Kenali 8 Penyebab Bercak Hitam Pada Tanaman 

Lakukan pencegahan sebelum tanaman kamu layu

Kenali 8 Penyebab Bercak Hitam Pada Tanaman 

Tanaman kamu muncul bercak-bercak hitam? Hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa tanaman kamu menerima terlalu banyak air. Penyebab lainnya, kemungkinan tanaman kamu terserang hama atau jamur. 

Selain daun, bagian lain seperti batang dan tangkai juga dapat terserang bercak hitam. Tentunya, hal ini dapat mengurangi keindahan tanaman hias kamu. Cara terbaik untuk mencegah bercak hitam adalah dengan menjaga tanaman tetap sehat, serta mengetahui penyebab dari bercak hitam. 

Kali ini, Popbela sudah merangkum berbagai penyebab bercak hitam pada tanaman dari berbagai sumber. Simak, yuk!

1. Penurunan usia tanaman

Kenali 8 Penyebab Bercak Hitam Pada Tanaman 

Jika muncul bercak hitam di bagian bawah daun, kemungkinan besar tanaman kamu sudah mengalami penurunan usia. Penurunan usia pada tanaman secara alami, akan menghitamkan bagian bawah daun secara perlahan. Kamu bisa menghambat proses menghitamnya daun bagian bawah, dengan melakukan perawatan yang tepat. Pastikan tanaman kamu mendapat sinar matahari secara merata, sehingga membantu tumbuhan tumbuh dengan maksimal.

2. Menyiram tanaman secara berlebihan

Salah satu penyebab bercak hitam pada tanaman, adalah penyiraman yang dilakukan secara berlebihan. Kamu perlu memahami kebutuhan air pada tanaman kamu. Jika terlalu sedikit tanaman kamu bisa kering dan mati, sebaliknya, jika terlalu banyak akan menimbulkan bercak hitam pada tumbuhan. 

Bercak hitam karena kelebihan air, akan muncul dari akar yang kemudian menyebar sampai daun. Kamu bisa mencabut akar untuk memastikan akar tanaman masih kokoh dan tidak busuk.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here