Kumis kucing, pernah lihat tanaman yang satu ini, Bela? Disebut demikian karena tanaman ini memiliki ukuran benangsari lebih panjang dari mahkota bunga sehingga menyerupai bentuk kumis kucing. Tanaman ini memiliki bentuk yang tegak dan bisa tumbuh hingga mencapai tinggi dua meter, lho!

Kumis kucing juga dikenal sebagai bahan obat herbal alternatif. Namun, tidak semua bagian dari bunga bernama latin Orthosiphon ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, melainkan hanya bagian daunnya saja. 

Lalu, apa saja, ya, khasiat dan manfaat dari daun kumis kucing? Simak jawabannya di bawah ini, ya!

1. Meredakan batuk

Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!Dok. Internet

Manfaat daun kumis kucing yang pertama adalah mampu meredakan batuk. Caranya, rebus 15-20 gram daun kumis kucing dengan satu gelas air. Jika sudah mendidih, matikan api dan diamkan hingga air hangat atau dingin. Minum rebusan air daun kumis kucing ini rutin tiga kali sehari secara teratur, ya!

2. Meredakan rematik

Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!Southwestspineandpain.com

Kamu pernah dan sering mengalami ngilu atau pemembengkakan di bagian persendian? Wah, bisa jadi itu rematik, Bela. Jika benar kamu mengalami rematik, daun kumis kucing juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakannya, nih.

Caranya sama seperti di atas, yakni air rebusan daun kumis kucing. Minum air rebusan ini juga sebanyak tiga kali sehari, ya!

3. Membuang racun dalam tubuh

Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!Nutraingredients-usa.com

 Tahu nggak sih, daun kumis kucing ternyata banyak dipercayai mampu bertindak sebagai pembersih alami tubuh atau detoksifikasi. Rebus daun kumis kucing dengan 2 ruas jari temulawak, saring airnya, dan minum secara rutin dua hingga tiga kali sehari.

4. Mengontrol kadar gula darah

Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!kriscarr.com

Bela, daun kumis kucing memiliki zat yang membantu meningkatkan pelepasan insulin dan mengurangi kadar glukosa dalam darah. Sehingga, kandungan dalam daun kumis kucing dipercaya dapat menjaga tubuh terhindar dari diabetes.

5. Mengurangi gatal akibat alergi

Redakan Alergi, Ini Khasiat Daun Kumis Kucing yang Harus Kamu Tahu!Freepik.com

Kamu punya alergi yang menyebabkan gatal-gatal pada tubuh? Kalau iya, kamu juga bisa memanfaatkan daun kumis kucing untuk meredakannya, lho!

Caranya, rebus setengah genggam kumis kucing, meniran, sambiloto dan temulawak dengan empat gelas air hingga mendidih. Kemudian, saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa kamu minum sehari dua kali untuk mengurangi gatal-gatal karena alergi.

Selamat mencoba manfaat daun kumis kucing , Bela!

Baca Juga: Dibuang Sayang, Ini Cara Memanfaatkan Makanan Hampir Busuk