr serat. 

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam sayuran ini juga sangat tinggi. Bahkan dalam secangkir bayam air yang sudah disiangi (kira-kira 56 gram), kalian bisa memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, bayam air juga kaya akan berbagai mineral penting seperti kalium sebanyak 250,1 miligram (mg), 67 mg kalsium, 2,3 mg zat besi, 65 mg natrium, serta 54 mg fosfor.

Meskipun kaya akan berbagai nutrisi penting, kangkung atau bayam air merupakan jenis sayuran yang rendah kalori, Bela. 

Itulah 9 jenis tanaman herbal berbunga dan berdaun yang kaya manfaat. Bagi kalian yang ingin menanam dan membudidayakannya hanya perlu mengikuti lahan yang kamu punya. Bahkan, di lahan seluas satu meter persegi pun kalian bisa menanamnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumah

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beli

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbal